Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

konsultanbisn1sAvatar border
TS
konsultanbisn1s
Kepemimpinan dan Manajemen, Sama atau Berbeda?
Jika manajemen menurut Warren Bennis adalah do the things right, maka selanjutnya Warren Bennis mengatakan bahwa kepemimpinan adalah do the right thing. Secara sederhana dapat kita katakan bahwa kepemimpinan adalah soal melaksanakan sesuatu dengan benar. Kebenaran yang hakiki melekat kepada kepemimpinan, kebenaran secara ilmu pengetahuan, kebenaran secara etika, keberanan secara moral, kebenaran secara hukum, kebenaran secara estetika, kebenaran secara sosial, kebenaran secara kebudayaan, kebenaran secara meyeluruh.

Di sini terdapat perbedaan mendasar antara manajemen dan kepemimpinan. Jika manajamen bicara soal penyelesaian tugas, maka obyek dari manajemen adalah pekerjaan (task), sedangkan kepemimpinan bicara soal kebenaran dalam melaksanakan tugas, sehingga obyek dari kepemimpinan adalah orang (people) yang menjadi penentu kebenaran pelaksanaan tugas.

Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa kepemimpinan dan manajemen adalah dua hal yang berbeda namun saling melengkapi. Dengan kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang berimbang maka seorang professional mampu meyelesaikan pekerjaannya dengan tuntas melalui orang lain (get things done through other people). Semakin tinggi jabatan dan tanggungjawab seorang professional, maka semakin tinggi pula level kepemimpinan yang perlu dia laksakan. Secara sederhana, John P. Kotter mengatakan bahwa tugas pemimpin adalah merumuskan visi (dan misi) lalu menuangkannya ke dalam strategi (uraian bagaimana mencapai visi dan misi), lalu manajer melanjutkannya dengan membuat strategi tadi menjadi terlaksana dalam kegiatan operasional yang terencana, terorganisir, terkendali, dan terukur. Manajemen juga bicara tentang persiapan sumberdaya yang dibutuhkan.

sumber : konsultan manajemen
Diubah oleh konsultanbisn1s 02-01-2014 07:19
0
3.1K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Ilmu Marketing & Research
Ilmu Marketing & ResearchKASKUS Official
6.2KThread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.