Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jihadammarrafiAvatar border
TS
jihadammarrafi
Sabu-sabu dan Ganja Tidak Haram ?
Jika banyak orang menyatakan perang terhadap rokok, tidak demikian dengan ormas Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU). Tidak seperti saat melarang pembagian kondom, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) justru tidak mendukung kampanye Kemenkes untuk menekan angka perokok di Indonesia.
Berbagai pembenaran dan alasan dikemukakan oleh PBNU. Menurut, staf dewan halal PBNU, Kiai Arwani Faisal, semua kiai NU pun telah sepakat untuk memperbolehkan pengikutnya menghisap rokok.
Bahkan, pihaknya menegaskan tidak akan mengharamkan rokok hingga kiamat. “Rokok itu mubah, sampai kiamat ulama NU ga akan mengharamkan rokok. Untuk penderita jantung rokok haram. Tapi kalau rokok bikin semangat enggak haram lagi,” kata dia sambil tertawa saat membawakan materi di diskusi publik ‘Kampanye kondom, anti rokok: Indah tapi manipulatif,’ di kantor PBNU, Jakarta, Senin
Alasan tidak haramkan rokok :
1. Rokok tidak berbahaya
2. Merokok, kiai sepuh NU masih panjang umur
3. Rokok tidak haram
4. Rokok kretek sehat
Bantahan saya sebagai orang awam, secara logika sebab saya tidak mau berkelit atau adu argument mempermainkan ayat-ayat suci demi ego dan kepentingan pribadi.
Berikut bantahan saya :
1. Rokok tidak berbahaya kalau dilihat dari sisi penampilan luar pemakai saja, akan tetapi riset kedokteran membuktikan bahwa rokok berbahaya bagi kesehatan.
2. Kiyai sepuh umur panjang bukan karena merokoknya, namun karena perilakunya yang cenderung tenang hati dan gemar melakukan sunnah Rasul. Saya yakin kiyai sepuh suka batuk-batuk karena rokok.
3. Memang tidak ada satu ayatpun dalam kitab suci yang menyatakan rokok haram, akan tetapi perbuatan merusak dan mubadzir diharamkan, rokok halalan tapi tidak toyyib.
4. Rokok kretek sehat karena alami, ini alasan yang mengada-ada sama juga halnya saya katakan Ganja juga alami, tapi apakah sehat ?
Yang menarik ungkapan ini : “Rokok itu mubah, sampai kiamat ulama NU ga akan mengharamkan rokok. Untuk penderita jantung rokok haram. Tapi kalau rokok bikin semangat enggak haram lagi,”
Pak kiyai lupa sabu-sabu bisa menambah bikin semangat plus melangsingkan badan. Dengan alasan rancu tersebut tak salah kalau saya mempertanyakan Sabu-sabu dan Ganja tidak haram ?
Karena berdasar alasan kiyai NU terhadap rokok , sabu-sabu juga bikin semangat dan ganja juga alami.

mohon koreksi jika ada kesalahan
0
10K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.