Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KIDRoachAvatar border
TS
KIDRoach
NPWP & Perusahaan Baru
Saya mau tanya masalah pajak dan kurang mengerti sebaiknya posting di mana...

Saya baru pulang dari luar negeri sekitar 6 bulan yang lalu dan belum mempunyai NPWP. Ketika di luar negeri, saya membayar pajak penghasilan "income tax" kepada negara dimana saya tingga dengan rate yang sama seperti warga negara tersebut.

Sekitar 3 bulang yang lalu, saya mulai bekerja dengan teman ayah saya. Anggaplah saya menerima 10 juta yang tiap bulan di transfer ke rekening saya. Berhubung saya tidak resmi karyawan teman ayah saya, saya tidak tahu apakah uang ini sudah dipajak atau belum.

Pertanyaan saya:

  1. Apakah perlu saya bikin NPWP sendiri ?
  2. Apa keuntungan dan kerugian mempunyai NPWP ? Dari yang saya baca, mempunyai NPWP itu banyak untung nya seperti mempunyai PPh yang lebih kecil. Di sisi lain, mempunyai NPWP berarti saya harus melaporkan pajak setiap tahun (atau setiap bulan ? saya kurang mengerti - ada yang bilang tiap tahun dan ada yang bilang tiap bulan)
  3. Berhubung saya kurang mengerti keadaan pembukuan / perpajakan
  4. Saya berencana membuka perusahaan sendiri di masa depan. Sebisa mungkin, perusahaan saya di masa depan memenuhi ketentuan pajak dengan sepenuh nya. Tetapi, berhubung perusahaan sekarang tidak jelas masalah pajak nya, apakah saya bisa dituntut oleh orang pajak mengenai masalah ini di masa depan ?

0
1.7K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.2KThread6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.