Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

athayasandAvatar border
TS
athayasand
INI PUNYA INDONESIA
Belakangan ini sederet hal2 yang terjadi di republik kita ini smakin melelehkan perasaan cinta tanah air. Mulai dari kasus korupsi, kerusuhan, bahkan acara2 di televisi nasional pun turut andil dalam pencitraan anak negeri terhadap bobroknya negara ini.
Padahal kalau mau ditelusuri tidak sedikit juga 'punya indonesia' yang bisa 'make us proud to be indonesian'.
Hanya saja hal2 begini cuma dapat porsi kecil pemberitaan media. Mungkin kalah rating ya dibanding berita2 korupsi..
Dsini ane coba rangkum apa saja sih milik negeri ini yang masih bisa dibanggain..


1. Bina Izzatu Dini Menang Kompetisi Esai Antar Mahasiswa Asing di China

INI PUNYA INDONESIA


Mahasiswi asal Indonesia, Bina Izzatu Dini , lewat esainya berjudul ‘Seek for Knowledge Even if You Have to Go to China for It’ berhasil
memenangkan kompetisi esai antar mahasiswa asing di China yang diselenggarakan oleh Chinese
University Center for Aplication Service (CUCAS) , sebuah website terkemuka yang melayani kebutuhan informasi dan administrasi akademis bagi mahasiswa asing di China.
“Bina bercerita tentang pengalaman tahun pertama menempuh studi di China. Dia menceritakan motivasinya menempuh studi ke China,” tulis Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok cabang Nanchang , Rifqi Hasibuan

2. Patria Prasasya: Fotografer Cilik Pemenang Young Travel Photographer of the Year 2013

INI PUNYA INDONESIA

Foto koloni semut yang diabadikan dengan apik oleh Patria Prasasya , fotografer yang baru berusia 10 tahun, akhirnya ditahbiskan sebagai pemenang dalam kontes foto internasional bernama “Travel Photographer of the Year 2013″.
Patria, bocah yang berasal dari Indonesia berhasil mengalahkan peserta lainnya dari berbagai negara dalam kategori “14 years old & under.” Ia juga menjadi satu-satunya pemenang dari Tanah Air dalam kontes yang diikuti oleh fotografer dari hampir 100 negara tersebut.

3. Dr. Taruna Ikrar Berhasil Buktikan Proses Regenerasi Sel Otak Untuk Pengobatan Alzheimer di AS


INI PUNYA INDONESIA
Dr. Taruna Ikrar, Ph.D yang saat ini bertugas sebagai staf akademik dan dokter spesialis School of Medicine, University of California, Irvine, AS, lewat penelitiannya berhasil membuktikan terjadinya regenerasi atau proses perbaruan sel-sel otak yang menjadi prinsip dasar pengobatan alzheimer dan penyakit degeneratif otak lainnya.
Penemuan ilmuwan Indonesia tersebut juga dipublikasikan di jurnal Frontiers of Neural Circuit yang terbit pada 10 Desember 2013 dengan judul
“Adult Neurogenesis Modifies Excitability of The Dentate Gyrus.” yang bisa dibaca secara online di
http://www.frontiersin.org/
Neural_Circuits/10.3389/fncir.2013.00204/
abstract .

4. Rini Sugianto, Sang Animator The Hobbit: The Desolation of Smaug



INI PUNYA INDONESIARini Sugianto kembali menorehkan pena emasnya di Hollywood lewat hasil karya animasinya dalam film The Hobbit: The Desolation of Smaug , yang merupakan bagian kedua dari film trilogi, the Hobbit, garapan sutradara Peter Jackson.
Film The Hobbit ke-2 yang dirilis tanggal 13 Desember di Indonesia ini kembali menceritakan petualangan Bilbo Baggins dalam melawan naga bernama Smaug yang telah menguasai harta para
kurcaci. “Setelah Hobbit yang tahun kemarin, waktu itu saya ikut kerja di dua film, Iron Man 3 dan the Hunger Games: Catching Fire yang sekarang sedang main. Setelah selesai dari Hunger Games, baru mulai terlibat di proses animasi Hobbit 2,” ujar perempuan yang dalam 3,5 tahun terakhir bekerja sebagai animator di perusahaan milik sutradara Peter Jackson, WETA Digital, di Selandia Baru.


5. Teater Tanah Air Raih Penampil Terbaik di International Children’s Festival of Performing Arts, India




INI PUNYA INDONESIAnak-anak yang tergabung dalam Teater Tanah Air yang dipimpin Jose Rizal Manua meraih penghargaan sebagai penampil terbaik dalam ajang International Children’s Festival of Performing Arts yang digelar pada 5-8 Desember
2013 di Gedung Auditorium Kamani, New Delhi,
India.
“Prestasi itu kami raih kembali, mereka tampil maksimal,” ujar sutradrara teater Jose Mereka tampil mewakili Indonesia pada 7 Desember 2013.
Anak-anak anggota Teater Tanah Air membawakan naskah Zero karya sastrawan Remy Sylado yang mengantar mereka menjadi penampil terbaik.

6. M. Arie Kurniawan Raih Juara 1 Kompetisi “GE 3D Printing Design Quest” di AS




MINI PUNYA INDONESIA Arie Kurniawan , mahasiswa asal Salatiga berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi 3D Printing Design Quest yang diselenggarakan oleh General Electric (GE) di Amerika Serikat pada 11 Desember 2013.
Dalam kompetisi mendesain ulang braket penahan (loading bracket) yang terdapat di dalam mesin jet yang dapat mengurangi beban mesin dan konsumsi bahan bakar menggunakan cetak tiga
dimensi (3D) tersebut, Arie menyisihkan 700 desain peserta dari 56 negara, antara lain dari Inggris, Swedia, Italia, Polandia, Hongaria, dan Australia.

7. Inovator Indonesia Raih 14 Award dari Ajang Kompetisi Inovasi PECIPTA 2013 di Malaysia




TiINI PUNYA INDONESIAa inovasi Indonesia sukses mengantarkan Indonesia meraih 14 penghargaan inovasi dalam ajang PECIPTA 2013 di Kuala Lumpur Convention Center, Malaysia pada 7-9 November 2013.
Mereka tergabung dalam Association of Young
Innovators and Scientists Indonesia (AYISI).
“Innovator-innovator tersebut di asosiasi memang tergolong masuk kedalam Pro/Profesional dan memang sudah tidak diragukan bila hasilnya dapat menembus rekor terbaru” ucap Andi Dwi Putra, ketua Pembina Indonesia dan juri internasional di PECIPTA untuk Inovasi dari Malaysia, Turki, dan Qatar.
“Inovasi Indonesia selalu unik dan berbeda, mereka pantas mendapatkan award dari kami” ungkap Dr.Patrick ketua IIPNF dan juri international di pecipta untuk inovasi dari Indonesia, Malaysia, Korea, dan Mesir.

8. Celine Liviani Tandiono Raih Gold Award di Ajang M.K. Joy Works Recital Festival 2013, Malaysia




MusINI PUNYA INDONESIAsi muda Celine Liviani Tandiono, kembali menorehkan prestasi yang gemilang di kancah
internasional. Dengan menggunakan alat musik
violin, Celine memainkan mahakarya milik Chopin,
Mozart, dan John Williams di ajang M.K Joy Works Recital Festival 2013 dan berhasil meraih penghargaan Gold Award untuk Violin kategori
grade 7-8.
Dia mainkan repertoire “Spring From Concerto in E Op.8 No.1″ (Chopin), “Concerto 1st Movement (Mozart) serta “Theme From “Schindler’s List” (John Williams).
Celine yang tak pernah absen mengikuti kejuaraan internasional setiap tahunnya, mengaku senang bisa jadi wakil Indonesia dan meraih prestasi di Negeri Jiran.

9. Kepulauan Derawan Terpilih Sebagai Destinasi Favorit Dunia 2014 Versi National Geographic Traveler




PadaINI PUNYA INDONESIA21 November lalu, Majalah National Geographic Traveller merilis dua puluh tujuan wisata, yang dinilai sebagai destinasi terbaik dunia untuk tahun depan (2014, 20 Best of The World ) plus bonus pilihan pembaca (readers’
choice). Hebatnya, salah satu destinasi wisata itu ada di Indonesia. Pesona dan keindahan Kepulauan Derawan , yang ada di wilayah Kalimantan Timur, terpilih sebagai destinasi paling favorit dari kalangan wisatawan dan menjadi pilihan pembaca majalah National Geograpic di seluruh dunia.

10. Kisah Getun Tri Aena Raih CNN Television Journalist Award 2013



Kisah INI PUNYA INDONESIAetun Tri Aena , siswa SD berprestasi meski tidak memiliki dua tangan yang ditayangkan dalam program Pantang Menyerah di SCTV mendapat penghargaan CNN Television Journalist
Award 2013 untuk kategori education, culture, and art . Penghargaan ini diserahkan kepada video jurnalis Liputan 6 SCTV, Kurnia Supriatna.
Penghargaan ini tentu tak hanya membanggakan bagi tim Liputan 6 SCTV, tapi juga bagi Getun yang tak pernah menyerah untuk menularkan semangat berprestasi dalam kondisi apa pun.
Getun adalah siswa kelas 5 SD Negeri 1 Clapar, Banjarnegara, Jawa Tengah. Ia menjadi inspirasi bagi teman-teman di sekolahnya. Gadis yang tak memiliki kedua tangan itu merupakan salah satu
murid terpintar dan berprestasi di sekolah. Bahkan, ia kerap meraih rangking 1 di kelas. Segudang prestasi dimiliki Getun.

11. Kiki Febriyanti Raih Sutradara Terbaik di STEPS International Rights Film Festival, Ukraina



Sineas INI PUNYA INDONESIAndonesia kembali menorehkan prestasi di
tingkat internasional. Kali ini. Kiki Febriyanti didaulat sebagai sutradara terbaik untuk film dokumenter berjudul “Jangan Bilang Aku Gila” dalam ajang STEPS International Rights Film Festival ke-6 yang diselenggarakan pada 7 – 19
November 2013 di Kharkiv, Ukraina.
Film dokumenter yang diterjemahkan “Don’t Call
Me Crazy” tersebut mengisahkan tentang Suharto dan Rufiana, mantan penderita gangguan jiwa yang memiliki kendala untuk diterima kembali di masyarakat dan bahkan dikucilkan oleh keluarganya.

12. Ahmad Anugra Juara 1 Safety Riding di 14th Safety Japan Instructors’ Competition 2013, Jepang



Ahmad AnINI PUNYA INDONESIAgra , instruktur binaan PT Astra Honda Motor asal Astra Motor Palembang, keluar sebagai juara safety riding kelas 10.0cc dalam the 14th Safety Japan Instructors’ Competition 2013 yang diselenggarakan di Sirkuit Suzuka, Jepang, dan berakhir pada 15 November 2013.
Dalam tiga ujian keterampilan dan ujian tulis, Juara Nasional 2012 ini berhasil mengumpulkan nilai terbaik, 2.901 poin. Anugra mampu mengungguli kompetitor yang datang dari 5 negara lain. Anugra juga mengungguli rekan setimnya Aldea Henry, dari Daya Adicipta Mustika Bandung yang merupakan juara nasional 2013, dan berada di peringkat kedua dalam kompetisi ini dengan 2.784 poin.

13. INheritage: Game Asal Bandung yang Merambah Jepang



Kalau gamINI PUNYA INDONESIA buatan Jepang merambah Indonesia,
tentu itu bukanlah hal baru ataupun menakjubkan.
Namun, apabila game buatan Indonesia merambah Jepang, itu baru membanggakan.
Sebuah game berjudul INheritage: Boundary of Existence buatan studio Tinker Games asal Bandung bakal merambah pasar Jepang dengan merilis versi setempat. Ekspansi ini seolah mempertemukan game beraliran shoot ‘em up ini dengan negara asal genre tersebut.
INheritage saat ini baru tersedia untuk versi iOS dan bisa didapatkan dari App Store dengan dua versi, yakni gratis dan berbayar.

14. Ratna Rintaningrum Raih Penghargaan Mahasiswa Internasional Terbaik 2013 di Australia



Ratna RintINI PUNYA INDONESIAningrum, mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan doktoral di Universitas Flinders mendapatkan penghargaan Mahasiswa Internasional Terbaik 2013 di bidang Prestasi Akademik Pasca Sarjana yang diserahkan langsung oleh Gubernur negara bagian Australia Selatan Kevin Scarce di Gedung Parlemen di Adelaide.
Dalam studi yang dilakukannya, Ratna sedang menulis tesis doktoral mengenai perubahan persepsi mengenai bahasa Inggris yang sedang berubah dari sekadar sebuah bahasa asing di dunia ini menjadi bahasa global.Hasil penelitiannya tersebut nantinya bisa digunakan sebagai model untuk mengembangkan pengajaran
bahasa Inggris di Indonesia maupun di universitas lain di Asia.

15. Teddy Sutadi Kardin: Pisau Buatannya Dipakai Pasukan Khusus Indonesia & AS



Lebih dari INI PUNYA INDONESIA0 tahun Teddy Sutadi Kardin bergelut dengan tajamnya pisau. T. Kardin Knives tak hanya menjadi incaran kolektor pisau dalam negeri, pisau buatan Teddy juga disukai oleh kolektor pisau di luar negeri. Bahkan prajurit militer Amerika Serikat dan Yordania juga menggunakan pisau prouduksinya yang sudah berstandar AS.
Bahan baku untuk pembuatan pisau yang digunakan saat ini adalah O1, D2, 440C, ATS-34 standar AISI (American Iron and Steel Institute) serta baja Damascus yang sudah dikenal luas oleh pencinta pisau.
Teddy Kardin pendiri perusahaan dengan nama T. Kardin Pisau Indonesia merupakan seorang Sarjana Teknik Geologi Institut Teknologi Bandung (ITB). Pendidikan Sekolah Dasar sampai dengan Sarjana dilalui di kota Bandung yang juga merupakan kota kelahirannya.


Masih banyak lagi 'punya indonesia' yang bisa agan baca dimari ..
Ngapain kita berkutat dengan segala kebobrokan, jika sbenarnya kita bisa berprestasi. Lihat thailand yg sedang dilanda demo besar2an anti pemerintah, ternyata malah menjadi motivasi untuk atlitnya menjadi juara umum sea games myanmar yang baru saja berakhir..

Sekian trit ane..kurang lebih maafin ye..
0
4.9K
60
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.