Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adoekaAvatar border
TS
adoeka
[No : 1 = Kemacetan ||| No : 2=Kebanjiran ] Apa Penyebab Stres Nomor Tiga di Jakarta?
Selasa, 17 Desember 2013 | 03:27 WIB
Apa Penyebab Stres Nomor Tiga di Jakarta?



TEMPO.CO, Jakarta - Psikolog Aully Grashinta mengatakan korban penggusuran atau mereka yang terancam digusur sering merasakan dampak psikologi berupa stres bahkan depresi. Secara psikologis, penggusuran, kata pengajar di Universitas Pancasila ini, menjadi penyebab stres nomor tiga setelah kehilangan pasangan dan kehilangan anggota keluarga.

"Korban penggusuran sering mengalami respons emosi berupa mimpi buruk, sulit tidur, kecemasan berlebihan, agresif, bahkan keinginan untuk bunuh diri," kata Aully yang jadi pembicara dalam diskusi bertema 'Membangun Jakarta Kota Manusiawi', di Jakarta Media Center, Kebon Sirih, pada Senin, 16 Desember 2013. Diskusi dihelat Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA), sebuah LSM yang bergerak di bidang advokasi bagi warga miskin Jakarta.

Rentannya gangguan psikologis pada korban penggusuran inilah yang membuat Aully menyarankan agar pemerintah mensosialisasikan Peraturan Daerah tentang Rencana Detil Tata Ruang Wilayah. "Sehingga orang tahu apa yang akan dibangun di wilayah tersebut," kata dia.

Lebih dari itu, dia meminta pemerintah menggunakan cara-cara manusiawi tanpa menggunakan kekerasan jika terpaksa melakukan penggusuran.

Sebelumnya, pengamat tata kota, Nirwono Joga, mengungkapkan bahwa Perda tentang Rencana Detil Tata Ruang Jakarta tak mengatur tentang kampung kumuh di Jakarta. Dia menyimpulkan, itu artinya warga kampung kumuh mesti siap-siap digusur.

Menanggapi itu, Sartik, 45 tahun, mengaku sering merasa gelisah jika melihat ada petugas melakukan pengukuran di sekitar kediamannya. Warga yang tinggal di bantaran kali RT 015/02, Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur, ini khawatir digusur. "Sering stres kalau ada orang ngukur-ngukur tanah, tapi kalau ditanya, katanya enggak ada apa-apa," kata dia.

http://www.tempo.co/read/news/2013/1...iga-di-Jakarta


Quote:


Quote:


semoga pemprov DKI Jakarta lebih bijaksana dalam menerapkan peraturan, penghuni liar diatas tanah negara memang salah tapi kesalahan itu juga ada andil dari pemerintahan di era 15 - 30 tahun sebelumnya, jadi yang diperlukan sekarang kerangka yang jelas dalam menerapkan peraturan dan jangan bergerak secara tiba tiba menggusur dalam waktu dibawah 2 tahun setelah pemberitahuan akan ada penggusuran karena yang akan digusur pemprov ini juga manusia bukan hewan yang gampang saja dipindahkan ke kandang yang lainnya emoticon-Smilie


Diubah oleh adoeka 17-12-2013 16:25
0
2.8K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.