Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dodolicopAvatar border
TS
dodolicop
#Tips Mendaki Gunung Agar Tetap Cantik (Untuk Perempuan) #
Kali ini saya ingin membagi tips mendaki gunung untuk kaum hawa emoticon-Big Grin , seiring meningkatnya minat perempuan untuk mendaki gunung. Yang buat postingan ini masih tahap pendaki pemula, emoticon-Malu (S)

1. Sebulan sebelum melakukan pendakian gunung, hal yang terpenting dilakukan adalah OLAHRAGA!! Ingat, mendaki gunung bukan cuma jalan kaki, tapi mendaki dengan barang bawaan carrier yang cukup berat. Olahraga yang cocok adalah jogging, push-up, sit-up, back-up, pull-up dan renang untuk latihan pernapasan.

2. Coba lihat tanggal pendakian kamu, apakah bertepatan ketika kamu sedang kedatangan "tamu". Kalau bertepatan, saya anjurkan tidak usah mendaki dulu. Tapi kalau merasa kuat, ya silahkan. Asal tahu cara membersihkannya dan menyimpan dengan baik di dalam carrier. Akan saya ceritakan di bawah nanti ya.

Tips berikutnya adalah Barang Bawaan WAJIB :
1. Carrier
2. Pakaian Atas / Baju Jalan
3. Celana Jalan
4. Sleeping Bag
5. Pakaian Tidur
6. Sepatu Trekking
7. Gaiter
8. Tenda / Flysheet
9. Kompor & Trangia
10. Sandal Gunung
11. Jaket Windbreaker
12. Sarung Tangan
13. Headlamp
14. Peta, Kompas & Peluit
15. Kantong Sampah / Trash Bag
16. Matras
17. Obat-obatan Pribadi
18. Jas Hujan

#Tips Bawaan Khusus Perempuan :
Nah, untuk barang-barang di bawah ini, khusus untuk perempuan saja karena dijamin para lelaki tidak mau membawa ini. Barang apa saja ya?

1. Tissue Basah
Di gunung, kita tidak bisa mandi tetapi wajib bebersih diri, khususnya ketika mau tidur. Saya pribadi sudah terbiasa untuk mandi sebelum tidur. Tapi kalau di gunung, saya cukup membawa tissue basah yang isi 50 sheets untuk perjalanan 2-3 hari. Waktu perjalanan ke Gunung Masurai tahun lalu, saya bawa 10 pack tissue basah karena enggak mandi sampai 12 hari. Hahaha. Jadi, sebelum tidur, saya melap seluruh badan dengan tissue basah baru berganti pakaian tidur. Enak deh tidurnya. Wangi dan bersih.

2. Deodorant
Saya paling engak tahan sama bau badan. Padahal ketika mendaki gunung, badan kita penuh keringat dan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Jadi, solusinya adalah deodorant! Bawa deodoran ukuran kecil saja dan dipakai di pagi hari sebelum memulai kegiatan. Jadi walau berkeringat, kita enggak bau

3. Pembalut
Nah, ini nih amunisi wajib perempuan ketika sedang kedatangan "tamu". Ketika kita harus mendaki tetapi lagi "dapet" jangan lupa untuk membawa banyak kantong plastik kecil dan pembalut. Saya biasanya mengganti pembalut 4 jam sekali. Pembalut bekasnya saya masukkan ke kantong plastik kecil, lalu saya masukkan ke kantong plastik besar. Kantong itu juga tidak saya campur dengan barang bawaan di dalam carrier tetapi saya masukkan ke kantong kiri dan kanan carrier. Jadi, jangan coba-coba meninggalkan pembalut bekas di hutan ya. Nanti.......... (bergidik sendiri)

4. Sunblock
Walaupun gunung itu suhunya rendah, tapi sinar UV nya lebih kuat dibandingkan di kota. Jadi, semakin tinggi suatu tempat, resiko kulit terbakar juga semakin besar. Jadi saya selalu membawa sunblock agar kulit saya tidak terbakar. Saya sendiri memakai sunblock "Skin Aqua SPF 50". Kulit sih menghitam, tapi tidak perih terbakar. Itu yang penting. Skin Aqua ini juga aman dipakai di muka dan tidak lengket seperti sunblock merk lain. Jadi promosi ya. Hehehehe.

5. Buff / slayer
Buff atau slayer ini selain untuk menghangatkan leher, bisa jadi bandana gaya. Siapa bilang naik gunung gak boleh bergaya cantik? x)

6. Topi
Kalau mukanya mau lebih terlindungi lagi ya pakai topi biar enak.

7. Baju Gaya
Hahaha, apaan nih baju gaya? Baju gaya iut ya baju bersih yang memang kita siapkan untuk foto-foto di puncak. Kan gak asik kalau fotonya pakai baju kumal. Hehehehehe. Tapi bukan pakai dress ya x)

8. Handuk Kecil, Shampoo, Sabun, Pencuci Muka, Sikat dan Pasta Gigi
Bawalah tas kecil yang berisi barang-barang toilettries diatas. Tapi bukan untuk dipakai ketika bertemu sungai atau danau di gunung. Karena itu adalah bahan-bahan kimia. Bayangin kalau kita mandi di mata air dengan sabun dan shampoo, nanti airnya jadi terkontaminasi. Padahal di bawah ada masyarakat yang akan menggunakan air bersih itu. Jadi, lebih baik mandi ketika sudah tiba di desa setelah selsai pendakian. Sehabis mandi pakailah baju bersih yang sudah disiapkan dari rumah. Untuk tips yang ini sih kalau pendakian berhari-hari ya. Kalau cuma 1 hari sih enggak usah dibawa


emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)
ya itu beberapa barang yg wajib ente bawa buat ke gunung pas ama pacar ente emoticon-Kiss (S)
0
3.4K
38
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.