Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aril69Avatar border
TS
aril69
berbagi info biaya kuliah kedokteran
ini thread pertama ane gan
lansung aja gan
ada anggapan di masyarakat yang menggatakan bahwa kuliah di fakultas kedokteran itu mahal sekali. tapi saya ingin mengatakan bahwa anggapan itu tidak sepenuhnya betul.
saya kuliah di salah satu universitas terkenal di indonesia timur di kota MKS. sekedar info biaya masuk saya 2,1 juta itu sudah termasuk spp, biaya pembangunan, pembuatan KTM, PMB dll. spp saya Rp600 rb. kalau ad biaya tambahan paling bayar penuntun masuk LAB sekita10-20 rb atau satu semester paling banyak 200 rb. kalau soal buku cuma sunnah nggak ad buku wajib.emoticon-Ngakak apalgi sekarang sudah bertebaran ebook atau bisa juga pinjam dari senior atau perpus. ini untuk yg lewat jalur snmptn tapi kalau lewat jalaur non subsidi bayar masuk 100 jt, spp 1,5 jt. alhmdullilah saya masuk lewat jalur snmptn gan. no joki no sogokemoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
saya pernah tanya teman yg kuliah di salah satu perguruan tinggi mengenai spp nya dia bilang 2,2 jt. dalam hati saya bilang gila ,2,2 jta bisa 3 semester di fakultas saya.
intinya jangan takut kuliah di Fk kalau cuma takut biaya, apalagi di tempat saya ad namanya beasiswa untk mahsiswa kedokteran yg nmanya kalau gak salah HPEQ sebesar 1,5 jt perbulan. untuk besiswa ini diambil cuma 5 mahasiwa per angkatan. belum lagi beasiswa lainnya gan seperti bidikmisi, etos, PPA dll.
kalau memang berminat msuk FK yg jadi pertanyaan apakah anda bisa bersaing msuk.
itulah sekedar info tentang kuliah di fakultas kedokteran di tempat saya. untuk tempat lain saya tidak thu
0
5.2K
48
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.