Nah gan, ini bukan repost ya.... damai kita (monggo di search)
OPTIMALISASI KEYWORDS SEBUAH WEBSITE
Kalaulah ada sebuah konsep yang menumbuhkan kecepatan perkembangan internet maka pasti itu adalah penerapan
dari Keywords. Keywords adalah apa2 saja yg kita ketik ketika mencari sebuah produk, jasa, dan jawaban
melalui search engine, dan ini ialah yg dilakukan oleh seluruh pengguna internet di seluruh dunia
bahkan orang amrik aja udah berpa kali mencari via search engine? ternyata sudah 15.5milyar kali (riset april 2010) dari ComScore, sebuah perusahaan yg mengadakan penelitian web.
Perusahaan yang mengoptimalisasikan website mereka dengan cara menempatkan keywords yang tepat pada halaman-halaman situs merka akan memberikan dampak positif yg luar biasa. Malahan pemilihan keywords ini juga disebut sebagai hal yg fundamental dalam pencapaian kesuksesan PPC campaign. (ttg ppc campaign dibahas nanti). Dan dengan penyesuaian keywords yang tepat pula akan memberikan dampak positif pada Page Ranking sebuah situs itu tersendiri.
Tetapi di dalam pembahasan SEO bukan cuma keywords yg perlu diperhatikan. APakah sebuah marketing campaign dalam perusahaan itu paling pokok? Apakah client kita suka terhadap produk yg kita miliki karena cepatnya pelayanan penyediaan atau karena ketahanan lamanya? Apakah karena murahnya / mahalnya? Apakah ide yg kita sediakan amat berguna? Kalau kita sendiri tidak bisa mengidentifikasi apa keywords yg paling penting dari sebuah perusahaan kita ini, maka amat diragukan bahwa kita bisa menaikkan pemasaran produk / jasa yg kita ingin lemparkan ke pasar.
Anyway, kali ini kita akan memberikan beberapa 5 ide segar tentang pemilihan Keywords dalam Online Marketing.
Quote:
Original Posted By Tips-1
MEMILIH KEYWORDS: FOKUS TERHADAP KALIMAT POSITIF
Ketika kita membahas tentang Search Engine Marketing, maka tidak mungkin tidak, dan hanya satu saja jawabannya, pasti keywords. Menurut hemat saya, harus ada perpindahan istilah dari sebuah perkataan keyphrase, tetapi saat ini, sy akan coba menggunakan istilah yg rasa-rasanya ngga pas tersebut. Padahal dalam penggunaan kata tersebut, amat jarang digunakan ketika kita melakukan penelitian dan juga pemilihan dalam PPC dan SEO sebuah campaign.
Bahkan tidak menutup kemungkinan, kebanyakan orang pun memilih keywords yg paling dasar sekali. Padahal jika anda ingin memlih keywords yg tepat, pertanyaan ini yg seharusnya anda jawab... "Produk / jasa apa yg anda jual / sediakan?" Kalau anda menjual makanan kucing secara online, maka perkataan kucing dan makanan itu saja memiliki kualitas terendah dalam pengunaan keywordsnya, karena satu kata 'kucing' saja / 'makanan' saja tidak menjelaskan sama sekali apa yg anda jual saat ini. Kurang lengkap maksud saya. Maka dari kasus seperti ini, banyak pilihan lain yg anda harus jadikan sebagai perluasan dari keywords yg anda tetapkan.
Quote:
Original Posted By Tips-2
MEMILIH KEYWORDS UNTUK SEO: MEMILIH KEYWORDS YG TEPAT
Sekarang coba anda perhatikan, ketika sebuah akar kata sebuah keywords yg telat anda tetapkan itu menjelaskan apa yg anda sedang sediakan saat ini. Sebutlah, sya sekarang memiliki toko online yg menjual perhiasan dan semua perhiasan sy tampilkan disana. Untuk menjadikan 'perhiasan' ini sebagai top rangking, maka tiap kali marketing search engine yg saya gunakan haruslah yg menaikkan pencarian kata tersebut. Tetapi hal itu saja belum tentu memberikan impak yg relevant terhadap situs yg saya miliki saat ini. Karena bisa jadi, dari sisi SEO bisa jadi sy kurang memiliki rangking tertinggi, kecuali situs sy ini cukup besar kontennya, dan memiliki nama yg simple, sperti 'perhiasan.com' maka Google akan langsung Tret! Mengena ke alamat situs saya langsoug!
Tetapi untuk kasus yg kali ini, maka keywords yg tepat menuntut sy untuk menggunakan perkataan yg lebih spesifik lagi, seperti, 'perhiasan emas', 'necMace perak', atau 'Rolex jam tangan wanita', dsb. Tidak hanya kompetisi dari berbagai istilah ini yg kurang dalam jumlahnya, tetapi juga dari sisi SEO dan PPC, istilah-istilah keywords yg digunakan barusan itu dapat memberikan nilai perkalian yg menguntungkan untuk sebuah situs sya nantinya.
Kadang kalau hanya mengandalkan sebuah akar kata saja, maka inilah yg disebut sebagai 'pengunaan keywords yg kurang tepat' / 'keywords yg sia2 terpilih'. Karena kalau anda perhatikan sekali saja anda membuat riset keywords mana sih yg muncul terbaik di search engine, maka anda akan temui cakupan keywords yg muncul dengan ranking tertinggi dengan susunan tertentu dari kata-kata yg digunakan sebagai keywords, bukan hanya sebuah akar kata.
Quote:
Original Posted By Tips-3
MEMILIH KEYWORDS UNTUK SEO: MENGGUNAKAN GOOGLE
Menurut hemat saya, salah satu rahasia dari setiap search engine adalah penggunaan Google. kira2 setahun yg lalu, Google sudah dikenal sebagai alat yg dapat diakses oleh siapa saja untuk digunakan sebagai media penelitian pemilihan keywords apa saja yg muncul dikeumumannya.
Apa yg akan anda jumpai saat ini adalah representasi visual dari cara yg dibuat oleh Google Group untuk menggunakan keywords sebagai media pencarian alamat situs. Bahkan secara tidak langsung, anda pun bisa menarika kesimpulan bagaimana sih user itu menentukan sebuah kata pada saat pencarian (searching). Karena inilah yg dijadikan sbagai basis dari penelitian keywords untuk PPC dan SEOnya.
Coba kita mulai dari istilah 'makanan kucing', maka istilah yg lebih spesifik dari keywords ini yg mungkin muncul adalah, 'review makanan kucing', 'perbandingan makanan kucing', dan juga 'merek makanan kucing'. Dari sini kita bisa fokus ke keywords mana yg kita ingin jadikan sebagai titik fokus kita. Bahkan ketika kita memilih 'merek makanan kucing' saja misalnya, maka search engine akan melebarkan lagi keywords tersebut ke cabang yg lain, seperti, 'nutro makanan kucing', atau 'Purina makanan kucing' dan sbagainya dan sbagainya....
Di kantor saat ini sy bekerja, kami pun menggunakan alat ini untuk membentuk strategi yg tepat dalam pemilihan ini. Dari perkataan 'makanan kucing' saja misalnya, kita bisa lihat perbandingan, lalu rating, juga reviewnya dari setiap kemunculan yg nampak dari search engine yg mana dalam hal ini menunjukkan bahwa orang2 ramai yg sedang menggunakan kata2 tersebut dalam pencarian (search engine) amat memiliki variasi dalam perkataannya yg lebih spesifik. Jadi gunakan hal tersebut sebagai alat bantu terhadap client anda dalam memilih 'makanan kucing' yg mana yg sesuai pada situs kita kedepannya.
Quote:
Original Posted By Tips-4
MEMILIH KEYWORDS UNTUK SEO: PENGULANGAN
Yang sampai saat ini kita sering dengar adalah, untungnya atau ruginya apabila kita menggunakan keywords yg muncul berulang2. Sebenarnya, penggunaan keywords yg berulang ini baik2 saja, asalkan makna dari sebuah kalimat tersebut masihlah beragam. Contoh, 'makanan kucing' dan 'makanan kucing online' itu mirip lho! dan isi dari artikel / halaman yg muncul bisa jadi sama. Tetapi, 'review makanan kucing', dan 'perbandingan makanan kucing' bisa jadi berbeda pada outputnya. Maka hati2 saat anda menentukan keywords yg akan anda munculkan berulang ini. Maknanya harus kena dan setidaknya sama dulu!
Hal yg tidak kalah pentingnya juga, kalau memang tidak ada halaman yg membahas tentang perbandingan makanan kucing disitus sya. Maka jgan sekali-kali menuliskan keywords 'perbandingan' pada situs sya. Karena bisa jadi sy mengarahkan client ke arah yg tidak tepat. Apa untungnya kalau client datang banyak tetapi tidak menemukan apa yg client cari disitus sya? Maka efisiennya, apa yg sya harus lakukan adalah harus ada halaman perbandingan tersendiri, halama review tersendiri, dan juga halaman rangking ttg makanan tadi tersendiri. Dengan begitu, setiap bagian yg berbeda ini akan mengacu kepada situs sya yg telah diset sesuai dengan masing-masing keywords nya. NGga numpuk di satu halaman semua padahal ngga lengkep bahasan pada halaman tersebut.
Quote:
Original Posted By Tips-5
MEMILIH KEYWORDS UNTUK SEO: MENGARAHKAN STRATEGI KONTEN ARTIKEL
Maka penggunaan keywords ini adalah strategi konten yg paling utama, para mba-mba teteh-teteh dan akang-akang sekalian. Dan sudah berkali2 kita bahas pada bagian seblumnya bahwa hal ini sangat penting!
Jadi kalaulah kita menyusun sebuah artikel, ingat keywords, kalau kita membuat situs, website, ingat keywords, lalu gunakan marketing campaign dengan strategi yg tpat buat menggiring user ke alamat situs kita. Dan pendekatan tersbut memiliki batas lho! Ngga unlimited! Lalu kerja yg teknisnya kapan klo penelitian mulu? (canda).
Kalau kita menyusun strategi promosi sejenis hal tadi, maka harus ada proses yg berulang dan berputar, karena keywords yg kita tentukan harus mencirikan bahwa itulah yg client kita cari, dan itulah apa yg Google munculkan disaat client mencari di search engine.
Jadi gunakan ilmu ini dengan strategi yg tepat, dan keywords yg tpat, sehingga bisa membawa jumlah kunjungan yg besar, dan juga ROI (return of investment) yg besar pula dari usaha marketing online kita.
Silahkan gunakan Google Keywords Tool, lalu gunakan pula WordTracker kalo punya duit lebih. Atau bahkan sewa tim handal yg dapat menggunakan optimalisasi SEO untuk situs anda.
Sekian dari saya, kita sambung lagi kapan-kapaaaan... heee. Peace.
Disponsori oleh Catatan Pelatihan SEO dan Optimalisasi dari
FGroupindonesia.com >>>
Quote:
Original Posted By Bonus
Sebagai bonus nih agan: sy kasih Keywords Extreme
Tools yg ngga kalah pentingnya dari Google Keywords. Selamat menyimak!
-oya
![Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ohtvqnpxx.gif)
![Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ohtvqnpxx.gif)
rating dan juga
![Cendol (S) emoticon-Cendol (S)](https://s.kaskus.id/images/smilies/cendols.gif)
cendol amat dihargai lho gan,
budayakan memberi hal yg positif dan bermanfa'at
yah?.
![I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)](https://s.kaskus.id/images/smilies/iloveindonesias.gif)