tombataviAvatar border
TS
tombatavi
10 Produk Sehari-hari Dengan Brand Image Terkuat di Indonesia
Apa itu Brand Image ? Brand Image atau Citra Merk adalah suatu pencitraan sebuah produk dibenak konsumen secara massal. Setiap orang akan memiliki pencitraan yang sama terhadap sebuah merek, sehingga secara sadar atau tidak konsumen secara langsung akan menyebut satu merk tertentu jika ingin mendeskripsikan atau membeli suatu produk tertentu.
Hal ini tidaklah mudah bagi suatu produsen untuk bisa mendapatkan posisi teratas di benak masyarakat dan konsumen, karena untuk membangun citra sebuah produk membutuhkan waktu bertahun-tahun dan dibutuhkan konsistensi secara terus menerus dalam promosi dan quality control walaupun produk yang bersangkutan telah dikenal luas oleh masyarakat, sehingga brand image bisa dijadikan salah satu ukuran kesuksesan penjualan dan promosi suatu produk.


10 Produk Sehari-hari Dengan Brand Image Terkuat di Indonesia menurut TS :

1. Aqua.



Siapa tidak kenal dengan produk air mineral yang satu ini, sampai setiap orang yang akan membeli air mineral ataupun penjual air mineral di warung dan dijalan pun selalu menyebut semua air mineral dalam kemasan dengan Aqua, walaupun brand yang di beli ataupun yg dijual belum tentu ber-merk Aqua.

2. Indomie.



Produk mie instant yang satu ini memang sudah begitu masuk kedalam otak para masyarakat luas dari berbagai kalangan status sosial, sehingga saat kita makan mie instant apapun begitu ditanya makan apa ? selalu spontan jawabnya Indomie. Inilah salah satu keberhasilan grup Indofood dalam membangun brand image produknya, karena jika kita ingat sekitar dekade tahun 70an produk mie instant dengan brand image terkuat saat itu adalah Supermi yang merupakan pelopor dibidang bisnis mie instant.

3. Softex.



Produk pembalut wanita ini adalah merupakan produk yang sampai saat ini menurut pengamatan TS masih menjadi produk pembalut wanita dengan brand image terkuat, bisa kita perhatikan dimanapun wanita mencari produk pembalut hampir dipastikan mereka akan bertanya : Ada softex ? dan hanya sedikit wanita yang bertanya : Ada pembalut ? karena takutnya nanti malah dikasih kain kasa pembalut luka.. emoticon-Big Grin

4. Tensoplast.



Ingat luka pasti benak kita akan selalu ingat penutup luka steril yang sering kita sebut Tensoplas, walaupun produk yang awalnya banyak beredar di pasar ber-merk Band-Aid namun mungkin karena dalam penyebutannya bagi masyarakat Indonesia lebih mudah dengan menyebut Tensoplas maka secara turun temurun semua produk penutup luka steril disebut dengan Tensoplast.

5. Rinso.



Rinso merupakan produk yang sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari kalangan ibu rumah tangga, karena produk sabun cuci pakaian (detergen) ini akan selalu ada dalam daftar belanja bulanan. Rinso sangat wajar bila menduduki sebagai produk detergen dengan brand image terkuat menurut TS, karena selain Rinso merupakan produk yang harus selalu diingat oleh para ibu setiap bulannya, Rinso juga diluncurkan di Indonesia tahun 1970 sebagai produk detergen pertama.

6. Pampers.



Nah, bagi agan-agan yang punya baby, keponakan bayi atau adik bayi pasti sangat akrab dengan merk ini, Pampers merupakan produk pengganti popok sehingga urusan bayi ngompol dan pup sekarang sudah menjadi jauh lebih praktis, karena tidak lagi perlu mencuci puluhan popok setiap hari. Kendati sudah banyak merk diapers baru bermunculan seperti MamyPoko dan Huggies dan tentu saja harga menjadi pertimbangan utama pembelian produk ini tapi Pampers tetap menjadi yang pertama disebut jika konsumen mencari produk diapers di pertokoan.

7. Super Glue.



Produk yang akrab dengan benda-benda rusak, patah, retak atau copot ini merupakan produk yang hampir dimiliki oleh semua rumah tangga, biasanya Super Glue langsung muncul dibenak kita jika kita tanpa sengaja merusak, memecahkan, mematahkan barang-barang plastik, keramik, kayu, besi atau barang rumah tangga lainnya, walau produk lem/perekat serba guna lainnya sudah banyak beredar di Indonesia.

8. Sanyo.



Apa yang ada dibenak agan sekalian jika mendengar kata Sanyo..? mungkin sebagian besar akan langsung berpikir soal pompa air, yah Sanyo begitu sukses membangun brand image-nya dibenak konsumen sebagai produk pompa air terpercaya yang terbukti akan kebandelannya dalam hal sedot menyedot air sumur, begitu kuatnya brand image Sanyo sebagai produk pompa air terbaik bisa dibuktikan jika kita datang ke toko material atau toko elektronik dan menyebut : Mas jual sanyo..? pasti langsung ditunjukan produk pompa air.. padahal Sanyo juga mengeluarkan produk lain lho seperti televisi, kulkas, kipas angin dll.

9. Pepsodent.



Produk sehari-hari lainnya yang menurut TS sangat kuat brand image-nya adalah produk pasta gigi Pepsodent yang merupakan produk pasta gigi tertua di Indonesia. Konsistensi Unilever dalam mempertahankan image Pepsodent sebagai satu-satunya (walaupun bukan satu-satunya) produk pasta gigi yang dikenal masyarakat Indonesia membutuhkan usaha yang tidak sedikit dengan begitu banyaknya promosi melalui program-program gratis yang berhubungan dengan perawatan kesehatan gigi dan mulut yang diluncurkan secara konsisten demi mempertahankan image produk di benak konsumen.

10. Rexona.



Produk terakhir yang menurut TS selalu ada dibenak kita jika kita mencium bau badan tak sedap di kendaraan-kendaraan umum adalah Rexona, pasti kalau agan mencium bau badan tak sedap di kendaraan umum akan langsung berpikir : Nih orang gak kenal rexona kali ya ? padahal perlu di ingat bahwa rexona adalah sebuah merk dan produk yang dimaksud adalah deodorant. Rexona begitu kuat melekat dibenak kita dan menjadi barang sehari-hari yang mungkin digunakan begitu banyak masyarakat yang beranjak dewasa karena selain terbukti ampuh ‘setia setiap saat’ juga sekarang produk ini menambah variant-nya dari yang deo stick, roll-on maupun spray dengan berbagai macam pemisahan produk menjadi khusus untuk pria, wanita dan bahkan ada pula khusus untuk teenage dan bagi agan yang beraktivitas tinggi sehingga membutuhkan deodorant dengan daya tahan lebih lama.

Demikian produk-produk yang menurut TS berhasil membangun brand image begitu kuat dan sulit digoyahkan walaupun produk-produk baru sejenis telah bermunculan dipasaran dengan kemasan, promosi dan variant yang lebih menarik.

Semoga bisa menambah wawasan.

0
29.3K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.