• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ane membanggakan Indonesia di hadapan orang-orang yang underestimate sama negara kita

LieYantoAvatar border
TS
LieYanto
Ane membanggakan Indonesia di hadapan orang-orang yang underestimate sama negara kita
Semoga thread ane dapat diterima sama agan2 sekalian, karna ini thread pertama ane.. emoticon-Smilie

dan ane yakin ini GAK REPOST, karna ini pure pengalaman ane sendiri!! emoticon-Malu (S)

jadi gini gan, ane mo cerita pengalaman dulu ane. jadi Puji Tuhan waktu udah lulus S1 dan kerja selama 1 tahun, ane dapet kesempatan untuk lanjutin S2 di luar negri, ane ambil jurusan MBA gan.

nah pas awal2 masuk kelas, ya biasalah namanya jg baru sekolah di luar negri, ane itu norak amat gan, liat sana sini- ada bule suka senyam senyum sendiri.. emoticon-Matabelo haha

nah, singkat cerita pas udah masuk kelas kedua, ane mulai berani deketin orang-orang bule gan, karna pada dasarnya ane ini emang orangnya suka kenalan sama orang baru dan rasa keingintahuan ane emang tinggi gan emoticon-Malu (S)

nah pas ane kenalan sama 2 orang bule ini, namanya fred dan rachel (ane masih sekelas sama nih 2 orang skrg dan udh jd temen baik emoticon-Malu (S) ), mereka sama-sama asalnya dari german, terus kan ane kepo dong, nanya2 serba serbi german, kayak transportasi, sistem pemerintahannya gitu2 gan, terus mereka cerita panjang lebar dan orangnya ramah bgt gan, nah, tiba saatnya mereka nanya ane darimana gan, pas ane bilang ane dari Indonesia, mereka kaget gitu gan, ternyata indonesia itu dianggap random country beneren gan, persis kyk yg dibilang sama justin bieber.. ><

terus mereka mulai nanya2 ane, dan karna ane dulu tinggal di jakarta, ya ane jawab aja sejujjur2nya, kyk busway yg jalurnya suka direbut, gk ada MRT, bnyk copet jadi tas harus tarok di depan, terus yg ane gk nyangka adalah, mereka ketawa gan emoticon-Sorry
terus si rachel nanya gan:"you guys dont ride any donkey or else for traveling?" (kalian gk naik kedelai untuk jalan?), ane kaget dan rada gondok gan, dan yg denger semua pada ketawa dan tiba2 kami jd perhatian sekelas, bule2 yg lain maupun mahasiswa2 asia jd pada ngeliat ke kami, ane nahan kesel sambil senyam senyum aja gan, terus ane keinget tentang kebudayaan kita yang dahsyat gan, ane tau klo di german itu cuma punya 1 bahasa yaitu bahasa german, terus di kelas ane, ada 1 org lagi dr indo dan asalnya dari surabaya, jadi dia pake bahasa jawa,namanya chris. jadi ane lgsg bales tuh bule pake suara ane digede2in biar yg lain pada denger, percakapan ini gak pure seperti ini karna ane lupa detail kalimatnya begimana, cuma ya intinya seperti ini ya gan.. ane nulisnya pk indo aja ya gan emoticon-Malu (S)

A: ane
R: rachel
F: Fred

a: setahu gw di jerman cuma punya 1 bahasa ya? kasian banget ya, standard banget..

r: kita kan tinggal di satu negara, ya satu bahasa.

a: saya dan chris saja sama2 dari indonesia, tapi beda kota, jadi bahasa sehari-hari kami pun beda dan kita bisa belajar banyak dari hal itu.

F&R: *nganga*

r: jadi kalian berkomunikasi pake bahasa apa?

a: kami pakai bahasa indonesia, sebagai bahasa pemersatu. selain itu kita jg punya 17000 lebih pulau di Indonesia, jadi kita gak perlu capek2 ke luar negri utk menikmati keindahan alam. makanan kami juga beraneka ragam karna kita punya 33 provinsi yg masing2 beda makanan khasnya. selain itu kita jg gk cuma punya 1 baju dan tarian tradisional, kita punya ratusan. Gunung, hutan, pantai, semuanya kita punya. iitulah sebabnya Indonesia itu bisa diibaratkan dunia, kita bisa menikmati berbagai macam jenis kebudayaan di 1 negara, gak perlu capek2 ke negara lain.

r&f: *speechless*

terus ane kasih statement terakhir ane pas mereka speechless

a: "to be a forward country, they need to do a step and fight for it, and every country has their own chances on it. But being a various cultured country, they couldnt do anything at all, because it is just how they were born with, and unfortunately it's not every country could be."
translate: "untuk menjadi negara maju, mereka perlu suatu langkah dan perjuangan, dan setiap negara punya kesempatannya masing2. tapi untuk menjadi negara yang berbudaya, mereka tidak dapat melakukan apa2, karna mereka terlahir dengan hal-hal tersebut dan sayangnya, tidak semua negara bisa menjadi seperti itu"

ane bangganya setengah mati gan, abis itu ane langsung balik ktempat duduk ane dan temen ane yg sesama indo jg senyam senyum gitu gan.

dari cerita ini kita bisa ambil hikmah bahwa kita harus bangga dengan Indonesia gan karna kebudayaannya. Walau kita belum jadi super power country sekelas, usa, uk, german atau bahkan china, tapi kita punya apa yg mereka gk punya, yakni Kebudayaan! emoticon-Malu (S)

Love Indonesia.. emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh LieYanto 22-12-2013 14:46
0
5.5K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.