Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hikmalibrAvatar border
TS
hikmalibr
Kerupuk Udang Sidoarjo Diburu Pembeli Jepang, India dan Afrika


Dalam pameran Food and Beverage Expo (Fabex) 2013 awal Desember 2013 lalu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengaku terkesan dengan sukses kerupuk udang Sidoarjo yang diminati pasar luar negeri. Kerupuk udang asal Sidoarjo ini diserbu 12 pembeli asal Jepang, India, dan Afrika. Bahkan, saat pameran berlangsung, salah satu buyer ada yang minta dikirim dua kontainer sekaligus.

Saiful Ilah mengatakan, pameran yang diikuti oleh Sidoarjo dan menggandeng PT Sekar Laut dan PT Surya Jaya (produsen kerupuk udang dan ikan serta mente) di Sidoarjo. Alhasil dapat mendongkrak potensi pasar kerupuk udang Sidoarjo. Pasalnya, dalam satu kali ajang pameran sudah langsung dapat langganan baru. "Ini menunjukkan produk khas Sidoarjo diakui oleh negara lain dan tidak bisa dipandang sebelah mata," tukas Abah Ipul.

Pameran yang diikuti Sidoarjo ini dalam rangka mendukung kerja sama sister province antara Pemprov Jatim dengan Pemerintah Perfektur Osaka, Jepang. Jumlah exhibitor pada pavilion Asia Food Show 2013 sebanyak 20 perusahaan dari 4 negara yakni Indonesia, Thailand, Korea dan Filipina.

Buyer menyukai produk kerupuk ikan dan kerupuk udang karena rasanya lebih enak karena memang kerupuknya dibuat dari udang. Sidoarjo sendiri adalah penghasil udang terbesar sehingga dijuluki Kota Udang. Kelebihan dari kerupuk udang Sidoarjo sendiri, yaitu saat digoreng mekar dan rasa udangnya terasa di lidah. Ini yang membuat pembeli tertarik.

Kepala Dinas Koperasi Perdagangan Sumber Daya Alam dan UMKM, Sidoarjo Fenny Apridawati, menuturkan, pembeli yang langsung memesan saat pameran adalah Tatsuya Bussan Co. Ltd. Global Vision Inc, Yamagataya Sato Chohachi-Shoji Co. Ltd, Best One Co. Ltd, Kanematsu Corp, Fuji Trading Co. Ltd, Taishin Co, Ltd. Global Shizuoka Co. Ltd, Kawaguchi Trading co, Marubeni Corp. Keita Pte Ltd. Dua negara yang sudah memesan adalah India dan Afrika.

Menurut mantan Kabag Perekonomian, selain dua perusahaan PT Sekar Laut dan PT Surya Jaya, pemkab juga terus membina home industri lokal yang juga sudah menembus ke beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Bunei Darussalam dan Laos. Bahkan produk kerupuk udang dari home industri juga sudah melengkapi seluruh wilayah Indonesia.

Sidoarjo sebenarnya juga terkenal dengan kerupuk ikan dan abon ikan yang kini banyak diproduksi Kedung Bocok, Kecamatan Tarik dan Sidoarjo Kota.

Kita Patut bangga jadi warga Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0
5.6K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.