Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [Aksi 27 November]Sebagian Orang Gagal Paham Dgn Apa Yang Sebenarnya Kami Perjuangkan

junettheoneAvatar border
TS
junettheone
[Aksi 27 November]Sebagian Orang Gagal Paham Dgn Apa Yang Sebenarnya Kami Perjuangkan
Kebanyakan orang awam memang lebih suka langsung mengadili dari pada memahami inti masalah yang sebenarnya terjadi. Mereka bertindak seperti itu sebagian besar saya duga karena hasutan provokatif dari media yang mengangkat berita tidak berimbang secara membabi-buta, bagi media, bad news is a good news demi hanya mengejar rating semata. Sebagian yang lain mungkin memang pada dasarnya sudah ada dendam pribadi karena mempunyai pengalaman yang tidak mengenakkan dan tidak diperlakukan dengan baik oleh oknum dokter.

Pada dasarnya, kami semata-mata tidak meminta Dr. Ayu dkk, untuk dibebaskan oleh MA. Bukan, bukan itu, karena kami juga warga sipil biasa seperti kalian yang wajib dan harus patuh terhadap hukum (kami tidak kebal hukum). Tetapi yang sebenarnya kami perjuangkan adalah mencegah implikasi hukum terhadap kasus tersebut di masa depan. Apakah kalian tau implikasinya jika kasus tersebut didiamkan?

Putusan kasasi MA itu bersifat inkrah (putusan yang mempunyai kekuatan hukum tetap). Apa artinya?
Artinya bahwa putusan tersebut bisa dijadikan sandaran hukum terhadap kasus serupa di masa depan jika hakim memang tidak menemukan dalil hukum atau undang-undang yang mengaturnya (Yurisprudensi).

Lalu apakah implikasi dari putusan tersebut di bidang hukum kesehatan?
DEFENSIVE MEDICINE

Semua tindakan CITO (gawat darurat) yang akan dilakukan dokter di kemudian hari HARUS mendapatkan persetujuan pasien dan/keluarga. Dan semua tindakan CITO HARUS dilakukan pemeriksaan penunjang lengkap sebelum dilakukannya tindakan.
Apakah kami yang memintanya? oh.. tentu tidak, hukum sudah mengaturnya, dan kami sebagai warga negara sipil yang baik HARUS menjalankannya.
Spoiler for kasus1:

Spoiler for kasus2:

Lalu? siapakah yang rugi? Kamikah? Tidak, sedikitpun kami tidak rugi, tapi hati kami miris. Kalianlah yang rugi, masyarakatlah yang rugi. Iya.. kalian, bukan kami.

Inilah esensi dari perjuangan kami. Disaat kami (dari Prof. Doktor. sampai mahasiswa FK turun ke jalan) mencegah hal ini untuk tidak terjadi, kalian yang esensinya sedang kami bela dan perjuangkan, malah mencemooh kami. emoticon-Berduka (S)

kisah nyata defensive medicine
Diubah oleh junettheone 01-12-2013 07:14
0
1.4K
17
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.