Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

elvisharcherAvatar border
TS
elvisharcher
[Fakta] Salah Satu Alasan Kenapa Industri Musik Semakin Melorot
[Fakta] Salah Satu Alasan Kenapa Industri Musik Semakin Melorot

Baru saja saya menyaksikan sebuah video dari youtube, lagu "I Saw Her Standing There" yang dibawakan oleh Glee untuk acara TV (diunggah September 2013). Awalnya saya pikir lumayan nih mereka kan bintang terkenal; berikut adalah penampilan mereka:



Ternyata saya salah besar. Saya menghela napas panjang dan mengelus dada...

Terdapat perbedaan yang amat BESAR antara apa yg mereka sajikan dengan penyanyi aslinya, The Beatles.

Tidak percaya? Sekarang saksikan apa yang The Beatles lakukan untuk acara TV dengan lagu yang sama "I Saw Her Standing There" (yang kebetulan juga mereka ciptakan sendiri), 50 tahun silam: tahun 1963 di Swedia, setahun sebelum mereka menjadi terkenal:



Silahkan agan putar2 ulang kedua penampilan tersebut di atas. Lihat bedanya?

Glee = wajah super ganteng & gaya yang keren, tapi penuh kepalsuan lip sync.
Sedangkan The Beatles = sebuah penampilan jujur apa adanya, mereka bermain musik dan bernyanyi 'live' di depan penonton, selayaknya sebuah grup musik.

Glee = komputer yang bernyanyi: dengan teknologi auto-tune supaya suara tidak fals (dibetulkan oleh komputer), dan auto-harmony supaya seakan-akan mereka bisa bernyanyi teknik harmonisasi. (lirik "...so how could i dance with another..."). Dengarkan detik 0:18 hingga 0:44 terutama 0:41.
The Beatles = manusia yang benar-benar bernyanyi 'live'. Bassist mereka Paul McCartney bernyanyi vokal utama dengan suaranya yang merdu dan bulat, lalu pada verse kedua di-backing oleh John Lennon dengan teknik harmonisasi suara kedua yang khas: low note, sengau dan nyaris datar. Satu kesalahan saja pasti terdengar, tapi mereka bisa melakukannya dengan baik. Dengarkan detik 0:42 hingga 1:10.

Glee = nggak bisa main alat musik, perhatikan jari-jari mereka pada gitar dan bass pura-pura jreeng padahal salah posisi akord, malah kadang kala diam saja. Pemain drum Glee tidak bisa menabuh dengan tepat, dia berakting.
The Beatles = lihat jari bassist mereka Paul McCartney lincah bergerak sepanjang lagu; sambil menyanyi, ia memainkan instrument bass-nya betulan tanpa meleset SATU NOT PUN. (Total 904 nada sepanjang 2 menit 34 detik, rata-rata hampir 6 nada bass per detik!)
Jika ada teman agan yang bisa main gitar bass, boleh tanya mudah atau tidak melakukan hal itu: memetik nada-nada bass "I Saw Her Standing There" yang terus berjalan sambil bernyanyi vokal utama!
Demikian John Lennon memainkan rhytm gitar-nya dengan galak, sambil sesekali menyemangati anggota team-nya. George Harisson mengisi lead guitar dengan tepat; dan drummer mereka Ringo Starr juga betulan memainkan drum.

Glee = pakai pencahayaan canggih, penari cantik & akting heboh, aksi ala teater.
The Beatles = murni penyajian sebuah grup rock yang bermain musik.

Glee = penampilan tersebut ada di musim tayang kelima mereka.
The Beatles = penampilan tersebut adalah hasil latihan dan kerja keras mereka selama 5 tahun bertempur di puluhan bar & klub di berbagai kota di Jerman & Inggris.
Cukup fair? Para personel-nya saling mengenal satu-sama-lain minimal selama lima tahun lho.

Glee = teknologi suara rekaman yang canggih dan terbaru.
The Beatles = rekaman suara seadanya, agak 'kresek', MONO pula.

Menyaksikan dua penampilan yang sama-sama ditayangkan untuk TV itu seperti langit dan bumi. Kedua grup Glee dan The Beatles seperti berasal dari dua galaksi yang berbeda.

Saya merenungkan: selang waktu 50 tahun berlalu, kenapa musisi sekarang kok jadi begini?!

Saya mengenang ada era dimana panggung musik disuguhkan secara jujur: saat suara, bakat dan kemampuan musisi di atas panggung lebih dihargai dan diutamakan ketimbang kepalsuan suara komputer dan akting heboh demi sensasi.

Semakin jarang kita lihat grup musik yang benar-benar menulis sendiri lagunya, memainkan musiknya, mencari konsep baru dan kreatif terhadap apa yang mereka ingin kita dengar...

Dengan kondisi seperti ini tidak heran, minat masyarakat pada industri musik semakin berkurang dan penjualan album semakin menurun...
Diubah oleh elvisharcher 09-03-2016 16:50
0
4K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.