Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [INDONESIA ONLY] Reindy Allendra - Perancang Pesawat Masa Depan Asal INDONESIA

setiyajikusnadiAvatar border
TS
setiyajikusnadi
[INDONESIA ONLY] Reindy Allendra - Perancang Pesawat Masa Depan Asal INDONESIA
SELAMAT PAGI SIANG MALAM AGAN-AGAN SEKALIAN




ini thread pertama ane gan, mudah2an sih ga repost

emoticon-Repostemoticon-Repost emoticon-Repost emoticon-Repost


Sangat Menerima

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L)


sekedar mau dhare aja tentang REINDY ALLENDRA

siapa dia????



yu kita bahas


Nama Reindy Allendra mungkin belum familiar bagi sebagian besar dari Anda, tapi coba saja ketik namanya di search engine Google. Baru 5 huruf terketik, namanya akan muncul sebagai salah satu topik yang paling sering dibicarakan. Belakangan wajahnya juga mulai menghiasi layar kaca beberapa TV nasional yang mengundangnya sebagai narasumber. Siapa sebenarnya sosok Reindy Allendra?




Terlahir di Kota Kembang Bandung, 27 tahun silam, Reindy kecil sangat dekat dengan sang ayah. Dari sang ayah, Reindy mengenal konsep produk atau industrial design. “Sampai terdoktrin untuk suka,” ujarnya.

Sejak SMP Reindy sudah tahu jurusan kuliah apa yang akan dia ambil. Menurutnya, penting untuk mengenal apa minat kita sejak dini. “Sebelum lulus SMU, sebaiknya kita tahu jurusan apa yang akan diambil supaya kita bisa menjalani dengan passion. Passion akan membuat semuanya lebih mudah,” tambahnya

Setelah sempat kuliah di jurusan Desain Produk Universitas Trisakti selama satu tahun, pada 2004 Reindy hijrah ke Malaysia. Di Negeri Jiran tersebut ia mengambil program Industrial Design dari Swinburne University of Technology Melbourne. Selepas lulus di tahun 2008, ia sempat bekerja sebagai desainer lepas untuk beberapa perusahaan. Karyanya beraneka ragam mulai dari sepatu, perlengkapan furniture, sampai alat trasportasi seperti sepeda, bahkan pesawat.

“Pada prinsipnya Industrial Design sama dengan product design, cuma di luar lebih common disebut Industrial Design sedangkan di Indonesia lebih common disebut product design. Industrial Design mungkin lebih fokus ke barang mass product seperti barang elektronik, sedangkan yang saya lihat product design di Indonesia lebih fokus ke barang home industry. Ini berdasarkan pengalaman saya waktu kuliah di Trisakti dulu, cuma mungkin sekarang sudah lebih luas,” jelas pria berambut ikal ini.




Pesawat Masa Depan WB-1010

Salah satu obsesi Reindy adalah backpacker-an keliling Eropa bersama seorang temannya. Temannya tersebut kemudian memberitahukan tentang lomba desain yang diadakan KLM Airlines Indonesia, berhadiah paket perjalanan ke Amsterdam, Belanda, tempat di mana KLM Airlines berbasis. Dengan motivasi untuk dapat berkeliling Eropa secara gratis, Reindy memutuskan untuk menjawab tantangan KLM Design Contest yang diadakan dalam rangka ulang tahun KLM ke-85: menciptakan disain pesawat yang akan digunakan 85 tahun ke depan.

Reindy mulai melakukan riset mengenai teknologi transportasi udara, membuat ratusan sketsa hingga menemukan bentuk yang tepat, terinspirasi dari bentuk ikan paus biru. Tidak butuh waktu lama, dalam 2 minggu saja Reindy mampu menciptakan desain sebuah pesawat masa depan yang ia beri nama WB-1010 (WB diambil dari singkatan Wright Brothers).

Reindy membayangkan 85 tahun ke depan populasi manusia akan semakin membludak, karena itu dibutuhkan alat transportasi massal yang mampu mengangkut banyak penumpang dengan kecepatan maksimal. WB-1010 diharapkan mampu menjawab kebutuhan tersebut.

WB-1010 dirancang untuk dibuat dari bahan serupa GLARE (Glass-Reinforced) yang terdiri dari lapisan tipis berbagai macam logam dan serat kaca, seperti yang digunakan pada pesawat Airbus A380. Tubuh pesawat diinjeksi dengan helium, yang menjadikan bobot pesawat menjadi lebih ringan dan dapat terbang dengan kecepatan lebih tinggi. Kaca jendela dibuat dengan mengunakan “smart glass” yang mampu menyerap energi angin dan mengubahnya menjadi energi listrik.

Balon udara raksasa ini mampu mengangkut 1500 penumpang sekaligus, dengan kecepatan hampir mencapai 1000 kmph. Tidak hanya sampai di situ, ada satu keistimewaan lagi dari pesawat WB-1010 rancangan Reindy. Tidak seperti pesawat biasa yang membutuhkan lahan super luas sebagai landasan pacu, WB-1010 mampu mendarat secara vertikal, tanpa landasan pacu.

WB-1010 berhasil membawa Reindy ke Amsterdam, sebagai juara KLM Indonesia Aircraft Design Competition 2009. Tidak hanya ke Eropa gratis, Reindy juga berkesempatan mengunjungi hanggar tempat KLM membuat pesawatnya.

Juara KLM Design Contest bukan satu-satunya prestasi Reindy dalam bidang Industrial Design. Sebelumnya, di tahun 2007 ia berhasil meraih juara favorit dalam Furniture Kampus Design Award lewat rancangan kursi kolam renang buatannya. Kemudian bersama dua orang teman, Christilla Yovero dan Yopi Djauhari, Reindy berhasil meraih Juara ke-2 Samsung LCD Monitor Design Competition di Malaysia dengan design monitor yang disertai “magic rotation” untuk memungkinkan monitor berputar 90 derajat.

Lantas bagaimana dengan kelanjutan dari WB-1010? Apakah hanya menjadi sekedar rancangan? Tidak dipungkiri, sebagian besar orang mungkin bertanya-tanya sejauh mana rancangan tersebut dapat diwujudkan menjadi nyata. Reindy menjelaskan bahwa ranah yang ia geluti adalah “concept design”. “Jadi rata-rata desain yang saya buat hanya sampai tahap konsep,” jelasnya.

Untuk saat ini WB-1010 memang baru sebatas konsep, teknologi dan bahan yang yang digunakan belum lazim digunakan di masa sekarang atau bahkan tidak mungkin terwujud. Namun sekali lagi ditegaskan bahwa pesawat ini dirancang untuk 85 tahun ke depan. Tentu saja banyak yang akan terjadi selama 85 tahun, teknologi yang semakin maju salah satunya. Tengok saja film-film yang dibuat puluhan tahun lalu, teknologi yang saat itu hanya sebatas impian banyak yang saat ini dapat kita nikmati.


ini dia...








hasil karyanya yang lain






yang ini buat nyelamatin mahluk hidup gan, seandainya ada bencana




sekian dulu dari ane, maaf berantakan....

sumber
Diubah oleh setiyajikusnadi 02-06-2015 07:52
0
12.1K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.