Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

khyzrhAvatar border
TS
khyzrh
Apa Ide Agan Untuk Jakarta yang lebih baik??
Ayo sharing ide2 kita di sini untuk menjadikan Jakarta lebih baik lagi. Sapa taw bisa di baca para pemimpin negeri ini dan ide kita bisa bermanfaat untuk orang banyak!

1. Dorong dan fasilitasi masyarakat agar menggunakan sepeda
Kenapa sepeda, kenapa bukan sepeda motor? karena sepeda itu lebih menyehatkan daripada sepeda motor. kan sepeda butuh dikayuh. itung2 olahraga. lagian sepeda gk ngeluarin asep loh! jadi polusi di jakarta tercinta ini bisa berkurangkan.

Nah, bagaimana cara memfasilitasinya? pertama berikanlah jalan khusus untuk sepeda. Lalu berikan fasilitasi pompa ban sepeda gratis tiap sekian kilometer (siapa tahu aja bannya bocor gitu di tengah jalan). Nah, di tiap fasilitas pompa ini, boleh tuh ditarok petugas, supaya bisa nilang kendaraan laen yang masuk ke jalur sepeda.

Lah repot dong gan kalau tempat tujuannya jauh? bisa mati pegel ane kayuh sepedanya! Nah di sini pemerintah juga diharapkan bisa memberi fasilitasi angkutan sepeda jarak menengah/jauh. misalnya dengan bis atau kapal yang sudah di modif, jadi sepeda2 bisa masuk.

Asik kan, kalau jaraknya pendek, bsa gowes sendiri. ada jalur khususnya lagi. gowesnya bisa dengan tenang dan santai. wkwkwk. kalau merasa jaraknya jaoh ato uda cape, tinggal naek bis/kapal yang uda di modif, jadi gk gitu cape kan? Lagian kalau pakai sepeda, gk akan kenceng2 amat kan jalannya? ngebut2an juga berkurang. tros gk ada cerita tuh sepeda bisa cempreng suaranya. beda ma sepeda motor, ada yang sengaja di modif biar suaranya cempreng berisik -_-'

2. Hijaukan jakarta!
Mulai dari langkah kecil aja. wajibkan warga2 di jakarta untuk punya tanaman. entah itu kaktus, bunga. bagusan lagi kalau ada yang tanem pohon.

Nah selain itu, pemerintah juga bisa menggalakan peraturan gedung hijau. Contohnya seperti di bawah ini

Spoiler for :


Spoiler for :


Spoiler for :


Ya minimal semua gedung pemerintahan dibuat hijau kaya gitu tuh, kan cakep. sejuk lagi ntar. hehehe

3. Wajibkan kantor2 menyediakan layanan bis kantor/antar jemput untuk karyawannya!
Coba bayangin, kalau di suatu kantor ada 300 karyawannya. katakanlah 200 orang bawa motor, 100 orang bawa mobil. kebayang gk penuhnya jalan karena pada bawa kendaraan sendiri2? nah, makanya kalau perusahaan2 tersebut menyediakan bis untuk ke kantor, atau layanan antar jemput untuk karyawannya, kan jalanan jadi lebih lega.

Misal dari 200 orang yang bawa motor, dikonversi ke mobil anter jemput. anggaplah 1 mobil muat 7 orang. nah, dari 200 motor udah jadi 30 mobil tuh. Apalagi kalau pake bis! jumlah kendaraan di jalan bisa berkurang drastis.

Hal ini juga bisa menjadi peluang bisnis baru. kalau perusahaan2 uda di wajibin anter/jemput pegawainya, tidak menutup kemungkinan akan bermunculan penyedia jasa antar jemput karyawan swasta, jadi bagi perusahaan yang males sediain bis/mobil anter jemput karyawannya bisa pakai jasa pihak ketiga ini.

4. Buat beberapa macam SPB
Maksud ane gini. jadi SPBU2 yang bertebaran di mana2 namanya diganti jadi SPBnS (Stasiun Pengisian Bahan Bakar non Subidi). Nah di SPBnS ini hanya jual bensin non Subsidi. hilangkan BBM subsidi dari SPB ini.

Nah, lalu SPB kedua adalah SPBS (Stasiun pengisian Bahan Bakar Subsidi) Nah, SPBS ini jumlahnya cukup 1 saja di tiap wilayah. Jakbar 1. Jakut 1 SPBS. Jaktim 1 SPBS. Jaksel 1 SPBS. Jakpus 1 SPBS. Nah, di SPBS ini, gk semua kendaraan boleh masuk. kalau mobilnya baru2 n mahal2 gk bole masuk. enak aje bisa beli mobil mpe Milyaran tapi bbm nya maw pake yang subsidi. Kalau kendaraan jadoel atau kendaraan angkutan umum, monggo maw masuk SPBS ini.

Kenapa sih kok dibuat 2 SPB kaya gini? kenapa sih SPBSnya cuma 1 doank di tiap wilayah? Logikanya gini gan. Kendaraan bermotor kan jalannya pake BBM. jadi kalau akses mendapatkan BBMnya dipersulit, masyarakat akan melakukan satu dari dua hal ini, yaitu antara berganti ke BBM non Subsidi, Beralih ke sarana transportasi umum lain, atau setiap hari ngotot abisin waktu dan tenaga ke SPBS yang jumlahnya cuma ada 1 di tiap wilayah. Lagian semakin sedikit penjual BBM nya ( 1 SPBS di tiap wilayah) semakin gampang pengontrolannya.

5. Ganti semua barang di BUMN dan gedung pemerintah dengan barang dalam negeri
ane sih gk gitu taw ya apakah sudah seperti ini atau belum. semoga saja sudah. Misalnya mobil dinas. seragamin jadi pakenya mobil es*mka. TV, AC bisa pake merk p*lytr*n. tros apalagi ya? pokoknya kalau anak negeri ada yang bikin barang itu, ya jangan beli produk luar negeri! cintai produk2 indonesia! beli produk2 dalam negeri supaya ekonomi dalam negeri bisa bertumbuh lebih maju!

6. Dorong Pasar Tradisional sehingga orang-orang beralih ke pasar tradisional.
Seperti yang agan2 ketahui, jaman sekarang pasar modern aka supermarket sudah menjamur dimana2. Beberapa supermarket jelas2 berasal dari luar negeri. Banyak banget orang yang berbelanja di supermarket2 luar negeri tersebut. coba bayangkan. kalau 1 hari ada 1000 orang berbelanja di supermarket luar negeri tersebut. kalau saja separuhnya beralih ke pasar tradisional. pasar tradisional akan semakin maju. produsen2 dalam negeri juga semakin sejahtera. kasarannya kita meng'kaya'kan orang negeri kita sendiri, bukan meng'kaya'kan orang luar negeri sono.

7. Memasukkan unsur batik dalam seragam PNS dan polisi.
yang ane tahu kalau sekarang itu hari jumat disarankan pakai batik ya? bagaimana kalau sekarang, orang2 yang berseragam seperti PNS, polisi, di dalam seragamnya, dimasukkan unsur batik. kan keren juga, secara estetik bagus lagi. kalau bingung desainnya, adain aja sayembara. pasti banyak anak2 muda yang kreatif yang bisa memasukkan unsur batik ke dalam seragam PNS dan polisi.

Bayangin kalau setiap polisi bajunya ada unsur batiknya. kan mempopulerkan batik itu sendiri. kalau ada turis liat, bukannya jadi promosi juga? hehehehe.

8. Stop budaya kantong plastik
Jaman sekarang kalau ke toko, kita dateng dengan tangan kosong, pasti pulangnya nenteng kantong plastik. kantong plastik ini lama loh proses penguraiannya. pernah baca kalau gk salah sampe ribuan taon.

Tapi gan, kan sekarang uda ada tuh kantong plastik yang terurai setelah sekian bulan? ya emang sih ada, tapi kenapa gk beralih secara total aja sih dari plastik?? kita kan bisa pake paperbag. Supermarket2 yang besar2 itu, mbok ya beralih ke paperbag. klo barangnya berat2, ya masukin aja ke kardus.

Paling bagus sih kalau penggunaan kantong plastik di supermarket2 besar atau minimarket dilarang oleh pemerintah. jadi supermarket2nya mau gk mau beralih ke media laen kaya paperbag atau kardus.

9. Pemasangan CCTV di setiap lampu merah dan perubahan cara tilang.
Mungkin ide ini terdengar kaya ngabis2in duit. emangnya ada berapa banyak lampu merah di jakarta? banyak gan. hahahaha

Jadi begini. ane pernah jalan2 ke luar negeri beberapa tahun yang lalu. Di sana cukup menarik loh gan. kata tour guide nya di tiap lampu merah ada kameranya, dan kalau kita misalnya melanggar (misalnya jalan pas lampu merah), CCTV nya bisa motret pelat nomor mobil kita lo gan! besoknya surat tilang dikirim deh ke rumah kita. Canggih ya gan, ane juga gk ngerti kq bsa hebat kameranya.

Kalau seperti itu kan gk ada lagi tuh yang namanya uang damai. salah ya ditilang. membuat kita jadi lebih disiplin. hehehe.

10. Integrasikan data rokok di eKTP dan terapkan tarif progresif
jadi gini nih gan, KTP kita kan uda canggih tuh, ada chipnya. namanya juga uda jadi eKTP. mbok ya kecanggihannya dipermantab lagi.

Hah? maksudnya gimana gan? Sabar2. Jadi begini nih. Andai saja pemerintah memberlakukan peraturan, kalau mau beli rokok harus nunjukin eKTP(biar tahu kalo uda di atas 17 taon), tros di baca dulu kartunya pake card reader. nah, jadi alangkah bagusnya kalau di dalam eKTP tersebut ada data rokoknya, bisa terekam apakah hari ini kita sudah membeli rokok atau belum. Semisal kita belum membeli rokok pada hari itu, harga rokoknya normal2 aja. tetapi kalau ternyata setelah eKTP kita dibaca, ternyata itu adalah bungkus rokok kedua kita pada hari itu, nah, harga rokoknya jadi naik 50%. Jadi bungkus pertama katakanlah 12 ribu. bungkus kedua harganya 18 ribu. bungkus ketiga harganya 27 ribu. bungkus keempat harganya 40 ribu. begitu seterusnya.

Kalau data rokok ada di eKTP kan enak tuh. Pemerintah jadi ada data jumlah perokok di indonesia. Berapa orang yang konsumsi rokoknya 12 batang perhari. berapa orang yang konsumsi rokoknya 24 batang sehari. Data ini bisa terpakai di penelitian2 medis kelak.

Selain itu, dengan adanya harga rokok yang semakin meningkat, kita juga akan mikir2 lagi untuk membeli bungkus rokok yang kedua dan yang ketiga. hasilnya kalo orangnya kaya ya dia beli aja. yang jual rokok juga seneng, rokoknya laku mahal. kalo orangnya uangnya pas2an ya dia cuma akan beli 1 bungkus aja perhari. lumayan kan, kalo dari biasanya rokok 2 bungkus perhari jadi 1 bungkus perhari. ngirit 12 ribu perak kan. sebulan bisa irit 360 ribu tuh. setaon irit 4 jutaan. mayan kan? hehehe

Ide agan reptile.zone untuk Jakarta yang lebih baik

Spoiler for :


Ide dari agan zhime

Spoiler for :


Diubah oleh khyzrh 30-11-2013 15:13
0
2.7K
60
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.