jangan hanya dilihat dan di baca doang ya gan berikan komentar sesingkat apapun
Tinggal hitungan beberapa hari lagi tahun 2013 akan segera pergi berbagai kejadian telah banyak kita lalui, sama halnya dengan hasil karya berikut ini yang telah di buat oleh beberapa Mahasiswa dari berbagai Universitas di Indonesia pada tahun 2013 ini.
Quote:
Setiap tahun, kesadaran kaum muda terhadap sumber energi terbarukan terus meningkat. Tidak terkecuali sepanjang tahun ini. Civitas academica dari berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta di Tanah Air seakan berlomba untuk menghasilkan inovasi, terutama di bidang automotif.
Sejumlah kreasi mobil listrik ramah lingkungan pun lahir dari tangan mahasiswa. Tidak hanya menuai apresiasi positif dari negeri sendiri, beberapa mobil listrik para pemuda tersebut bahkan meraih sukses dan mendapat pengakuan di tingkat internasional.
Yuk, tengok deretan mobil listrik karya mahasiswa yang lahir maupun semakin eksis sepanjang 2013.
Spoiler for Easy Car:
1. Easy Car
Awal 2013, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali meluncurkan mobil listrik. Setelah sukses dengan Sapu Jagad, kini ITS memiliki mobil baru karya mahasiswa yang diberi nama Easy Car (EC) ITS. Penamaan EC terasa istimewa karena dilakukan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh.
Spoiler for Semar T :
2. Semar-T
Februari 2013, prototipe mobil listrik city car berkapasitas empat penumpang itu berasal dari asal Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Namun, mobil yang dihasilkan oleh tim yang dikepalai Muhammad Nizam itu belum bisa dijadikan mobil listrik nasional karena belum memenuhi persyaratan jarak tempuh, yakni 120 km sekali jalan. Saat ini, mobil tersebut hanya mampu menempuh jarak 40 km satu kali jalan.
Spoiler for Sinosi :
3. Sinosi
Tidak mau ketinggalan, pada Februari 2013, Universitas Jember (Unej) turut menghasilkan mobil listrik. Mobil karya mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Unej itu merupakan mobil listrik generasi kelima yang dikonsep seperti mobil sport. Inovasi terbaru itu diberi nama Sing Nomer Siji (yang nomor satu) atau disingkat Sinosi. Nama ini mengandung filosofi, dari mobil listrik terdahulu, konsep mobil ini merupakan yang terbaik dari sisi efisiensi dan kecepatan.
Spoiler for Garuda:
4. Garuda
Mei 2013, Mobil listrik karya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini bahkan berjaya di tingkat internasional, 2013 International Student Green Car Competition di Seoul, Korea. Dalam kompetisi yang memperlombakan empat kategori, yaitu acceleration, maneuverability, endurance performance, dan creative technology, Garuda UNY berhasil membawa pulang trophy kategori creative technology dan berhak membawa pulang uang satu juta won.
Spoiler for Aristo:
5. Aristo
Mei 2013, mahasiswa Teknik Mesin Universitas Brawijaya (UB) yang tergabung dalam Tim Appate-62 meluncurkan mobil listrik generasi baru mereka, yakni Aristo. Mobil berkecepatan 200 km/kWh tersebut ikut berpartisipasi dalam Shell Eco-Marathon Asia 2013 di Sepang, Malaysia.
Spoiler for Jalak Harupat:
6. Jalak Harupat
Juni 2013, mobil listrik karya tim Jalak Harupat Universitas Pasundan (Unpas) Bandung berhasil keluar sebagai juara pertama di Indonesia Electric Vehicle Competition (IEVC). Uniknya, selain memiliki kecepatan yang tinggi, mobil tersebut juga mampu digunakan sebagai mobil rekreasi karena desainnya yang menarik.
Spoiler for Arjuna :
7. Arjuna
November 2013, Arjuna merupakan produk mobil listrik teranyar dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Dalam satu kali pengisian daya, karya 10 mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan Industri serta Jurusan Elektronika dan Instrumentasi (ELINS) UGM bisa melaju dengan jarak tempuh 30 km.
Spoiler for Keris EV:
8. Keris EV
November 2013, Universitas Indonesia (UI) meluncurkan mobil listrik yang mampu menempuh jarak 252 km/kWh. Capaian tersebut menempatkan Keris EV sebagai jawara pertama kategori prototipe listrik dalam Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2013.
Spoiler for Optimo 1:
9. Optimo 1
Menjelang Hari Jadi UB ke-50 pada November 2013, mahasiswa UB kembali meluncurkan inovasi di bidang automotif yang diberi nama Optimo 1. City car generasi pertama UB itu dikerjakan oleh 15 mahasiswa hanya dalam waktu satu bulan. Dalam kondisi baterai penuh, Optimo 1 mampu berjalan satu jam tanpa henti dengan kecepatan 40 kilometer (km) per jam.
Spoiler for Tambahan :
Quote:
Original Posted By vartech17►ane tambahin gan karya kampus ane Universitas Negeri Jakarta
Spoiler for :
agak burem pake kamera hp
tapi ane salut sama kreativitas semua anak bangsa
Quote:
Original Posted By igi26►insya allah mimpi ane juga nih gan buat bikin mobil listrik.
sekarang masih nyari ilmu di negri orang.
semoga industri EV dalam negri terus berkembang, jadi saat ane pulang nanti. insya allah masyarakatnya udah pada siap sama EV ane,
aaamiin.
btw, disini mulai trend bisnis konversi mobil konvensional ke EV.
jadi body luarnya semua pake pabrikan yg udah ada, cuma dalemannya aja di ganti semua ke prangkat EV.
dan emg konsep kaya gini paling suitable untuk jaman jaman peralihan macam sekarang.
di indonesia kok ane belum denger ya?
coba gan kalo bisa bikin trit ttg perkembangan industri elektrik di indonesia.
sayang cendol ane belom mateng mateng, kalo udah ane timpuk timpukin lo gan.
Quote:
Kreativitas mahasiswa dalam berinovasi di bidang transportasi ini mendapat dukungan dari pemerintah, seperti Kementerian BUMN dan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). Dukungan tersebut diwujudkan dalam bentuk dana maupun penyediaan fasilitas pendukung industri automotif. Namun, untuk dapat berkembang pesat, mobil listrik juga turut membutuhkan peran serta dari pihak industri
ayo gan di tahun 2014 mendatang kita ciptakan lagi sesuatu yang bisa mendunia agara bangsa kita semakin maju dan semakin di segani oleh negara lain
Spoiler for comment :
Quote:
Original Posted By imjustsaying►ane berharap bgt anak Indonesia yg ahli di bidang itu bs buat mobil listrik yg bentuknya sesuai dgn selera masyarakat Indonesia pd umumnya. kenapa begitu krn biar mobil2 yg udah susah payah dibuat ngga cuma jd prototype aja tp jg bs laku dijual di pasaran.
sejauh penglihatan ane sih masyarakat sukanya sama mobil dgm bentuk2 yg "simple". makanya mobil ky toyota kijang, great corolla, starlet, civic dll bs jd "legend" yg harganya ga turun2 walaupun udah lebih dr 10 taun umurnya.
mungkin beberapa bentuk dr mobil listrik karya anak bangsa ngambil konsep supercar ky lamborghini atau ferrari supaya keliatan mencolok. tapi apa udah tepat dgn selera masyarakat Indonesia? (jujur ane pribadi utk supercar suka sama bentuknya ferrari california, aston martin atau porsche gt3).
atau mungkin misalkan mau bikin bentuk unik bs ngambil konsepnya vw beetle yg baru, fiat 500 atau mini cooper. yah pastinya ane nunggu bgt deh mobil listrik buatan Indonesia yg bagus dgn bentuk yg bikin "jatuh hati" seliweran di jalanan negeri ini maju terus Indonesiaku!
jangan hanya dilihat dan di baca doang ya gan berikan komentar sesingkat apapun