Kecelakaan di perlintasan kereta Pondok Betung, Bintaro, Jakarta Selatan pada Senin (9/12/2013) lalu membuat Pemprov DKI gerak cepat mengurangi perlintasan sebidang. Namun, di beberapa titik desainnya sangat aman seperti perlintasan kereta di kota dari 5 negara ini.
Lepas dari desain palang pintu yang berbeda-beda, rata-rata masalah yang dihadapi sama: perlintasan sebidang itu juga menimbulkan risiko kecelakaan dan kemacetan. Juga masih ada perlintasan liar yang tak dijaga hingga pengendara kendaraan bermotor dan pejalan kaki yang menerobos.
Berikut lima bentuk palang perlintasan di kota lima negara:
Spoiler for Sakai-Jepang:
Ini perlintasan kereta api di Sakai, Jepang saat detikcom berkunjung ke kota itu pada pekan kedua November 2013 lalu. Palang pintu menutup penuh. Kemudian di palang pintu itu terdapat batang-batang besi sepanjang 20 cm bergelantungan. Penyerobot diharapkan berpikir ulang bila menyerobot palang perlintasan itu.
Spoiler for 2. Tashkent-Uzbekistan:
Perlintasan kereta di Tashkent, Uzbekistan ini selain ada palang pintu perlintasan kereta, juga ada barikade otomatis setelah palang pintu. Barikade itu dari pelat besi yang bisa dibuka-tutup otomatis dengan sistem hidrolik. Barikade itu menutup jalan, bila ada kendaraan yang menerobos maka dia akan menabrak barikade itu.
Spoiler for 3. Hanoi-Vietnam:
Bentuk palang pintu perlintasan kereta di Hanoi, Vietnam, lebih ekstrem, seperti pagar bangunan yang bisa didorong untuk membuka-tutup. Tampak kemacetan saat palang pintu perlintasan ditutup.
Spoiler for 4. Lincolnshire-Inggris:
Di wilayah Lincolnshire ini, palang pintu kereta dilengkapi kerangka besi yang rapat seperti sisir. Tapi lihat, masih ada saja pejalan kaki yang menerobos ketika palang perlintasan ditutup.
Spoiler for 5. Aroor- India:
Dalam gambar ini, kedua pekerja ini sedang memasang palang pintu perlintasan kereta yang ada kerangka gerbang besi di bawahnya di Kota Aroor, Kerala, India pada September 2012 lalu, seperti dilansir New Indian Express.
Beberapa hari sebelumnya, 5 orang tewas ditabrak kereta karena menyeberang perlintasan yang memang tidak dijaga itu. Akhirnya, selain dipasang palang pintu, operator kereta api menempatkan 2 orang penjaga palang pintu yang dibagi dalam 2 shift.
TAMABAHAN (UPDATE)
Yang bikin Kendaraan Mogok di atas Rel KA
[/size]
Spoiler for 1:
Medan magnet terbentuk karena efek dari perubahan energi kimia dari bahan bakar menjadi energi gerak dan energi listrik yang berinteraksi dengan pergerakan roda kereta api. Seperti halnya kita membuat magnet dengan paku yang dililiti kabel tembaga, jadi magnet yang terbentuk tergolong elektromagnetik.
Spoiler for 2:
Mayoritas Roda KA dari baja berjenis ferritic, mempunyai medan magnet yang sangat kuat. Baja ferritic itu yang terbaik magnetnya dibanding jenis baja yang lainnya. ( hasil studi Dr Ir Djoko Sungkono MEng SC, salah satu Dosen Teknik Mesin Institut Teknologi Surabaya )
Spoiler for 3:
Karena perputaran roda yang sangat cepat dan tinggi itu, maka medan magnet akan maju lebih dahulu. Bisa mencapai 600 meter ke depan.
Spoiler for 4:
Cara Mengatasinya di setiap perlintasan KA harus dibuatkan ground yang menghubungkan rel dengan tanah setempat. Itu akan bisa menghilangkan medan magnet.
Spoiler for 5:
berdasarkan teori medan magnet, Kendaraan berbahan bakar bensin masih menggunakan Platina dan CDI. Jika terkena medan magnet maka pengapiannya akan terganggu sehingga mesin bisa mati, selain itu kekuatan accunya masih 12volt, . sedangkan kendaraan berbahan bakar solar berbeda, selain accunya sudah diatas 12volt juga tidak mengguakan Platina
Spoiler for S.A.R.A.N:
Sedikit tambahan, bagaimana agar bisa terhindar dari masalah di perlintasan kereta api ?
1. Biasakan berdoa sebelum berkendara. Patuhilah rambu-rambu lalu lintas. Tengok kanan kiri sebelum menyeberang perlintasan, terutama bila tanpa palang pintu.
2. Bila pandangan terhalang pohon atau bangunan, jangan sungkan untuk turun dari mobil memastikan keadaan benar-benar aman. Bila telah yakin aman, menyeberanglah tanpa ragu-ragu.
3. Bila mendadak mobil mogok di tengah rel, bersikaplah tenang dan jangan panik. Suruh semua penumpang (termasuk anda sendiri) keluar dari mobil.
4. Bila tidak tampak kereta datang, doronglah mobil keluar dari perlintasan. Baru kemudian anda nyalakan mesinnya kembali.Ingat, jangan pernah mencoba-coba menghidupkan mesin saat mobil berada di atas rel, itu sangat berbahaya!
5. Bila kereta sudah terlihat sementara mobil anda masih terjebak, segeralah menjauh. Nyawa anda jauh lebih berharga ketimbang mobil tersebut.
Spoiler for Jangan Kayak gini gan :
Spoiler for INI YANG BENER :
Spoiler for SKEMA Palang Pintu KA Indonesia:
UPDATE GAN 14 Des 2013
Spoiler for PT KAI Dukung Langkah Jokowi Tempatkan Satpol PP di Perlintasan KA :
Gubernur DKI Joko Widodo berencana akan menempatkan satpol PP atau petugas dinas perhubungan di setiap perlintasan kereta di Jakarta. Langkah ini pun di dukung penuh oleh PT KAI untuk memudahkan kerja petugas perlintasan kereta.
"Kami mengapresiasi langkah pak Jokowi membantu penjaga perlintasan kami yang terkadang dianggap tidak penting. Ini Sangat membantu kami," kata Kepala Humas PT KAI Sugeng Priyono saat berbincang, Jumat (13/12/2013) malam.
Sugeng mengapresiasi langkah yang diambil Jokowi sebagai langkah taktis sambil menunggu proyek fly over dan underpass perlintasan dikerjakan. Ia berharap langkah ini bukan hanya wacana yang dilontarkan namun secepatnya direalisasikan.
"Ini langkah konkrit membantu masyarakat untuk berkendaraan. Ini langkah nyata dalam rangka memberikan bantu jaminan keselamatan," ungkapnya.
Pasca kecelakaan KRL Serpong-Tanah Abang dan truk pengangkut BBM, pemprov DKI dan PT KAI melakukan komunikasi intens untuk mempercepat realisasi pembangunan perlintasan kereta yang tidak lagi sebidang seperti yang ada saat ini. Perlintasan ini akan dibuat menjadi perlintasan layang atau bawah tanah.
Setidaknya ada 4 dari 15 titik perlintasan yang akan dibangun pemprov DKI pada bulan tahun 2014. Perlintasan tersebut yakni Permata Hijau Jakarta Selatan, Pondok Betung (Bintaro) di Jakarta Selatan, Semanan (Kalideres) Jakarta Barat dan Tanjung Barat.
"Karena menurut saya ini sangat prioritas karena nikung. Beberapa titik sudah kita cek dan itu akan kita buat jadi super prioritas," kata Jokowi saat membahas pembangunan fly over-underpass bersama Dirut PT KAI Ignasius Jonan di atas kereta dari Palmerah-Pondok Ranji-Palmerah, Selasa (10/12).
Keempat titik tersebut dinilai super prioritas untuk dibangun karena volume kendaraan yang melewati cukup tinggi. Untuk pembangunan 15 perlintasan ini, pemprov DKI menganggarkan Rp 150 miliar.
Spoiler for PT KAI: Petugas Penjaga Palang Pintu Perlintasan Sering Disepelekan Warga :
Kecelakaan maut antara KRL KA 1131 jurusan Serpong-Tanah Abang dan truk tanki BBM membuka mata akan seringnya pengendara kendaraan menerobos palang pintu meskipun sirine.
sudah dibunyikan. PT KAI menyatakan petugas penjaga palang pintu perlintasan, sering disepelekan warga.
"Penjaga lintasan kami dianggap tidak penting. Kadang dianggap sepele oleh pengendara," kata Kepala Humas PT KAI Sugeng Priyono saat berbincang, Jumat (13/12/2013) malam.
Perilaku 'menyepelekan' ini, kata Sugeng, akhirnya menyebabkan kerugian bagi pengendara itu sendiri. Menurutnya, kecelakaan kerap terjadi karena pengendara tetap menerobos palang
pintu karena berpikir mampu melewati rangkaian rel sebelum kereta lewat.
"Faktanya kemarin waktu palang pintunya tidak sempurna nutup, itu dipermasalahkan padahal dibawahnya masih banyak orang (pengendara)," terangnya. Kecelakaan yang merenggut 7 nyawa ini seharusnya memberikan kesadaran pada masyarakat Jakarta secara permanen akan pentingnya berhenti saat palang pintu perlintasa sudah mulai menutup dan sinyal sudah dibunyikan.
Dalam Pasal 114 UU KA nomor 23 Tahun 2007 dipaparkan mengenai aturan tersebut.
Pasal 114
Pada perlintasan sebidang antara jalur kereta api dan Jalan, Pengemudi kendaraan wajib:
a. berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup, dan/ atau ada isyarat lain;
b. mendahulukan kereta api
c. memberikan hak utama kepada Kendaraan yang lebih dahulu melintasi rel.
"Kendaraan jalan wajib mendahulukan KA. Bahkan di dalam perundangan tersebut disebut secara jelas bahwa pintu perlintasan dibuat untuk mengamankan perjalanan KA bukan untuk
mengamankan perjalanan kendaraan jalan raya,"
Spoiler for Polisi Akan Terapkan Denda Rp 750 Ribu Bagi Penerobos Perlintasan KA :
Untuk menertibkan lalu lintas di pintu kereta api, polisi akan menerapkan denda maksimal bagi kendaraan penerobos perlintasan. Denda yang akan diterapkan lebih besar dari penerobos jalur bus TransJakarta.
"Denda maksimal Rp 750 ribu atau kurungan 3 bulan," kata Kasubdit Keamanan dan Keselamatan Polda Metro Jaya, AKBP Irvan Prawira di hotel Ibis Arcadia, Jl Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Jumat (13/12/2013).
Irvan mengatakan, pelanggaran perlintasan kereta api berbeda dengan pelanggaran stop line. Sehingga jumlah denda yang ditetapkan juga berbeda.
"Kalau stop line dendanya Rp 250 ribu. Kalau penerobos perlintasan sesuai UU 114 tentang lalin yakni Rp 750 ribu," tegasnya.
Irvan mengatakan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk membangun yellow box junction di setiap perlintasan. Nantinya box tersebut akan dijaga oleh polisi.
"Pemerintah sudah bilang mau bikin underpass dan fly over. Bagus sekali itu," tutupnya.
Demikian info yang ane dapat gan [URL="http://news.detik..com/read/2013/12/12/110445/2439738/10/6/melihat-bentuk-perlintasan-ka-di-5-negara9911012#bigpic"]DETIKCOM[/URL]
Jangan lupa Yang udah ISO ane berharap dapet ,jangan ditimpuk pake
terimakasssiiih
Diubah oleh andraDGB 14-12-2013 02:51
0
7.3K
Kutip
42
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!