• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • IniKah Para Pemain Berbakat Keturunan Belanda Yang Akan Dinaturalisasi?

TiganzAvatar border
TS
Tiganz
IniKah Para Pemain Berbakat Keturunan Belanda Yang Akan Dinaturalisasi?

PSSI pertama kali mempertimbangkan untuk menaturalisasi pemain sejak era kepemimpinan Nurdin Halid. Hal ini teinspirasi keberhasilan Singapura yang melakukan cara serupa.

Kala itu, semua sepakat naturalisasi bukan barang haram asalkan tidak dilakukan sembarangan. Pemain yang akan dinaturalisasi haruslah berbakat dan memiliki keturunan Indonesia atau memang sudah lama berkiprah di Indonesia.

Belanda, bekas penjajah dan salah satu negeri terdepan dalam sepak bola dunia, menjadi pilihan untuk menaturalisasi pemain karena banyak pemain sepakbola asal Belanda yang memiliki darah Indonesia. Hingga kini sudah banyak pemain asal Belanda yang berganti kewarganegaraan, seperti Sergio Van Dijk, Raphael Maitimo, Diego Michels, Johnny van Beukering, Ruben Wuarbanaran, hingga Stefano Lilipaly.


Selain nama-nama di atas, masih banyak talenta Belanda yang mungkin kita naturalisasi, mengingat mereka punya darah Indonesia di tubuhnya, seperti:

1. Ezra Walian

Ezra Walian, salah seorang mutiara di liga junior Belanda, punya keturunan Indonesia. Dirinya kini menjadi pemain di tim junior Ajax B1 dan mampu membawa timnya menjadi juara liga Eredivisie kategori U17.

Tidak hanya itu, Ezra juga mencetak gol paling banyak, dengan 28 gol, jauh di atas rekan setimnya, Nouri yang “hanya” mengoleksi 13 gol. Walaupun usianya belum genap 16 tahun, penampilan yang menawan dan tubuh bertinggi 180 cm membuatnya bermain di level yang lebih tinggi dari seharusnya.

2. Art van Peppen

Jika banyak yang beranggapan pemain naturalisasi tidak jauh beda dengan kualitas pemain lokal, maka ada satu pemain keturunan yang bisa dibanggakan. Art van Peppen, pemain yang akan bermain di Roda JC musim 2013/2014, bisa dibilang sebagai pemain keturunan Indonesia terbaik yang ada di Eredivisie
Kalau pemain lainnya bermain di kasta kedua atau ketiga, maka dirinya adalah salah satu pemain bertahan terbaik yang ada di liga Belanda. Van Peppen merupakan bek kiri sekaligus kapten RKC Walwijk. Dia bermain konsisten dan pernah terpilih sebagai salah satu pemain yang masuk sebelas pemain terbaik Eredivisie di bulan April 2013.

Van Peppen memiliki keturunan Indonesia dari neneknya. Meski sempat mengutarakan keinginan untuk membela Indonesia, ada satu syarat yang sulit dipenuhi: pindah kewarganegaraan. Ia tetap ingin memegang paspor Belanda, sementara hukum Indonesia tidak mengenal kewarganegaraan ganda (harus memilih salah satu).

3. Joey Suk
Joey Suk, gelandang yang berlaga di liga utama Belgia ini sudah lama hendak dinaturalisasi sejak Iman Arif masih mengurus BTN.

Proses itu tertunda lantaran PSSI mengalami pergantian ketua umum yang diikuti dengan penggantian seluruh fungsionaris dan kebijakan. Habil Marati yang kini membidani BTN, kembali mengontaknya dan tampaknya Joey Suk, yang kemungkinan akan kembali ke Go Ahead Eagles musim depan, tetap berminat bermain bagi Indonesia.

4. Tom Hiariej
Tom Hiariej, pria kelahiran 25 Juli 1988 yang memiliki darah Maluku. Gelandang bertahan yang juga bisa bermain sebagai bek ini pernah memperkuat timnas Belanda U17. Musim lalu, pemain FC Groningen ini dipinjamkan ke FC Emmen.

Sayangnya, kini dia sedang tidak punya klub setelah FC Groningen memutus kontraknya yang masih tersisa semusim lagi.

5. Cayfano Latupeirissa
Cayfano Latupeirissa, penyerang gesit NEC Nigmegen yang dipinjamkan ke Top Oss. Pemain kelahiran 28 April 1991 ini sudah pernah memperkuat timnas Belanda U16 dan U17.

Sayangnya dia belum bisa mengambil keputusan dalam waktu cepat karena faktor historis yang masih menjadi ganjalan di keluarga.

6. Mark van der Maarel
Salah satu nama yang juga ngetop di Belanda adalah, yaitu Mark Van der Maarel yang membawa klubnya, FC Utrecht meraih posisi kelima Eredivisie. Van der Maarel bahkan sempat dilirik oleh pelatih timnas Belanda kini, Louis Van Gaal namun dia masih kalah bersaing dengan pemain lain

Pelatihnya di FC Utrecht, Jan Wouters bahkan mengatakan kalau klubnya berpotensi kehilangan pemain berbakat ini pada jendela transfer musim panas ini karena banyak klub besar yang meminatinya.

7. Xander Houtkoop

Pemain yang cukup berbakat ini kini bermain di Go Ahead Eagles Deventer. Ia mempunyai postur yang tegap dan gerakan yang gesit.


Demikian trit ane , semoga bermanfaat...!!!

Spoiler for BONUS:



[




Diubah oleh Tiganz 07-06-2013 06:37
0
5.3K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.