- Beranda
- The Lounge
Cara Absurd Mengatasi Macet di Jakarta Dalam Waktu Seminggu
...


TS
bluescoopy
Cara Absurd Mengatasi Macet di Jakarta Dalam Waktu Seminggu
Quote:


Alhamdulillah ane HT gan!
Spoiler for bukti ane HT:


Quote:
Selama ini kita sering mendengar wacana-wacana mengenai solusi mengatasi kemacetan di Jakarta. Tapi dari kesemua solusi yang ditawarkan, menurut ane belum ada satupun yang benar-benar bisa menjamin macet itu bisa teratasi.
Misal : tarif parkir dimahalin, ERP, dsb. Toh masyarakat yang kaya tetap bisa membayar. Atau sistem ganjil genap, ini justru memicu masyarakat untuk punya kendaraan lebih dari 1. Selalu ada celah yang biasa diakali dari setiap aturan yang nantinya akan dibuat
Atas dasar itulah, ane menawarkan beberapa konsep solusi mengatasi kemacetan di Jakarta, yang Insya Allah ga repost & anti mainstream!


Misal : tarif parkir dimahalin, ERP, dsb. Toh masyarakat yang kaya tetap bisa membayar. Atau sistem ganjil genap, ini justru memicu masyarakat untuk punya kendaraan lebih dari 1. Selalu ada celah yang biasa diakali dari setiap aturan yang nantinya akan dibuat

Atas dasar itulah, ane menawarkan beberapa konsep solusi mengatasi kemacetan di Jakarta, yang Insya Allah ga repost & anti mainstream!


Quote:
1. Perbolehkan kendaraan pribadi masuk ke jalur Busway
Selama ini pengendara yang kedapatan masuk ke jalur busway, selalu beralasan bahwa mereka terpaksa masuk karena untuk menghindari kemacetan. Nah, ane beranggapan bahwa, daripada pengendara selalu kucing-kucingan dengan aparat untuk masuk ke jalur busway, lebih baik seluruh kendaraan pribadi diwajibkan masuk ke jalur busway aja. Tanpa terkecuali.
Sebagai gantinya, jalur umum (jalan raya) hanya boleh dilewati bus trans Jakarta aja. Dengan begitu, sementara jalur busway penuh sesak dengan kendaraan pribadi, jalan-jalan umum lainnya akan sangat lengang & sepi, kita bisa car free day-an setiap hari, sepedahan, jogging, & beraktivitas santai di jalan raya dengan leluasa.


Spoiler for masuk busway:

Selama ini pengendara yang kedapatan masuk ke jalur busway, selalu beralasan bahwa mereka terpaksa masuk karena untuk menghindari kemacetan. Nah, ane beranggapan bahwa, daripada pengendara selalu kucing-kucingan dengan aparat untuk masuk ke jalur busway, lebih baik seluruh kendaraan pribadi diwajibkan masuk ke jalur busway aja. Tanpa terkecuali.
Sebagai gantinya, jalur umum (jalan raya) hanya boleh dilewati bus trans Jakarta aja. Dengan begitu, sementara jalur busway penuh sesak dengan kendaraan pribadi, jalan-jalan umum lainnya akan sangat lengang & sepi, kita bisa car free day-an setiap hari, sepedahan, jogging, & beraktivitas santai di jalan raya dengan leluasa.



Quote:
2. Persulit jalan akses menuju Jakarta
"Jakarta adalah magnet bagi para mereka yang tinggal di kota-kota sekitarnya."
Kalo dicermati baik-baik, hampir sebagian besar kendaraan yang wara wiri di Jakarta itu berasal dari kota-kota satelit di sekitar Jakarta (Depok, Tangerang, Bekasi, & Bogor)


So, solusi yang paling simpel adalah dengan mempersulit akses pengendara-pengendara ini menuju Jakarta. Mungkin dengan merubuhkan jembatan-jembatan dari & menuju Jakarta, mendirikan tembok pemisah sepanjang perbatasan, membuat halang rintang, membangun portal & polisi tidur setiap 5 meter, jika perlu, menyisipkan ranjau darat di antaranya.

Spoiler for tutup jalan:

"Jakarta adalah magnet bagi para mereka yang tinggal di kota-kota sekitarnya."
Kalo dicermati baik-baik, hampir sebagian besar kendaraan yang wara wiri di Jakarta itu berasal dari kota-kota satelit di sekitar Jakarta (Depok, Tangerang, Bekasi, & Bogor)



So, solusi yang paling simpel adalah dengan mempersulit akses pengendara-pengendara ini menuju Jakarta. Mungkin dengan merubuhkan jembatan-jembatan dari & menuju Jakarta, mendirikan tembok pemisah sepanjang perbatasan, membuat halang rintang, membangun portal & polisi tidur setiap 5 meter, jika perlu, menyisipkan ranjau darat di antaranya.



Quote:
3. Hapus sistem tilang, Siapkan sistem hukuman baru!
"Ketika Tilang hanya dianggap sebagai sesuatu yang bisa dibeli, maka di mana letak penyadaran & efek jeranya?"
Terus terang gan, ane termasuk salah satu yang percaya bahwa sampe Nabi Isa turun ke bumi lagi pun, tilang ga akan berdampak positif & memberi efek jera. Apalagi jika kasusnya : si pelaku pelanggarannya itu adalah orang yang kaya raya, bertemu dengan Aparat korup yang harga dirinya murah meriah.


Kali ini solusinya agak absurd dikit, kerahkan pasukan maho di tiap-tiap titik lokasi rawan pelanggaran. Jika ada yang melanggar lalu lintas, biarkan para maho berimprovisasi menentukan hukuman yang cocok bagi para pelanggar lalu lintas tadi.

Spoiler for stop tilang:

"Ketika Tilang hanya dianggap sebagai sesuatu yang bisa dibeli, maka di mana letak penyadaran & efek jeranya?"
Terus terang gan, ane termasuk salah satu yang percaya bahwa sampe Nabi Isa turun ke bumi lagi pun, tilang ga akan berdampak positif & memberi efek jera. Apalagi jika kasusnya : si pelaku pelanggarannya itu adalah orang yang kaya raya, bertemu dengan Aparat korup yang harga dirinya murah meriah.



Kali ini solusinya agak absurd dikit, kerahkan pasukan maho di tiap-tiap titik lokasi rawan pelanggaran. Jika ada yang melanggar lalu lintas, biarkan para maho berimprovisasi menentukan hukuman yang cocok bagi para pelanggar lalu lintas tadi.



Quote:
4. Uji kelayakan kendaraan sebulan sekali
Karena kebijakan pemerintah pusat yang ga berani melakukan pembatasan kendaraan bermotor. (Ga perlu ane jelasin kenapa) Maka apa boleh buat? Satu-satunya solusi adalah dengan membiarkan aja arus masuk kendaraan se-lebar-lebarnya. Tapi dengan catatan, uji kelayakan kendaraan harus dilakukan setiap bulan. Dengan penambahan komponen pengujian semisal : kendaraan harus lulus uji dibakar, direndem ke dasar laut, dibanting dari atas fly over. Jika lulus, kendaraan tetap boleh beroperasi. Jika gagal, jadi besi tua. Dengan begitu, masyarakat akan berpikir 1000 kali sebelum membeli kendaraan.


Spoiler for uji kendaraan:

Karena kebijakan pemerintah pusat yang ga berani melakukan pembatasan kendaraan bermotor. (Ga perlu ane jelasin kenapa) Maka apa boleh buat? Satu-satunya solusi adalah dengan membiarkan aja arus masuk kendaraan se-lebar-lebarnya. Tapi dengan catatan, uji kelayakan kendaraan harus dilakukan setiap bulan. Dengan penambahan komponen pengujian semisal : kendaraan harus lulus uji dibakar, direndem ke dasar laut, dibanting dari atas fly over. Jika lulus, kendaraan tetap boleh beroperasi. Jika gagal, jadi besi tua. Dengan begitu, masyarakat akan berpikir 1000 kali sebelum membeli kendaraan.



Quote:
5. SPBU buka hanya seminggu sekali.
"Macet akan terus ada selama bensin mudah didapat."
Itulah kenapa usulan Wagub DKI, Pak Basuki yang akan melarang SPBU-SPBU di DKI untuk menjual BBM bersubsidi, ane pikir harus disempurnakan dengan aturan waktu buka SPBU yang tidak lagi setiap hari. Melainkan cukup seminggu sekali, setiap malam jumat, antara pukul 23.00 sampai 23.15.
Pembeliannya pun dibatasi maksimal hanya 2 liter per kendaraan.


Spoiler for tutup spbu:

"Macet akan terus ada selama bensin mudah didapat."
Itulah kenapa usulan Wagub DKI, Pak Basuki yang akan melarang SPBU-SPBU di DKI untuk menjual BBM bersubsidi, ane pikir harus disempurnakan dengan aturan waktu buka SPBU yang tidak lagi setiap hari. Melainkan cukup seminggu sekali, setiap malam jumat, antara pukul 23.00 sampai 23.15.
Pembeliannya pun dibatasi maksimal hanya 2 liter per kendaraan.



Quote:
6. Melarang penggunaan AC & membuka jendela pada mobil.
"Masyarakat beranggapan moda transportasi yang paling nyaman bagi mereka adalah kendaraan pribadi."
Atas dasar ini, ane menawarkan solusi berupa peraturan larangan keras penggunaan AC & membuka jendela bagi seluruh pengendara mobil di Jakarta pada siang hari. Bagi pengendara yang ga kuat panas, sumpek, & takut keringetan, pasti akan mikir-mikir lagi untuk bawa mobil di Jakarta.

Spoiler for ac mobil:

"Masyarakat beranggapan moda transportasi yang paling nyaman bagi mereka adalah kendaraan pribadi."
Atas dasar ini, ane menawarkan solusi berupa peraturan larangan keras penggunaan AC & membuka jendela bagi seluruh pengendara mobil di Jakarta pada siang hari. Bagi pengendara yang ga kuat panas, sumpek, & takut keringetan, pasti akan mikir-mikir lagi untuk bawa mobil di Jakarta.

Quote:
7. Ubah semua rambu lalu lintas!
"Jakarta tak pernah lebih dari sekedar kota himbauan."
Kutipan di atas adalah rangkaian variabel yang selama ini ane temui & menjadi sebuah kesimpulan mengenai perilaku pengendara di Jakarta. Jadi kalo selama ini agan lihat ada rambu Dilarang Parkir & tetap saja diabaikan masyarakat. Maka sudah saatnya rambu-rambu yang bersifat himbauan diganti menjadi rambu-rambu bersifat sindiran, atau bahkan personal insult.
Misalnya :
"Dilarang Parkir" jadi "Zona Bebas Parkir khusus MONYET."
"Dilarang Putar Balik" jadi "Anak Kunyuk Silahkan Muter di sini"

Spoiler for rambu:

"Jakarta tak pernah lebih dari sekedar kota himbauan."
Kutipan di atas adalah rangkaian variabel yang selama ini ane temui & menjadi sebuah kesimpulan mengenai perilaku pengendara di Jakarta. Jadi kalo selama ini agan lihat ada rambu Dilarang Parkir & tetap saja diabaikan masyarakat. Maka sudah saatnya rambu-rambu yang bersifat himbauan diganti menjadi rambu-rambu bersifat sindiran, atau bahkan personal insult.
Misalnya :
"Dilarang Parkir" jadi "Zona Bebas Parkir khusus MONYET."
"Dilarang Putar Balik" jadi "Anak Kunyuk Silahkan Muter di sini"

Itulah beberapa solusi mengatasi kemacetan di Jakarta yang ane tawarkan. Ga usah terlalu serius ngebacanya ya gan, nanti sensi. Woles aja. Namanya juga lucu-lucuan!


Kalo trit ini menghibur, monggo ditimpalin komeng yang seru-seru ya gan
Kalo suka, bantu cendolin ane yak.
:cendol
Ga suka, di-close aja. Jangan dibata. Capek ngetiknya gan
Tetep ngaskus ya gan!


Kalo trit ini menghibur, monggo ditimpalin komeng yang seru-seru ya gan

:cendol
Ga suka, di-close aja. Jangan dibata. Capek ngetiknya gan

Tetep ngaskus ya gan!

Quote:
Beberapa komen kaskuser yang ga kalah absurd dari ane

Kampleeet... Absurd banget ente gan

Bangchaaat... Ngakak banget ane bacanya gan!
Ane udah terlanjur ngincer posisinya Jokowi gan kalo dia nyapres

Boleh juga gan
Setubuh... Bolehnya cuma distarter aja ya gan?
Boleh juga gan... Walau ane jg msh kredit
Didorong terlalu mainstream gan, ditiup aja
Sumpah ente lebih absurd lagi dari ane

Kesian rambonya gan, di Jakarta kan ada banyak persimpangan. Mesti kerja berapa shift sehari dia?

Buat ente-ente yang punya solusi lebih absurd dari ane, tar ane pajang di mari!

Quote:
Original Posted By ReeBoot►Paling tepat, cepat dan efisien, petugas dilapangan mestinya adalah Magneto:

Yang mogok, ngetem tinggal dilempar ke laut Jawa

Yang mogok, ngetem tinggal dilempar ke laut Jawa
Kampleeet... Absurd banget ente gan

Quote:
Original Posted By eut►
sekalian gan dilarang mengendarai mobil/motor dengan mesin yang masih menyala

sekalian gan dilarang mengendarai mobil/motor dengan mesin yang masih menyala

Bangchaaat... Ngakak banget ane bacanya gan!

Quote:
Original Posted By Cucigosok►ngakak ane gan..ide ente bener-bener briliant,gmn kalo ente aja yang gantiin udar pristono (KADISHUB PROV DKI JAKARTA) 

Ane udah terlanjur ngincer posisinya Jokowi gan kalo dia nyapres



Quote:
Original Posted By blackslimzz►siapin sniper gan di tiap gedung,jadi kalo ada yg parkir sembarangan,ngga ada lagi acara rame2 cabut pentil,langsung tembak kaki,niscaya besok kapok buat parkir pinggir jalan..
Boleh juga gan

Quote:
Setubuh... Bolehnya cuma distarter aja ya gan?

Quote:
Original Posted By imti►Kendaraan kredit di larang masuk jakarta gan.. Pasti cuma dikit yg masuk rata2 yg punya kendaraan itu kredit soalnya
Boleh juga gan... Walau ane jg msh kredit

Quote:
Original Posted By LelouchR►boleh bawa kendaraan tapi ditenteng atau didorong kalo mobil
badan sehat bebas polusi

badan sehat bebas polusi


Didorong terlalu mainstream gan, ditiup aja

Quote:
Original Posted By invsylvin►
ane tambahin gan
Jakarta gak bakalan macet lagi gan,tinggal ganti nama kotanya aje terserah

Jakarta gak bakalan macet lagi gan,tinggal ganti nama kotanya aje terserah

Sumpah ente lebih absurd lagi dari ane


Quote:
Original Posted By pendiniawan►salah satu solusi ane gan : nyewa rambo buat jaga jalan, yang ngelanggar langsung aja dibrondong SMG-nya si rambo, dengan begitu selain kemacetan berkurang drastis populasi penduduk juga dapat ditekan 

Kesian rambonya gan, di Jakarta kan ada banyak persimpangan. Mesti kerja berapa shift sehari dia?




Buat ente-ente yang punya solusi lebih absurd dari ane, tar ane pajang di mari!




Diubah oleh bluescoopy 23-12-2013 05:09
0
13.9K
Kutip
171
Balasan


Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!

The Lounge
925.7KThread•92.7KAnggota
Urutkan
Terlama


Komentar yang asik ya