futredAvatar border
TS
futred
Buruh adalah rakyat indonesia asli perlu diperjuangkan!!!!!
TEMPO.CO , Jakarta:Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Sofyan Wanandi menyatakan, rencana unjuk rasa besar-besaran oleh buruh dari berbagai wilayah di Indonesia Rabu 3 Oktoberi 2012 ini akan sangat merugikan pengusaha dan buruh sendiri.

»Bagi pengusaha, pasti bermiliar-miliar hilang karena proses produksi mandeg dalam sehari,” ujarnya, Selasa, 2 Oktober 2012.

Sofyan belum bisa membuat estimasi kerugian sebab masih harus melihat besarnya unjuk rasa. Hanya saja, ia memberi gambaran, unjuk rasa selama sepekan yang puncaknya berupa pemblokiran tol Cikampek pada Januari lalu menimbulkan kerugian di atas Rp 100 miliar.

Selain kerugian materiil, kata Sofyan, unjuk rasa yang sampai menghentikan produksi akan berdampak pada menurunnya kepercayaan konsumen. Sebab, pengiriman barang terhambat. »Kalau kita tidak bisa mengirim barang tepat waktu, bisa jadi mereka tidak mau order lagi kan?” katanya.

Kemungkinan terburuk, kata dia, unjuk rasa sampai menimbulkan huru-hara. Iklim investasi yang selama ini cukup kondusif akan terganggu. Bila sampai terjadi, penyerapan tenaga kerja akan otomatis menurun. »Di titik ini, para buruh itu akan rugi sendiri,” ujar Sofyan.

Sofyan menyesalkan tak tegasnya sikap pemerintah untuk mencegah unjuk rasa. »Di luar negeri, unjuk rasa itu cuma kalau ada yang tidak beres, di sini orang kapan saja bisa demo. Sering sekali,” ujarnya.

Apalagi, saat ada seruan untuk unjuk rasa, para buruh tak punya pilihan untuk tetap bekerja. Sebab, para koordinator lapangannya biasa melakukan sweeping di pabrik-pabrik.

Hari ini ribuan buruh akan berunjuk rasa dengan aksi mogok nasional di puluhan kabupaten dan kota. Mereka menuntut penghapusan sistem outsourcing, kenaikan upah minimum, dan diberlakukannya cakupan universal sistem jaminan sosial nasional serentak pada 2014.


Gw ga suka artikel di atas...

I love indonesia........perjuangkan para buruh
0
1.9K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.