Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rineyAvatar border
TS
riney
Pesona Taman Sari Water Castle Yogyakarta


Masih seputar jogja ku yang istimewa emoticon-Cool .. kali ini ane mau share tentang Taman Sari Water Castle Yogyakarta

Langsung ke tekapeh aja gan.. mariii..emoticon-Traveller

TAMAN SARI "WATER CASTLE" YOGYAKARTA



Taman Sari Water Castle adalah salah satu obyek wisata sejarah di Yogyakarta yang sangat terkenal dan sangat banyak dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Bentuk arsitekturnya yang sangat unik membuat situs sejarah yang juga disebut sebagai Istana Air Taman Sari Jogja Yogyakarta ini juga menjadi cagar budaya di Yogyakarta. emoticon-Matabelo

Alamat: Jl. Taman, Kraton, Yogyakarta 55133, Indonesia
Koordinat GPS: S7 48 36.4 E110 21 34.2
Tiket masuk : Rp 4000,00 ( murah gan )

Taman Sari Jogja Yogyakarta dibangun pada masa pemerintaha Sultan Hamengku Buwono I, antara tahun 1758 sampai dengan tahun 1765. Istana Air Taman Sari Yogyakarta dibangun dengan luas keseluruhan sekitar 10 hektar berupa 57 bangunan berupa taman, kamar, kolam pemandian, danau buatan, pulau terapung, tempat ibadah, jembatan gantung, kanal air, dan juga lorong bawah tanah. Taman Sari Jogja diyakini berdiri diatas Pesanggrahan Garjitawati yang konon adalah merupakan istana lama Keraton Yogyakarta.

Bangunan Taman Sari Jogja Yogyakarta
1. Pulo Kenongo
Pulo kenongo merupakan sebuah pulau buatan yang dilengkapi dengan bangunan berupa gedung yang memiliki 2 tingkat yang sering disebut sebagai “Gedung Kenongo”. Gedung ini memiliki beberapa ruangan, dan dari ruangan yang paling atas kita bisa melihat seluruh wilayah Keraton Yogyakarta. Sehingga bangunan menara ini juga bisa berfungsi sebagai menara pengawas. Dan karena dikelilingi oleh danau buatan, maka bangunan ini seakan mengapung di atas air.emoticon-Matabelo , tapi air nya dah ga da gan.

lorong2 bwah tanah nya gan..emoticon-Takut

pintu keluar lorongnya..


2. Pulo Cemethi
Pulo Cemethi yang juga disebut sebagai “Pulo Panembung” ini berupa bangunan besar dengan dua lantai. Di tempat inilah konon Sultan sering bermeditasi. tapi sayang gan bangunannya pada dicoret coret emoticon-Sorry , udah gak utuh juga.. emoticon-Sorry



temen ane yg narsis emoticon-Ngakak


3. Sumur Gumuling
Sumur Gumuling terletak tepat di sebelah barat Pulo Kenongo, dan pada jaman dahulu untuk mencapainya hanya bisa melalui sebuah terowongan bawah tanah. Sumur Gumuling ini berfungsi sebagai tempat ibadah Sultan.
Bangunan ini mempunyai dua lantai berbentuk bundar seperti sumur raksasa, yang dilengkapi dengan ceruk untuk beribadah. Bagian tengah sumur adalah ruangan kosong, dan terdapat 4 buah undak-undakan kecil yang bertemu di tengah. Dan di bagian tengah pertemuan empat undakan itu terdapat sebuah undakan lagi yang menuju ke lantai dua.
nah biasanya dipake buat prewedding , pernah buat video klipnya sheila on 7 klo ga salah..

ini lorong2nya gan... lantai 2

ini lorong lantai 1 gan , konon katanya bisa nyampe pantai parangtritis.. tp udah ditutup..jadi buntu


4. Gedhong Gapura Hageng
Gedhong Gapura Hageng merupakan pintu gerbang utama Taman Sari Jogja Yogyakarta yang ada di ujung sebelah barat. Ini karena pada awalnya Istana Air Taman Sari ini menghadap ke barat.


5. Umbul Binangun atau Umbul Pasiraman
Umbul Pasiraman adalah sebuah taman pemandian bagi raja beserta keluarganya. Umbul Binangun ini cukup besar dengan du buah pintu gerbang di sisi barat dan timur. Umbul Pasiraman terdiri dari 3 buah kolam pemandian yang diberi nama “Umbul Muncar”, “Blumbang Kuras”, dan “Umbul Binangun”. Ketiga kolam dihiasi dengan air mancur berbentuk jamur. Di sekeliling kolam terdapat beberapa hiasan berupa pot-pot bunga besar. Umbul Binangun khusus dipakai oleh raja beserta istrinya.

Konon Umbul Pasiraman ini adalah kolam pemandian yang khusus hanya digunakan oleh raja dan para wanita yaitu isteri, selir, dan anak-anak perempuan. Dan konon semua wanita yang akan berenang di sini diharuskan bertelanjang, oleh sebab itulah maka di tempat ini para lelaki dilarang masuk. emoticon-Malu


6. Gedhong Sekawan
Gedhong Sekawan berada di sebelah timur Umbul Pasiraman, berupa sebuah halaman dengan empat buah bangunan yang dahulunya digunakan untuk beristirahat sang raja. emoticon-Matabelo


7. Gedhong Gapuro Panggung
Gedhong Gapuro Panggung ini adalah bangunan gapura seperti Gedhong Gapuro Hageng, berada di sebelah timur Gedhong Sekawan. Gedhong Gapuro Panggung ini sekarang digunakan sebagai pintu masuk bagi para wisatawan. Bangunan ini berupa gapura dengan dua tingkat yang juga dihiasi dengan relief ular yang menggambarkan tahun saat dibangunnya Taman Sari Jogja yaitu tahun 1758.


8. Gedhong Temanten
Gedhong Temanten terletak di sebelah timur Gedhong Gapuro Panggang, dan konon berfungsi sebagai tempat penjagaan


Itulah beberapa bangunan yang ada di Taman Sari Jogja Yogyakarta yang diantaranya masih bertahan sampai dengan saat ini.
dan semoga anak cucu kita besok masih bisa lihat bangunannya... emoticon-Kiss
Taman sari biasanya dipake buat prewedding ..bisa buat referensi gan.. hehe emoticon-Ngakak

kaskuser yang baik selalu ninggalin komeng... emoticon-Kissemoticon-Kiss
Diubah oleh riney 09-12-2013 04:07
0
7K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.