- Beranda
- Berita dan Politik
Pemilihsn Raya PKS Untuk Capres Dinilai Pencitraan (Karena Mereka Aslinya JEBLOK)
...
![japek](https://s.kaskus.id/user/avatar/2008/03/29/avatar430225_4.gif)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
TS
japek
Pemilihsn Raya PKS Untuk Capres Dinilai Pencitraan (Karena Mereka Aslinya JEBLOK)
Quote:
Pengamat politik dari Universitas Negeri Islam Syarif Hidayatullah, Gungun Heryanto, berpendapat pemilihan raya (Pemira) yang dilakukan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sekadar strategi "jualan". Hal itu dilakukan supaya nama mereka yang selama ini buruk bisa terangkat lagi.
Bentuk political marketing ini, menurut dia, merupakan upaya untuk tetap eksis di 2014. Meski dianggap tidak dapat mengejar angka pencalonan presiden, Pemira PKS dirasa bisa membentuk opini positif dari publik tentang partai tersebut. "Kasus-kasus yang dilakukan oleh kader PKS selama ini menyebabkan elektabilitasnya merosot," ujar Gungun.
Meski demikian, Gungun tidak setuju jika Pemira PKS dikategorikan sebagai fenomena partai Islam. Sebab, political marketing seperti itu juga digunakan oleh partai lain menjelang 2014. "Hanya saja caranya yang berbeda," kata dia. "Mendekati tahun politik banyak partai ingin menaikkan nilai jual mereka."
Partai lain pun bermanuver, ucap dia. Misalnya, Prabowo yang bertemu dengan pimpinan Partai Amanat Rakyat, pemimpin Nasional Demokrat yang bertamu ke kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, dan konvensi calon presiden Partai Demokrat. "Semuanya membuka zona possible aggrement," ujar Gungun.
Menurut dia, semua kemungkinan harus dibuka selebar-lebarnya oleh banyak partai. Terlebih partai-partai poros tengah. "Supaya membuka kemungkinan koalisi," ucapnya.
Beberapa hari lalu, PKS menyelenggarakan Pemira untuk menetapkan calon presiden Pemilu 2014 mendatang. Partai berlambang dua bulan sabit itu juga melakukan uji publik terhadap nama-nama yang bakal dipilih sebagai calon presiden. "Kami gunakan Pemira dan survei," kata Sekretaris Jenderal PKS, Muhammad Taufik Ridho, beberapa waktu lalu.
Dari sisi survey, Direktur Eksekutif Katapedia Deddy Rahman mengatakan bahwa Pemira PKS menjadi salah satu upaya tepat untuk mendongkrak popularitas partai tersebut, terutama di media sosial. "PKS melesat ke papan atas menempati posisi ketiga dengan raihan persentase suara 12,97 persen," katanya.
Katapedia melakukan penelitian di media sosial dengan penelusuran kata kunci dari nama setiap partai politik peserta Pemilu 2014 sejak 1 November hingga 1 Desember 2013. PKS menempati posisi ketiga dengan persentase 12,97 persen dengan 5223 perbincangan, di bawah Gerindra (19,67 persen) dengan 7935 perbincangan, dan Partai NaDem (13,68 persen) dengan 5518 perbincangan.
Menurut Deddy, sejak wacana Pemira yang ditujukan untuk memilih bakal calon presiden yang akan diusung partai itu bergulir, telah menimbulkan momentum positif bagi citra partai tersebut.
Dari statistik penelitian, popularitas PKS meningkat dan meraih 548 perbincangan pada 22 November. Menurut Deddy, sentimen positif PKS juga menguat karena konsistensi para kader dalam mengungkapkan optimismenya di media sosial untuk menjadi tiga besar dalam Pemilu 2014. "Ini strategi yang banyak diungkapkan di Facebook. Di Twitter mereka juga bermain tapi tidak seoptimal di Facebook," katanya.
Namun, PKS juga masih dihantui perbincangan dengan sentimen negatif terutama saat pemberitaan persidangan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaq yang terlibat kasus suap impor daging. "Isu korupsi PKS masih banyak tetap diperbincangkan, baik dari kader sendiri yang bertujuan memulihkan nama baik maupun dari para pembenci PKS," katanya.
Secara lengkap hasil dari penelitian Katapedia tentang popularitas partai di media sosial dari 1 November hingga 1 Desember 2013 adalah, posisi pertama Gerindra (19,67 persen), disusul NasDem (13,68 persen), PKS (12,97 persen), PDI Perjuangan (12,12 persen), Golkar (11,45 persen), Hanura (10,17 persen), PPP (9,84 persen), dan Demokrat (9,65 persen).
Kemudian PKPI dan PKB menempati dua posisi terendah dengan masing-masing 91 perbincangan dan 95 perbincangan. Untuk PBB dan PAN, Katapedia tidak dapat melakukan penelusuran karena kesulitan penjaringan berdasarkan nama kedua partai tersebut yang sangat identik dengan istilah-istilah lain. "Ini karena kesulitan filternya saja," kata Deddy. ins
Bentuk political marketing ini, menurut dia, merupakan upaya untuk tetap eksis di 2014. Meski dianggap tidak dapat mengejar angka pencalonan presiden, Pemira PKS dirasa bisa membentuk opini positif dari publik tentang partai tersebut. "Kasus-kasus yang dilakukan oleh kader PKS selama ini menyebabkan elektabilitasnya merosot," ujar Gungun.
Meski demikian, Gungun tidak setuju jika Pemira PKS dikategorikan sebagai fenomena partai Islam. Sebab, political marketing seperti itu juga digunakan oleh partai lain menjelang 2014. "Hanya saja caranya yang berbeda," kata dia. "Mendekati tahun politik banyak partai ingin menaikkan nilai jual mereka."
Partai lain pun bermanuver, ucap dia. Misalnya, Prabowo yang bertemu dengan pimpinan Partai Amanat Rakyat, pemimpin Nasional Demokrat yang bertamu ke kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, dan konvensi calon presiden Partai Demokrat. "Semuanya membuka zona possible aggrement," ujar Gungun.
Menurut dia, semua kemungkinan harus dibuka selebar-lebarnya oleh banyak partai. Terlebih partai-partai poros tengah. "Supaya membuka kemungkinan koalisi," ucapnya.
Beberapa hari lalu, PKS menyelenggarakan Pemira untuk menetapkan calon presiden Pemilu 2014 mendatang. Partai berlambang dua bulan sabit itu juga melakukan uji publik terhadap nama-nama yang bakal dipilih sebagai calon presiden. "Kami gunakan Pemira dan survei," kata Sekretaris Jenderal PKS, Muhammad Taufik Ridho, beberapa waktu lalu.
Dari sisi survey, Direktur Eksekutif Katapedia Deddy Rahman mengatakan bahwa Pemira PKS menjadi salah satu upaya tepat untuk mendongkrak popularitas partai tersebut, terutama di media sosial. "PKS melesat ke papan atas menempati posisi ketiga dengan raihan persentase suara 12,97 persen," katanya.
Katapedia melakukan penelitian di media sosial dengan penelusuran kata kunci dari nama setiap partai politik peserta Pemilu 2014 sejak 1 November hingga 1 Desember 2013. PKS menempati posisi ketiga dengan persentase 12,97 persen dengan 5223 perbincangan, di bawah Gerindra (19,67 persen) dengan 7935 perbincangan, dan Partai NaDem (13,68 persen) dengan 5518 perbincangan.
Menurut Deddy, sejak wacana Pemira yang ditujukan untuk memilih bakal calon presiden yang akan diusung partai itu bergulir, telah menimbulkan momentum positif bagi citra partai tersebut.
Dari statistik penelitian, popularitas PKS meningkat dan meraih 548 perbincangan pada 22 November. Menurut Deddy, sentimen positif PKS juga menguat karena konsistensi para kader dalam mengungkapkan optimismenya di media sosial untuk menjadi tiga besar dalam Pemilu 2014. "Ini strategi yang banyak diungkapkan di Facebook. Di Twitter mereka juga bermain tapi tidak seoptimal di Facebook," katanya.
Namun, PKS juga masih dihantui perbincangan dengan sentimen negatif terutama saat pemberitaan persidangan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaq yang terlibat kasus suap impor daging. "Isu korupsi PKS masih banyak tetap diperbincangkan, baik dari kader sendiri yang bertujuan memulihkan nama baik maupun dari para pembenci PKS," katanya.
Secara lengkap hasil dari penelitian Katapedia tentang popularitas partai di media sosial dari 1 November hingga 1 Desember 2013 adalah, posisi pertama Gerindra (19,67 persen), disusul NasDem (13,68 persen), PKS (12,97 persen), PDI Perjuangan (12,12 persen), Golkar (11,45 persen), Hanura (10,17 persen), PPP (9,84 persen), dan Demokrat (9,65 persen).
Kemudian PKPI dan PKB menempati dua posisi terendah dengan masing-masing 91 perbincangan dan 95 perbincangan. Untuk PBB dan PAN, Katapedia tidak dapat melakukan penelusuran karena kesulitan penjaringan berdasarkan nama kedua partai tersebut yang sangat identik dengan istilah-istilah lain. "Ini karena kesulitan filternya saja," kata Deddy. ins
Sumber
komen ane : Pencitraan Detected
![Ngacir emoticon-Ngacir](https://s.kaskus.id/images/smilies/ngacir3.gif)
*pasti thread ini menimbulkan amukan fanboy/fangirl penghuni payungan*
Diubah oleh japek 03-12-2013 05:59
0
3.3K
Kutip
48
Balasan
![Guest](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
![Berita dan Politik](https://s.kaskus.id/r200x200/ficon/image-10.png)
Berita dan Politik![KASKUS Official KASKUS Official](https://s.kaskus.id/kaskus-next/next-assets/images/icon-official-badge.svg)
672.3KThread•41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
![Guest](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
Komentar yang asik ya