Dj.FikryAvatar border
TS
Dj.Fikry
[Coming Soon] Laskar Pelangi 2 | -Edensor- | 24 Desember 2013



Dibintangi Oleh Mathias Muchus, Arswendy Nasution, Rendy Ahmad, Ferdian, Shalvynne Chang Dan Zulfani.


LASKAR PELANGI 2: EDENSOR

90

Jenis Film : Drama
Produser : Putut Widjanarko, Avesina Soebli
Produksi : Mizan Production, Falcon Pictures
Sutradara : Benni Setiawan


Sinopsis :





EDENSOR mengisahkan perjalanan dua orang anak Belitung, Ikal dan Arai. Mereka berhasil mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Sorbone Paris.

Kedatangan Ikal dan Arai di eropa disambut cuaca yang dingin. Sialnya, mereka harus terlunta lunta karena tidak diterima di rumah Van der Wall, tempat tinggalnya sementara, karena ikal dan arai terlambat datang dan mereka tidak menginformasikannya.

Akibat kelalaian itu mereka harus membayar dengan udara dingin dibawah nol derajat. Menembus udara dingin bersalju, tubuh Ikal membeku. Arai berusaha untuk menyelamatkan dengan mengubur Ikal dalam tumpukan humus. Upaya Arai ini menyelamatkan mimpi Ikal.

Ikal dan Arai meraih mimpinya, menjalani hari-hari menimba ilmu di Sorbone. Duduk tepat disebelah Manooj, Gonjales dan Ninocchka, mereka tergabung dalam PATHETIC FOUR. Kelompok yang paling terbelakang diantara yang lainnya. Makanya mereka harus mengejar ketinggalan.

Sebenarnya penghasilan mereka cukup untuk hidup sederhana di Paris. Tapi mereka terpanggil untuk membuat orangtuanya bahagia dan bangga. Di tengah kuliahnya, Ikal bersama Arai bekerja keras apa saja, menjadi pelayan hingga mengamen di jalanan, agar bisa mengirimi uang untuk orang tua mereka di Belitung.

Tapi ada hal lain yang membuat ikal dan arai cemas. Ini tentang timah yang makin melorot dan lahan Belitung yang tak bisa ditanami. Ayah Ikal menyurati mereka dan berharap, anaknya bisa menjadi ahli pupuk dan apoteker. Ayahnya beranggapan kalau jurusan itu jauh lebih bermanfaat di Belitung. Tapi Ikal dan Arai terlanjur punya mimpi yang lain.

Sementara itu, Katya, gadis yang jadi bahan rebutan para pria di kampus sorborne ini, mencoba menggelitik relung hati Ikal. Katya memilih Ikal jadi pacarnya. Tapi Ikal merasa amat bersalah, seakan telah menodai perasaannya untuk Aling. Katya bersaing menggantikan posisi Aling dihati Ikal. Namun yang jelas, situasi itu menurut Arai, Ikal tidak lagi fokus belajar. Terbukti, nilai ujian tengah semester Ikal hancur.

Kini Ikal tersebak dalam putaran segitiga kehidupannya, cinta, keluarga dan mimpi. Ditambah pertentangannya dengan Arai, yang membuat dua sahabat ini berbeda langkah.







Benny Setyawan Sutradarai Film Edensor


Edensor, buku ketiga dari tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata kembali diangkat ke layar kaca. Ada yang berbeda dalam pembuatan film ketiga ini. Jika dua film sebelumnya, Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, digarap oleh Riri Riza sebagai sutradara, dalam film ini, Benny Setiawan dipercaya menjadi sutradara untuk sekuel yang diberi judul Laskar Pelangi 2: Edensor.

"Terus terang saya merasa cukup berat, merasa tertantang. Tapi saya tahu pemilihan saya pasti sudah matang. Saya sangat hargai karya Riri dan Mira, mengesankan buat Saya," kata Benny, sutradara Edensor, ketika ditemui di Menara BTN, Harmoni, Jakarta, Senin, 11 November 2013.

Benny mengatakan karyanya tentu akan berbeda dibandingkan dengan dua film sebelumnya yang digarap Riri. "Seperti Bang Andrea bilang, film dan novel beda. Gitu juga antara sutradara. Mungkin ada pertimbangan sendiri, ingin film dengan ciri khas saya," ujar sutradara film Madre ini.

Setiap sutradara memiliki kejeniusan masing masing. Dan di Edensor, penonton akan disuguhkan oleh kemampuan Benny mengolah kehidupan Ikal selama berada di Paris, Prancis. Meski meneruskan karya yang sebelumnya dibangun oleh Riri Riza, Benny tidak sempat berkomunikasi dengan Riri. "Bukan karena tidak menghormati, tapi memang ini lepas dari Laskar Pelangi," Benny mengungkapkan.

Andrea pun memberikan otoritas kebebasan pada Benny untuk berkarya. Andrea justru penasaran ingin melihat seperti apakah terjemahan yang ditangkap oleh Benny dari karya tulisnya. "Bagaimana sineas akan menerjemahkannya, saya harus respek, itu otoritas yang dimiliki para pembuat film. Maka, kalau di Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi kita lihat kejeniusan Mira dan Riri, di sini kita lihat itu dari sisi Mas Benny," ujar Andrea Hirata sebagai penulis buku tetralogi Laskar Pelangi.



Cukup lama tidak terdengar kabar mengenai perkembangan produksinya, film yang diangkat dari novel laris Andrea Hirata, Edensor diketahui telah rampung dan siap tayang di bioskop pada 24 Desember 2013. Film yang disutradarai oleh Benni Setiawan ini bahkan telah resmi merilis poster dan trailer perdananya.

Dengan tajuk Laskar Pelangi Sekuel 2 Edensor, poster film ini memperlihatkan gambar 2 karakter anak Belitung Ikal dan Arai yang sedang menatap 'impian' di kota Paris, Perancis dengan ikon menara Eiffel. Sekilas gambar tersebut berkesan dekat dengan kampung halamannya, karena Ikal dan Arai dikisahkan sukses menginjakkan kaki disana.

Tidak jauh berbeda dengan trailernya yang berdurasi 2 menit 39 detik, Laskar Pelangi Sekuel 2 Edensor memperlihatkan kehidupan Ikal dan Arai di kota Paris yang ternyata tidak seindah yang mereka bayangkan sebelumnya. Dan yang menarik adalah karakter Arai diketahui tidak diperankan kembali oleh Ariel NOAH dan digantikan dengan Abimana Aryasatya.

"Kenapa kita pakai judul Laskar Pelangi Sekuel 2 Edensor karena ini memang sekuel kedua dari kisah Laskar Pelangi. Selain itu kisahnya juga ada flashback tentang karakter Ikal dan Arai di maa kecil ketika masih sama-sama tinggal di Belitung," ujar Putut Wijanarko selaku produser Laskar Pelangi Sekuel 2 Edensor saat jumpa pers di bank BTN, Harmoni, Jakarta Pusat.

"Mengenai keterlibatan Abimana ya karena Ariel sudah punya film sendiri dan dia sibuk banget dengan NOAH-nya. Tapi nanti bisa dilihat sendiri bagaimana kualitas Abimana di film ini," tambahnya.

Pada awalnya film Laskar Pelangi Sekuel 2 Edensor disutradarai oleh Putrama Tuta, namun ditengah perjalanannya posisi tersebut digantikan oleh Benni Setiawan yang dianggap lebih cocok untuk menggarap film tersebut.

"Dalam perjalanannya ternyata kita memutuskan bahwa ini bukan jalan yang baik untuk bersama. Setelah itu kita sempat vakum dan akhirnya kembali berlanjut setelah bertemu dengan Benni," ucap Putut.

"Pada intinya kenapa saya dipilih ya karena produser ingin yang berbeda. Novel dan film adalah gaya yang berbeda juga jadi saya juga ingin mempertahankan ciri khas saya. Ini bukan berarti saya tidak menghormati sutradara sebelumnya," pungkas Benni Setiawan.

Selain Lukman Sardi dan Abimana yang bakal memerankan karakter Ikal serta Arai, film Laskar Pelangi Sekuel 2 Edensor juga akan dibintangi oleh Mathias Muchus, Arswendy Nasution, Rendy Ahmad, Ferdian, Shalvynne Chang dan Zulfani.

Berikut adalah trailer perdana Laskar Pelangi Sekuel 2 Edensor:


Diubah oleh Dj.Fikry 13-12-2013 16:14
0
10.5K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Film Indonesia
Film IndonesiaKASKUS Official
3.3KThread3.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.