Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

deddimuchidinAvatar border
TS
deddimuchidin
Perhatikan Nih gan,Tanda Tubuh Harus di Istirahatkan..
Assalamualaikumwrwb..

maaf gan sebelumnye newbi mau ngasih sedikit info nih emoticon-Big Grin

Bukti no respol gan :



langsung aje gan



Bekerja/belajar dengan melakukan sesuatu yang disukai memang menyenangkan. Terkadang saking asyiknya, kita bahkan tidak sadar dirinya sudah bekerja belasan jam dalam sehari. Tapi kita harus selalu diingat bahwa tubuh kita memiliki batas. Meski kuat secara psikis, namun belum tentu kuat secara fisik. Nah, bagaimana tanda tubuh perlu diistirahatkan?

"Jika kita identifikasi beberapa hal yang bisa mencetuskan terjadinya kelelahan antara lain kerja/belajar yang terus menerus dalam beberapa hari terakhir disertai kurang tidur, bahkan tidak tidur. Juga waktu kerja yang terus menerus tanpa henti untuk mencapai deadline yang telah ditentukan*seperti kejadian kemarin yg seorang wanita meninggal karna kerja nonstop 3hari tanpa istirahat . Apalagi untuk mencapai target kerja tersebut, mereka bekerja sampai larut malam sehingga kondisi ini dapat memperparah kelelahan yang terjadi. Makan mereka juga umumnya tidak teratur*gaada yg merhatiin jadi gateratur . Kondisi ini semua akan memperburuk kondisi dan kelelahan yang terjadi," tutur Dr. dr. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM.

Menurut dr.Ari, gangguan pencernaan merupakan hal utama yang terjadi jika seseorang mengalami kelelahan. Keluhan pencernaan yang timbul antara lain nafsu makan berkurang, di mana hal ini akan memperparah kondisi fisik orang yang bersangkutan. Seseorang yang mengalami kelelahan juga akan mengalami mual, muntah, serta nyeri di uluhati.

Saat lelah, umumnya seseorang tidak bisa berkonsentrasi dan bekerja dengan baik. Selain itu emosinya juga menjadi tinggi. Mereka yang kurang tidur mudah mengalami vertigo atau migrain. Jika orang yang kelelahan ini mengendarai kendaraan, maka rentan mengalami kecelakaan lalulintas.

"Berbagai penyakit kronis dapat menjadi kambuh jika seseorang mengalami kelelahan antara lain sakit maag, gangguan kejiwaan, asma, kencing manis (diabetes Mellitus), Hipertensi, stroke dan serangan jantung. Kelelahan fisik dan psikis juga akan memperburuk daya tahan tubuh seseorang yang mengalami kelelahan tersebut mereka akan mudah terkena infeksi virus seperti virus flu, mudah terjadi infeksi usus berupa diare, juga rentan terkena infeksi virus hepatitis, deman thypoid, dan virus demam berdarah," papar dr Ari.

Saat sudah lama bekerja, terkadang muncul gangguan seperti rasa mual dan bahkan muntah, sakit keapala, dan nyeri dada. Itu adalah tanda bahwa seseorang harus berhenti beraktivitas dan mengistirahatkan tubuhnya. Sebaiknya jangan paksa tubuh untuk tetap terjaga dengan mengonsumsi suplemen kesehatan.

Dihubungi terpisah, dr Sudjoko Kuswadji, MSc(OM), PKK SpOk dari Yayasan Sudjoko Kuswadji Bersaudara (YSKB), saat kelelahan, maka denyut nadi seseorang menjadi lebih cepat. Jika tidak bisa dikendalikan, maka yang bersangkutan bisa pingsan.

"Banyak dokter modern jarang periksa nadi. Sebenarnya dengan periksa nadi saja bisa diketahui apakah seseorang itu sehat atau tidak. Nadi normal 60 sampai 72. Jika lebih dari 100, harus stop bekerja," kata dr Sudjoko.#seperti pelajaran olah raga di SLTA/sederajat periksa nadi utk mengetahui normal atau tidaknya

Senada dengan dr Ari, dr Sudjo ko juga tidak menganjurkan mengonsumsi minuman berenergi agar lebih tahan 'melek' saat tubuh sudah memberi sinyal agar diistirahatkan. "Minuman berenergi sebenarnya sama dengan doping, artinya memaksa tubuh bekerja lebih keras," contoh emoticon-Frownkratindeng,extra*bukadikit Joss,KukunyaBima,dll)

Sumber : [url]http://m.detik..com/health/read/2013/12/17/113641/2444154/763/perhatikan-ini-tandanya-tubuh-harus-diistirahatkan[/url]


mohon maaf jika ada kesalahan dan kurang sempurna agan2,sekian dari saya,terimanasi emoticon-Malu (S)
0
2.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.