Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

funriseAvatar border
TS
funrise
( Pengen Jadi Raja ) Joko Widodo dan FSKN Kumpulkan Para Raja Se-Dunia
( Pengen Jadi Raja ) Joko Widodo dan FSKN Kumpulkan Para Raja Se-Dunia

( Pengen Jadi Raja ) Joko Widodo dan FSKN Kumpulkan Para Raja Se-Dunia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan pihaknya bersama Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) akan menggelar festival Pagelaran Agung Keraton Se-Dunia (World Royal Heritage Festival) pada tanggal 5 sampai dengan 8 Desember 2013.

"Tentu saja ini acara dunia baru pertama kali digelar di Jakarta. Mengapa Jakarta? Karena Jakarta merupakan Ibukota Negara Indonesia," ujar Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Selasa (3/12/2013).Kesebelas peserta keraton dari mancanegara yang akan hadir yakni dari Jepang, Inggris, Norwegia, Portugal, Denmark, Swedia, Afrika Selatan, Brunei Darusallam, Malaysia, Singapore dan Filipina.Selain dihadiri 11 keraton dari mancanegara, hadir pula keraton lokal sebanyak 169 perwakilan yang terdiri dari Kerajaan, Keratonan, Kasunanan, Kasultanan, Penglisir dan Pemangku Adat.

Jokowi menjelaskan, tujuan pagelaran yang baru pertama kalinya digelar di Jakarta ini dalam rangka mengangkat brand atau citra Jakarta di mata dunia."Perlu diferensiasi sehingga menarik minat orang datang ke Jakarta, terutama mancanegara," ucap Jokowi.Selain itu, Jokowi mengungkapkan acara serupa rencananya akan digelar rutin di Jakarta setiap dua tahun."Tidak tahunan, tapi mungkin dua tahun digelar," ucap Jokowi.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov. DKI Jakarta, Arie Budiman menjelaskan rangkaian acara yang akan digelar. Prosesi pembukaan akan dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2013 pada pukul 08.00 pagi di Hotel Borobudur, yang akan dilanjutkan dengan seminar bertajuk 'Sumbangan Peradaban Nusantara Terhadap Peradaban Dunia Masa Depan'.

"Seminar akan dihadiri oleh Gubernur diikuti oleh seluruh peserta, peninjau, dan para narasumber dari UNESCO, Lemhannas, Bappenas, FSKN serta para akademisi dan budayawan," ucap Arie.

Arie melanjutkan, pada tanggal 6 sampai 7 Desember 2013 akan digelar pameran dan workshop di plaza Monas sisi barat, Selatan dan Timur. Khusus benda pusaka dan kerajaan akan dipamerkan di ruang diorama Monas."yang paling menarik adalah workshop pembuatan keris yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia," tutur Arie. Selanjutnya, Arie menerangkan kirab budaya akan dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2013 mulai pukul 15.00. Kirab budaya ini berbentuk karnaval dengan rute Monad sisi timur laut - Jalan Medan Merdeka Utara - Jalan Medan Merdeka Barat - Medan Merdeka Selatan - kembali ke Monas melalui pintu tenggara.

"Akan diikuti oleh 30 kereta kencana, dokar atau andong dan peserta yang akan jalan kaki sekitar 500 orang terdiri dari pasukan kerajaan dan atraksi seni budaya nusantara," kata Arie.

Sumber

Ajang silaturrohim dan promosi yang bagus buat Jakarta.....
0
2.9K
28
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.