Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GTO991Avatar border
TS
GTO991
Ditemukan, Kuil Kuno Abad ke-6 SM di Tempat Kelahiran Sang Buddha
"Ini adalah peristiwa langka, ketika keyakinan, tradisi, arkeologi, dan ilmu pengetahuan bersatu," kata penulis studi, Robin Coningham, dosen di Durham University, Inggris, seperti dikutip dari CNN, 25 November 2011.

Ditemukan, Kuil Kuno Abad ke-6 SM di Tempat Kelahiran Sang Buddha


Ada sekitar 500 juta pemeluk Buddha di seluruh dunia. Tapi, tidak jelas kapan tepatnya sejarah agama tersebut dimulai. Kisah hidup Sang Buddha awalnya menyebar secara lisan sebelum ditulis dalam bentuk teks. Dan kini, para ilmuwan, untuk kali pertamanya menemukan bukti arkeologis terkait kehidupan Siddarta Gautama.

Sebuah ekskavasi yang dilakukan di Nepal menemukan kuil kuno di lokasi yang disebut sebagai tempat lahir Buddha: Taman Lumbini di Kapilavastu.

Hingga saat ini, bukti paling awal dari struktur Buddha di Lumbini berasal dari masa tidak lebih dari awal Abad ke-3 SM, di era Maharaja Ashoka.

Baru-baru ini, para arkeolog menemukan struktur kayu yang lebih tua, dari Abad ke-6 Sebelum Masehi yang terkubur di dalam Kuil Maya Devi. Diduga kuat itu adalah kuil Buddha tertua di dunia.

Diyakini, ada pohon yang tumbuh di pusat struktur kuno itu, yang terkait dengan kisah kelahiran Buddha -- ibunya melahirkannya sambil berpegangan pada dahan pohon. Temuan tersebut diduga menjadi akhir sengketa soal kelahiran Buddha, demikian dimuat dalam jurnal Antiquity.

sumber : http://m.liputan6.com/news/read/7567...an-sang-buddha
0
5K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread11.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.