Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

barraprintAvatar border
TS
barraprint
Jenis Kertas yang Umum digunakan diINDONESIA :)
KERTAS HVS
Spoiler for kertas hvs :

HVS adalah singkatan dari houtvrij schrijfpapier yang berarti "kertas bebas serat kayu". Kertas ini termasuk jenis uncoated yang permukaannya tidak dilapisi sehingga bersifat kasar, daya serap besar, karena tidak rata permukaannya menyebabkan hasil cetak tidak mengkilap. Kertas ini sering digunakan untuk fotocopy/printer deskjet, kertas jenis ini banyak dijual di toko-toko buku. Gramasi yang umum dipakai 70gr, 80 gr, 100gr. Pada umumnya yang digunakan adalah kertas HVS warna Putih, HVS Warna lain biasa digunakan sebagai pembatas atau sebagai bahan kerajinan tangan seperti bunga dan sebagainya yang terbuat dari kertas.

Spoiler for catatan penting..:

Art/Matt Paper
Spoiler for majalah:

Kertas yang permukaannya dilapisi (coated), permukaannya lebih rata dan licin yang apabila jika dicetak menimbulkan efek mengklap. Biasaya dijadikan bahan kertas untuk brosur, leaflet, majalah dsb. Kertas ini terdiri dari 2 jenis yaitu permukaan yang licin dan semi doff (matt). Produk yang dihasilkan akan lebih bagus dan menarik dibandingkan jika dicetak diatas kertas HVS. Hal ini disebabkan karena rasternya halus dan tidak terlalu menyerap tinta cetak. Hingga diperoleh warna yang lebih solid. Gramasi yang umum dipakai adalah 100gr, 120gr, 150gr.

Art Carton
Spoiler for kartu nama:

Bahan kertas ini sama seperti art paper, bedanya hanyalah pada gramasinya yang lebih tebal. Bahan ini biasa digunakan untuk cetakan seperti kartu nama, katalog, company profile, brosur dan cetakan lainnya yang membutuhkan bahan agak tebal. Setelah bahan ini dicetak untuk lebih memaksimalkan hasilnya biasanya dilapisi dengan laminating/vernis untuk memberikan hasil yang lebih bagus dan menarik. Gramasi yang umum dipakai 190gr, 210gr, 260gr, 310gr, 360gr.

untuk lebih mudah memebedakan antara kertas dan karton biasanya untuk kertas gramasinya dibawah 150gsm (gram persquare meter) sedangkan diatas 150gsm sudah dapat digolongkan menjadi karton.

Duplex (coated)
Spoiler for box nasi:

Bahan duplex ini sangat mudah dibedakan dengan bahan lainnya, yaitu bahan yang salah satu sisinya berwarna putih sedangkan sisi lainnya abu-abu/kecoklatan. Biasanya hanya dicetak 1 sisi, banyak digunakan untuk pembuatan box packaging produk karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan bahan lainnya. Gramasi yang umum dipakai 250gr, 270gr, 310gr, 350gr, 400gr.

CWb/duplex putih
Spoiler for box kue:

Sama seperti duplex, yang berbeda adalah bagian dalamnya putih, sehingga kelihatan lebih bersih. Bahan ini cocok digunakan untuk box packaging makanan karena terlihat lebih bersih. Gramasi yang umum digunakan 230gr, 250gr, 300gr.

Ivory
Spoiler for box produk:

Bahan ivory ini hampir sama seperti art carton. 2 sisinya putih, cuma tidak seputih art carton. Yang membedakan Art Carton 2 sisinya licin,sedangkan karton Ivory hanya 1 sisi yang licin. hampir mirip dengan cwb namun cwb lebih halus. Bahan ini juga banyak digunakan untuk box cosmetic, karena cukup tebal/kokoh. Gramasi yang umum digunakan 210gr, 230gr, 250gr, 300gr, 350gr.

Samson kraft
Spoiler for samson:

Sesuai namanya kertas SAMSON memiliki sifat yang cukup kuat..Warna kertasnya coklat muda, terbuat dari bahan daur ulang, permukaan kasar. Umumnya digunakan untuk kertas pembungkus, namun karena kesan klasik yang ditimbulkannya bahan ini juga banyak digunakan untuk pembuatan paperbag, hangtag, karena warna dasarnya coklat, umumnya dicetak 1-2 warna saja. Gramasi yang umum digunakan 150gr, 220gr (carton)

BW/BC/Linen/Concord
Spoiler for linen:

Spoiler for concord:

tipe Kertas ini bertexture, biasanya digunakan untuk kop surat/sertifikat. Terdapat berbagai pilihan warna. Biasanya gramasi antara 150-250 gr.

Jasmine
Spoiler for undangan jasmin :

Bahan jasmine ini banyak digunakan untuk membuat undangan, kesan yang ditimbulkan dari kertas ini adalah kesan mewah karena terdapat gliter2 yang membuat kertas tampak berkilau.

Kertas Karbon
Spoiler for karbon:

Kertas karbon adalah kertas dengan lapisan tinta kering yang diikat dengan lilin di salah satu sisi. Digunakan untuk membuat salinan naskah hingga beberapa salinan sekaligus. Produsen kertas karbon dulunya merupakan konsumen montan wax terbesar.

Kertas karbon diletakkan di antara dua lembar kertas kosong atau lebih. Ketika kertas paling atas ditulisi dengan menggunakan mesin ketik, kertas karbon yang berada di bawahnya juga ikut terkena tekanan dari pukulan logam yang meninggalkan jejak-jejak huruf pada naskah asli. Tekanan pada kertas karbon memindahkan tinta kertas karbon ke kertas yang berada di bawahnya sehingga kertas yang berada di bawah kertas karbon menjadi salinan dari naskah asli.

Pukulan logam pada mesin ketik meninggalkan bekas pada sisi kertas karbon yang berlapis tinta setelah tinta pindah ke kertas yang ada di bawahnya. Akibatnya, isi naskah yang pernah disalin bisa diketahui dengan melihat bekas jejak-jejak huruf pada sisi kertas karbon yang berlapis tinta. Informasi yang bersifat rahasia biasanya dilindungi dengan cara menghancurkan kertas karbon dengan mesin penghancur kertas.

Fungsi kertas karbon sudah digantikan oleh mesin fotokopi walaupun masih saja ada orang yang menggunakan kertas karbon sewaktu mengetik.

Carbonless Paper
Spoiler for ncr:

Carbonless copy paper (CCP), non-carbon copy paper, or NCR paper (No Carbon Required paper) adalah kertas yang mirip fungsinya dengan karbon..
kertas ini biasa digunakan untuk membuat salinan secara langsung.. terdiri dari TOP, middle, Bottom.. dan warnanya beragam..

Struk kasir biasanya menggunakan kertas salinan tanpa karbon (carbonless copy paper) yang bagian bawahnya tidak berwarna hitam tapi bisa menghasilkan salinan seperti kertas karbon. Kertas karbon juga masih banyak digunakan di bank, kantor pos dan berbagai jasa layanan publik.

Corugated (gelombang)
Spoiler for dus:

Sesuai namanya corugated ini karton gelombang (seperti box indomie). Box ini kalo dicetak umumnya di tempel lagi dengan bahan lain, ada yang ditempel dengan duplex, kraft atau hvs. Jadi kalo dicetak fullcolor, dicetak dulu di bahan lain baru di tempel.

dari berbagai sumber..

jika berkenan bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L)

tambahan agan
Quote:



LAPAK JURAGAN CETAK
Diubah oleh barraprint 28-08-2013 08:22
0
29.4K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.