Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

olretAvatar border
TS
olret
Kreatin si Bubuk Ajaib dengan Ribuan Manfaat
Nama besar Creatine Monohydrate atau lebih dikenal dengan kreatin tentu sudah tidak disangsikan lagi, terutama bagi yang sudah mengenal dunia fitness dan dunia olahraga pada umumnya. Banyak yang mengatakan bahwa kreatin adalah “bubuk ajaib” karena ini salah satu suplemen yang hukumnya hampir wajib digunakan baik bagi atlet maupun awam. Penasaran dengan “bubuk ajaib” ini? Simak ulasan kami kali ini.



Apa itu kreatin ?
Kreatin adalah asam amino organik yang terbentuk secara alami dalam tubuh dan membantu pemasokan energi untuk semua sel dalam tubuh. Kreatin berasal dari asam amino glisin, arginin dan metionin. Substansi ini dibentuk dengan 95% di otot rangka dan sisanya dibentuk di sel-sel jantung, otak dan testis. Kreatin juga berfungsi sebagai bio-volumizing karena ia mampu menarik segala macam nutrisi kedalam sel otot.

Bagaimana kerja kreatin?
Seperti yang agan ketahui, energi itu sangat diperlukan oleh tubuh. Energi dibuat, disimpan dan dipakai melalui ATP (Adenosine Tri-Phosphat), namun energi yang bisa disimpan dan dibuat itu tentu terbatas. Bagaimana jika persediaan energi habis dan agan masih membutuhkan energi? Kreatin mampu mengatasi masalah ini. Kreatin diibaratkan seperti sebuah generator energi cadangan untuk tubuh agan. Substansi ini mampu membuat agan bekerja lebih lama dan membantu pemulihan yang lebih cepat. Hal ini tidak hanya berlaku bagi agan yang aktif di gym tapi juga yang memiliki aktifitas padat dan menguras banyak energi.

Siapa yang diperbolehkan mengkonsumsi Kreatin?
Suplemen ini tidak terbatas hanya bagi mereka yang memiliki goal bertubuh bagus, melainkan siapa saja yang dalam aktifitas kesehariannya menguras cukup banyak tenaga dan fokus. Pada khususnya kreatin ditujukan bagi mereka baik pemula maupun sekelas atlet yang memang fokus pada performa, daya tahan, dan mengutamakan efektifitas dalam berlatih.

Seberapa banyak kreatin yang sebaiknya diminum?
Untuk awalan bagi agan yang memiliki berat dibawah 75 kg, minumlah 10 sampai 20 gram creatine monohydrate setiap hari selama 7 sampai 14 hari. Ini akan mempercepat proses kreatin untuk beradaptasi dengan tubuh agan. Setelah agan melewati fase ini maka fase berikutnya agan hanya membutuhkan 3-6 gram kreatin setiap harinya.

Kapan waktu yang tepat untuk meminum kreatin?
Hal ini selalu menjadi perdebatan kapan kreatin dapat dikonsumsi. Namun dari data jurnal ilmiah dianjurkan untuk tidak meminum kreatin sebelum agan berolahraga baik itu berlatih beban maupun aerobik. kreatin ini akan menyerap cairan dalam tubuh agan. Kreatin merupakan suplemen yang memiliki efek positif jangka panjang dan membutuhkan waktu reaksi setidaknya 1-2 minggu. Sehingga, jika agan selalu mengkonsumsi kreatin sebelum berolahraga, agan tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Waktu yang paling tepat mengkonsumsi kreatin adalah setelah berolahraga.

Bagaimana memaksimalkan efek Kreatin?
Memaksimalkan efek kreatin dapat dilakukan dengan mengkonsumsi karbohidrat sederhana, seperti maltodekstrin atau dekstrosa dalam pola makan agan. Karbohidrat akan meningkatkan kadar gula darah, yang akan meningkatkan produksi insulin. Jika produksi insulin meningkat, transportasi kreatin juga akan meningkat.

Manfaat kreatin?
Manfaat utama sebuah kreatin adalah meningkatkan stamina dan daya tahan saat agan berolahrga, namun creatine monohydrate juga aktif dalam mempersingkat waktu pemulihan otot. Ini disebabkan oleh kemampuan kreatin yang mampu mengurangi jumlah produksi asam laktat yang merupakan limbah pengolahan energi. Asam laktat mampu menyebabkan kelelahan otot atau kejenuhan pada otot.

Selain itu, pengembangan otot juga akan menjadi lebih efektif. Bagaimana kerjanya? Kreatin berpotensi untuk meningkatkan massa otot pada tubuh yang bebas lemak, stamina secara maksimal, dan daya tahan otot. Ketiga kemampuan ini yang menjadi alasan kenapa kreatin bisa meningkatkan pengembangan otot.

Seperti yang kita ketahui jika perkembangan otot agan meningkat, tentunya akan semakin banyak kalori yang mampu agan bakar setiap menitnya. Hal ini dapat membantu bagi agan yang memiliki masalah dalam kelebihan berat badan. Selain itu, kreatin juga mampu meningkatkan metabolisme agan, karena kreatin membuat sel terhidrasi dengan lebih baik.

Apakah Kreatin aman?
Banyak kabar dan berita yang mengatakan bahwa kreatin tidak aman atau bahkan dapat merugikan tubuh. Dengan mitos – mitos tersebar yang tidak jelas itu tentu banyak orang yang khawatir, bagaimana keamanan dari kreatin ini. Secara umum dan dari data yang kami dapat sejauh seseorang mengkonsumsi kreatin secara wajar dan sesuai kebutuhan ditambah mampu memenuhi kebutuhan cairan sehari-harinya maka tidak akan ada efek samping yang berbahaya. Termasuk didalamnya jika agan mengkonsumsi kreatin dalam jangka waktu yang panjang. Ditilik dari manfaat yang diberikan jauh lebih banyak dibanding kerugian yang akan diberikan sebuah suplemen kreatin. Namun sekali lagi pergunakanlah secara bijak, bahkan air tawar yang dianggap baik saja akan berakibat buruk pada tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

Maksimalkan latihan agan, tidak ada kata-kata “setengah latihan” karena yang ada hanya “berlatih” atau tidak sama sekali. Go for it and change yourself!!



Spoiler for referensi:
0
6.8K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.