Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

suradinotoAvatar border
TS
suradinoto
Di Air Berjaya, di Darat Juara
Jakarta - Dua pekan sebelum operasi pendaratan di Incheon, Korea Selatan, satu grup prajurit yang dipimpin oleh perwira Angkatan Laut, Letnan Eugene F. Clark, menyusup ke Yonghung-do, pulau kecil tak jauh dari Incheon.

Tugas mereka adalah mengumpulkan semua informasi intelijen untuk persiapan operasi pendaratan: posisi artileri pertahanan pantai pasukan Korea Utara, jebakan lumpur di pantai, tinggi gelombang, penyebaran pasukan musuh, keterjalan pantai, lokasi penyebaran ranjau, dan sebagainya.

Tugas Letnan Eugene dan anak buahnya ini sangat krusial bagi keberhasilan operasi pada pekan kedua September 1950 tersebut. Karena itu, mereka tak boleh gagal. Siapa pun yang menghadang, di dalam air, di pantai, maupun di darat, langsung disikat tanpa berkedip. Berkat operasi penyusupan lewat laut ini, pendaratan di Incheon sukses besar. Pasukan Sekutu berhasil memukul mundur pasukan Korea Utara, yang disokong Cina dan Uni Soviet.

Menguasai pantai merupakan kunci dalam setiap operasi pendaratan. Karena itu, pasukan amfibi yang menyusup dan mendarat pertama di garis pantai menjadi salah satu penentu keberhasilan. Mereka menyelam jauh sebelum mendekati garis pantai, berbekal peralatan untuk bertempur di darat, atau kalau perlu, juga di dalam air.
Sumber : [URL="http://news.detik..com/read/2013/11/29/081045/2427010/159/di-air-berjaya-di-darat-juara?nd771104159"]Detik[/URL]

Begitu penting pertahanan pantai, bagaimana dengan Jakarta ??
0
5.9K
30
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.