v3lv3tAvatar border
TS
v3lv3t
Modus dan Info baru Penipu dari TokoBagus.com
Pertama mohon maaf mod apabila salah category thread nih, newbie disini pertama kali pake kaskus demi posting cerita newbie yang baru saja terjadi di malam Jumat tanggal 6 kemarin.

Jumat malam newbie sedang mencari Asus Google Nexus 7 wifi only 16gb ver 2013 yg baru di tokobagus.com; alhasil ketemulah yang buka harga 2.5 juta ngaku nya new in box dapat hadiah dari bank dan lengkap dengan foto. (nama seller ngakunya Rizki Ibrahim no hp: 082328827725 asal bogor). Newbie pikir boleh lah iseng tanya2 dulu.

Pas ngobrol ternyata dia tidak agresif bagaikan penipu lainnya, tanya jawabnya males2an gitu kaya ga niat jadi sales. ditanya harga bisa kurang atau tidak, jadi 2.4 plus ongkir (di amrik $200 jadi newbie pikir jangan dia dpt barang dari luar kali aslinya temen yg bawain trus mau jual karena ga niat pake atau apa). udah deal baru dia tanya alamat newbie. Trus newbie request kirim pake paket YES (sehari sampai untuk JNE)

newbie lgsg ngecek deh nama ini di inet sapa tau ada berita apa. trus juga cari foto yang dia upload di tokobagus apakah ada doublenya di website lain yg non indo atau kaskus. ternyata tidak ketemu, jadi berasa aman.
malam itu Jumat tgl 6 December 2013 newbie transfer 2.4 juta plus 20ribu untuk ongkir ke account Bank BRI atas nama Rizki Ibrahim acc# 6483 01 011147 532. Lalu rekonfirm dia sudah terima atau belum. Dia bilang sudah terima tapi karena sudah malam besok pagi baru dia kirim barangnya. Newbie bilang gpp.

Nah perangnya mulai di pagi hari nya Sabtu tgl 7 December 2013. Dia tidak ada kabar. Udah mulai pikir "wah alamat kena tipu nih." ternyata dia masih sempet bales jam 11 siang bilang "sorry lagi kerja, belum sempat kirim. hari ini pasti kirim" lalu biar ga repot add bbm masing-masing.

sampai jam 4 sore mulai newbie panik lagi, dicariin susah dan belum ada kabar. Tiba-tiba ada message dari dia bilang "udah di tempat kirim barang nih, tapi di persulit, ternyata barangnya BM jadi kena cukai ama tempat kirim barangnya. tolong dibayar dulu sebesar 723ribu" newbie lgsg pusing, bilang ke dia dealnya 2.4, mana ngerti soal cukai. dia jawab agak ga enak gitu "ini udah barangnya mas, jadi mas yg harus bayar cukai donk" Dalam hati newbie juga mikir mana ada cukai dari Bogor ke Jkt?!?! ketauan boong banget. newbie pikir jangan dia kena ilham atau apa sadar jual nexus 2.4 kemurahaan jadi dinaikin ama dia. Newbie lgsg suruh dia tombokin dulu 700ribu, kasih no resi ntar baru saya ganti sebagai bukti barangnya beneran ada. Dia ok ok.

Malam jam 7 di hari yang sama, dia bales lagi bilang udah mas, nih mau kirim resinya. si kurang ajar satu ini ternyata kirim foto resinya sebelah kiri doank yang ada alamat pengirim dan penerima aja. sisi sebelah kanan ga dikasih liat. Lgsg newbie tanya donk, mana sebelah kanannya? malah di jawab ama dia "balikin uang saya dulu baru saya kasih no resi"
Newbie jadi emosi, no resi justru bukti keras barangnya ada atau tidak. ini kan sama aja udah disandera 2.4 juta, trus ditodong 700 untuk no resi kan jelas ga bener banget. Ribut di bbm panjang lebar bilangin ini ga masuk akal. minta no resi biar bisa di cek status barangnya asli atau tidak oleh pihak JNE. malah disandera dia bilang "dimana2 belanja online bayar dulu baru kasih no resi" makin emosi, ini namanya bukan bayar lagi, ini udah disandera 2.4 trus ditodong 700.

Ribut semaleman saya bilang kalau gitu ya udah saya tunggu barangnya aja besok, pake paket YES kan sampe besok. pikir newbie tunggu aja barangnya.

Hari Minggu nya dia ngejar2 newbie nge ping2 di bbm trus2an paginya. Newbie bete tapi kayanya berasa sedikit terhibur juga "jangan2 barangnya beneran ada dan kekirim trus dia panik" newbie bilang lagi ga ada no resi ya terpaksa newbie tunggu ampe barang datang abis itu newbie bayar. sampe bersumpah2 segala. Newbie bilang "saya tunggu aja barangnya, barang ga datang saya laporkan ke yg berkewajiban" Eh malah dijawab ama dia "terserah mas deh, saya ngomong apa adanya, ga ada no resi mas ga bakal terima barangnya. barangnya ada di kantor JNE, mas harus pegi ambil sendiri dan ga ada no resi mas ga bakal bisa ambil tuh barang" trus dia juga kasih foto KTP dia ke newbie bilang mau lapor silahkan lapor aja.

padahal di foto resi ada tuh alamat newbie, lgsg newbie tlp JNE langsung tanya apakah bisa pihak pengirim request seperti itu minta penerima yang jemput sendiri barangnya? Pihak JNE jawab bisa. Lgsg makin pusing newbie.
Terus newbie cerita ke pihak JNE soal situasi newbie; untungnya pihak JNE bilang untuk kirim aja foto resi itu biar di periksa oleh JNE lgsg.
lgsg Newbie kirim foto resinya ke JNE trus bilang ke dia pura2 "Ok, sudah dipikirkan baik2, besok pagi saya transfer deh, ga bisa malam ini, ada acara keluarga yang harus dihadiri" (beneran ada kondangan). Dalam 2 jam sekitar pukul 19:00 (JNE emoticon-Jempol) dibales ama JNE bilang "kode kota asalnya salah, bogor harusnya BOO bukan BGO"
wah lgsg pusing, trus email lagi ke JNE tanya BGO itu mana berarti ya? apakah ini artinya resi ini palsu? dan ga dijawab oleh JNE malam itu.

Pagi hari Senin tgl 9 Dec 2013 newbie foward lagi emailnya biar bisa di bales JNE secepetnya, dan dibales lagi oleh JNE (kurang dari 1 jam) bilang BGO itu bukan Bogor dan dapat kami informasikan cukai untuk Bogor tidak ada; itu hanya ada untuk pengiriman DARI Batam"
trus newbie pelototin deh tuh resi.bener ditulis BGO di kode kota asal nya dan setelah diperhatiin masih banyak yang keliatan seperti hasil photoshop dimana2.

Lgsg lanjut deh ribut di bbm ronde 2 bilang dia punya resi palsu. trus dia malah berlaga dia itu asli, barang udah dikirim; tiap kali disuruh balikin duitnya dia bilang "trus barang saya? udah ga ada kok, enak aja minta uang balik" trus dia berlaga korban penipuan dari newbie yang katanya janji akan bayar 700ribu itu begitu ada resi. Kurang ajar banget ga sih nih org?? berlaga korban abis telan 2.4 juta. sampai akhir dia berlaga marah2 kena tipu 700ribu terus delcon bbm nya newbie. Berakting sampai titik darah penghabisan. Sepertinya dia bermain trik psikologis supaya newbie kira jangan2 dia asli nih bisa ampe marah kaya gitu.

Lalu agan tanya om Google deh gimana caranya cek KTP palsu; Terima kasih ke Kompasiana yang memberi ilmu ke newbie; bisa cek NIK di http://data.kpu.go.id/dpt.php dan keluar NIK tersebut punya orang lain atas nama "Arif Burhanudin asal purwokerto banyumas. tinggal pertanyaannya Arif ini korban atau pelaku? tapi kayanya sih korban penculikan identitas sih.
foto ktp si penipu sudah newbie post juga dibawah


KTP boleh palsu, cuman pin BBM kalau mau ganti harus beli hp baru (ga tau deh buat yg versi android ios) tapi ya kenapa tidak. ini Pin BBMnya yg musti anda hindari: 74F0C12E

Cerita ini newbie share aja di Kaskus supaya tidak ada korban lebih lanjut dari orang ini. Dan newbie mau share beberapa ilmu yang newbie dapatkan:

1. Resi dan KTP bisa diphotoshop lalu sengaja di buat blur di foto supaya klo kirim via bbm ga kliatan palsunya. Saran Newbie kalau udah dikirim lgsg di upload di komputer dan di cek dengan KTP agan2 untuk liat persamaan dan perbedaan. Sama halnya dengan resi JNE, kalau emang palsu, begitu newbie cek dengan resi JNE yg asli pasti kliatan bedanya dimana2. (Mohon maaf newbie ga bisa upload foto Resi nya karena ada data newbie disitu dan newbie kurang ngerti photoshop atau edit foto)

2. Newbie ngobrol2 ama temen baru tau juga beberapa bank di indonesia sudah mulai mempersulit pembuatan akun bank baru disebabkan oleh hal2 seperti ini. Jadi pembuatan akun baru bank tertentu harus disertakan KK asli dan dokumen2 lain.
Bank yang skrg susah bikin akun baru adalah BCA dan Mandiri
source BCA: ribetnya bikin akun BCA
source Mandiri: ribetnya bikin akun Mandiri
Nah bank-bank lain yang masih bisa dibuka mengandalkan KTP doank ini yang sangat berbahaya dan jadi inceran penipu online. Kemungkinan BRI saat ini masih boleh menggunakan KTP saja. Jadi kalau ada yang minta transfer ke BRI tolong-tolong extra hati2.

3. NIK bisa di cek di http://data.kpu.go.id/dpt.php tapi hati2 jangan sembarangan pos foto ktp anda, bisa jadi identitas anda dicuri. Tapi andaikan saja situasi nego nya berujung dengan pameran ktp masing-masing, website ini bisa membantu.

4. Newbie mungkin ketinggalan jaman ya, tapi untuk yang ga tau atau kurang yakin tadinya newbie mau ingetkan lagi: Rekber very recommended kalau sudah berurusan dengan jumlah uang yang besar.
Website shopping yang menyediakan rekber adalah: Bukalapak dan Tokopedia.

5. Amit-amit jangan sampai senasib dengan newbie, cuman kalau sudah terjadi, plis newbie minta tolong, segera hubungi bank si penipu dan request untuk menutup akun dia. Newbie saat ini sudah menghubungi bank BRI via email karena banyaknya data yg newbie kirim untuk request penutupan akun penipu satu ini (dengan harapan juga kalau bisa dikembalikan duitnya emoticon-Matabelo amin....) supaya ga ada korban lain di kemudian harinya.

Sekian aja gan,
Semoga bisa membantu dan mohon maaf kalau post nya kepanjangan emoticon-Sorry

UPDATE: nama dan nomor rekening BRI pelaku sudah masuk dan di post di Bankhitam.com
Diubah oleh v3lv3t 13-12-2013 08:07
0
7.1K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.