Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kenapa pesawat tidak bisa "mundur" saat di darat (yg sering naik pesawat masup)

rolantoAvatar border
TS
rolanto
Kenapa pesawat tidak bisa "mundur" saat di darat (yg sering naik pesawat masup)
Salam Kaskuser,
Kali ini ane mau berbagi info mengenai alasan kenapa pesawat terbang selalu didorong oleh mobil khusus saat mundur di darat, kenapa gk mundur sendiri,,,kn pesawat punya mesin sendiri,,,jawaban yg gampang sih "karena pesawat tidak punya kaca spion" emoticon-Ngakak
Ok gan,,,gk usah lama2 basa basinya, nih ane ksh info yang sebenarnya :

Sewaktu di darat,pesawat bergerak dengan bantuan mesin yang sama yang digunakan untuk terbang, tidak ada penggerak khusus di roda seperti halnya mobil. Berarti untuk di darat pesawat hanya bisa maju. Untuk mundur pesawat terbang akan lebih mudah bila dibantu oleh mobil pendorong.(Towing Car).
Didalam mesin pesawat mempunyai gaya dorong maju disebut Thrust. Kalau berputar kebelakang namanya Thrust Reserve, gunanya untuk mengerem sesudah landing. Tetapi tidak bisa/tidak boleh untuk mundur. Ada beberapa pesawat yang bisa mundur dengan system Thrust Reverse, hanya penggunaannya dibatasi dan biasanya tidak dianjurkan. Karena hanya membuang-buang Avtur jika untuk memundurkan pesawat, lebih efektif dan efisien bila menggunakan mobil pendorong.
Salah satu contohnya pada pesawat dengan dengan engine rendah seperti B737, kalau system tersebut dipakai untuk mundur atau dengan kecepatan rendah, dapat meniup kotoran/batu masuk ke mesin. Dan akan merusak kinerja engine pesawat tersebut. Tetapi ada juga pesawat seperti Fokker F100 yang membolehkan mundur dengan Thrust Reverse tetapi dengan catatan keras, bahwa penggunan system tersebut untuk mundur terlalu sering akan berdampak mempengaruhi/mengurangi kekuatan bagian ekor pesawat tersebut ()mesin berada di bagian ekor pesawat).
Nah begono gan alasan utamanya knpa pesawat terbang tidak bisa mundur saat didarat,,,bukan karena gak ada kaca spion yah...emoticon-Ngakak

SUMBER
0
15.4K
67
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.