diadalosAvatar border
TS
diadalos
mahluk cantik, berbulu & berkaki 8
hello agan agan & aganwati
udah tau belom hewan eksotis berkaki 8 yang berbulu & temennya spiderman hehe emoticon-Big Grin kali ini ane mau share hobby ane nih yang belum umum di Indonesia, yaitu Tarantula.

sebelum kita lanjut pembahasannya ane minta
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star


Spoiler for buka gan:

banyak yang beranggapan tarantula itu
1. menjijikan
2. menyeramkan
3. sangat beracun & mematikan
(banyak lohh media cetak yang suka ngawur ngasih info bahwa "beberapa kasus tarantula bertanggung jawab atas kematian beberapa orang" emoticon-Cape d... (S)emoticon-Hammer (S) itu salah besar gan.. hingga hari ini belom ada tarantula yang membunuh manusia.)


"lagi pula siapa juga yang mau miara hewan kayak gini..?" emoticon-Bingung (S)

Sudah lumayan banyak lohh pecinta tarantula di indonesia.
di group facebooknya juga ada TARANTULA KEEPER INDONESIA
atau di Kaskus juga ada gan!! Pecinta Tarantula masuk gan...
selain yang jualan Tarantula di FJB kaskus.. juga ada loh group FJBnya
Tarantula Keeper Marketplace
dari kita share & tanya tanya juga bisa. seru gan..!!! gausah sungkan untuk bertanya. membernya enggak gigit kok emoticon-Malu (S)
mari kita majukan hobby Tarantula di Indonesia bersama sama gan.
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia


kadang suka jenuh kan kalo miaranya cuma kucing, anjing, hamster, marmut, sugar glider dan mamalia lain. tiap hari ngasih makan, ngerawat, mandiin seminggu sekali, ngajak main. belom lagi kerjaan atau tugas tugas yang numpuk. yang ada kita malah ga bisa ngerawat mereka dengan baik. tapi tarantula enggak gan.. mereka cenderung 'low maintenance' coba bayangin aja.. ngasih makan cuma seminggu sekali itu pun super irit hehe. dan ga perlu penanganan khusus.
tarantula punya umur yang sangat panjang loh gan. seperti Brachypelma Smithi umurnya sampai 30 tahun di penangkaran. tapi beda jantan & betina. jantan cenderung jauh lebih pendek dari sang betina. contohnya Smithi femalenya bisa 30 Tahun, dan sang jantan hanya sampai 5 tahunan emoticon-Berduka (S)


tapi ngomong ngomong tarantula itu apa ya??
emoticon-Bingung (S)
tarantula hewan berkaki delapan dari keluarga Arachnid. mereka aktif di malam hari, tarantula juga berbeda loh dari sodaranya yaitu laba laba. selain memiliki bulu yang lebat, juga memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari laba laba. tarantula yang pernah tercatat paling besar adalah Theraphosa blondi atau bisa disebut Goliath birdeater mampu tumbuh hingga 30cm. nahh gimana kalo agan agan yang biasa ketemu laba laba kecil dirumah udah ketakutan.. apa lagi yang sampe 30cm ada dirumah?
Spoiler for buka gan:


berbagai macam jenis jenis tarantula di Dunia, dari sekitar 800 jenis lebih sudah teridentifikasi. dan masih ditemukan sepesies baru..
tarantula terbagi menjadi 2 loh gan. New World& Old World
untuk membedakan lokasi penemuan tarantula itu sendiri. New World ditemukan di benua Amerika dan Old World ditemukan di Afrika, Asia dan Australia. dan dua tipe ini sudah membedakan tingkat agresif, kecepatan & tingkat racunnya.
New World lebih kalem & friendly, bisanya juga tergolong low. yang menonjol pada pertahanan mereka. pertahanan mereka diatas abdomennya bikin kulit kita iritasi.(Urticating Hair) ketika mereka terganggu, akan menggarukan bulu bulu halus ini dan terbang hinggap di tangan kita. New World jarang sekali menggigit, mereka lebih memilih untuk lari dari pada menggigit. ketika sudah sangat terpojok & tidak punya pilihan lain. baru mereka melawan dengan gigitan.
Old Worlddari kelompok ini memiliki kecepatan lari yang jauh diatas rata rata New World dan mereka punya tingkat racun yang cukup tinggi. bukan berarti bisa membunuh manusia. mereka tidak punya pertahanan lain seperti urticating hair. pertahanan yang mereka punya hanya menggigit.
Spoiler for buka gan:


Tarantula juga terbagi menjadi 3 tipe, Burrow, Terrestrial & Arboreal. burrow merekalah yang semasa hidupnya hanya di dalam liang buatan mereka. biasanya mereka pemalu emoticon-Malu (S)terrestrial juga hidupnya biasanya di dalam lubang, tapi lebih suka di permukaan tanah. arboreal ini suka manjat gan, hampir semasa hidupnya cuma nangkring diatas pohon dan mereka biasanya memiliki tubuh yang lebih ramping emoticon-Big Grin hehe..
Spoiler for buka gan:


banyak yang berfikiran memelihara Tarantula ini seperti nimbun emas loh gan.. kenapa? 'bayangin aja agan beli makanannya misalkan 2 ribu rupiah. bisa dapet jangkrik sebatalyon emoticon-Ngakak (S)dan itu juga belom tentu akan habis dalam sebulan. itungannya ya, 1 jangkrik untuk seminggu.. nah loh super irit kan? ibarat kita beli jenis Poecilotheria Metallica yang harga pasarannya 800 ribu masih sling(spiderling adalah sebutan tarantula ketika masih baby emoticon-Kiss (S))
dan ketika mencapai adult umur 1 - 2 tahun harganya bisa mencapai 3 juta Rupiah bahkan lebih. ini yang female loh ya.. inilah poin plus dalam hobby Tarantula.

di Indonesia ada loh gan beberapa jenis Tarantula yang sangat terkenal & wajib para kolektor tarantula punya jenis ini. hehe
yang pertama
Spoiler for buka gan:

beberapa macam jenis tarantula yang tersebar di Dunia
Quote:


agan kegigit tarantula? atau penasaran jika tergigit dan penanganannya harus seperti apa? simak dibawah ini gan!!
pada dasarnya Tarantula Display Pet. hanya untuk dilihat dari balik kaca, mengagumi kecantikan & eksotisannya. tapi kalo anda suka tantangan ya silahkan menghandle dengan catatan. "resiko tanggung sendirihehe emoticon-Big Grin
Spoiler for buka gan:




Kunjungi Thread Ane Yang Lain:
Quote:
Diubah oleh diadalos 10-06-2014 23:08
0
22.4K
182
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.