Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tailienchungAvatar border
TS
tailienchung
Selo, mobil listrik ala ‘Lamborghini’ karya anak bangsa Rp 1,5 M
Merdeka.com – Prototype mobil listrik yang dikembangkan oleh bengkel modifikasi Kupu-kupu Malam Yogyakarta dengan model sport car dengan nama Selo menghabiskan dana Rp 1,5 miliar. Jika akan diproduksi massal, harga mobil itu bisa berkurang hingga 30 persen.

Menurut Tatar Yoga Nugroho, supervisi Kupu-kupu Malam, dengan komponen yang disematkan dalam Selo, nilai Rp 1,5 miliar masih wajar karena hanya memproduksi satu unit dan masih memberi mesin dan baterai.

“Itu karena hanya 1 unit, kalau banyak mungkin lebih murah. Selain itu juga mesin dan baterai masih harus beli,” jelas Tatar di kampus UGM, Yogyakarta, Jumat (22/11).

Sementara untuk komponen yang lain, seperti bodi dan chasis diproduksi sendiri oleh Kupu-kupu Malam. “Untuk yang lainnya kami produksi sendiri, kira-kita 5 bulan kita kerjakan Selo sampai rampung dan siap jalan,” ujarnya.

Menteri Riset dan Teknologi Gusti M Hatta yang menjajal Selo memperkirakan, jika mobil listrik tersebut diproduksi massal, biaya bisa ditekan hingga 30%.

“Kalau produksi massal, otomatis harga turun, bisa sampai 30%, tentunya murah dan ramah lingkungan,” ujar Gusti.

Gusti mengaku optimis pada tahun 2016 mendatang Indonesia bisa memproduksi massal mobil listrik. “Targetnya 2016 bisa produksi massal,” pungkasnya.

Selain Selo, Kupu-kupu malam juga membuat prototype mobil listrik jenis MPV yang sudah ditampilkan di perhelatan APEC di Nusa Dua Bali, Oktober 2013 lalu.

Perlukah Mobil Listrik?
Belakangan ini muncul euforia mengenai mobil listrik di jagad publik kita. Bahkan, Menteri Negara BUMN sendiri mempromosikan mobil listrik Tucuxi dan sempat mengalami kecelakaan beberapa waktu yang lalu. Pemerintah sendiri menargetkan, produksi mobil listrik secara massal mencapai 10 ribu unit pada 2014.


sumber : http://www.mobillistrik-ristek.com/s...angsa-rp-15-m/
0
4.6K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.