madi.notoAvatar border
TS
madi.noto
Dahlan Minta Pertamina Olah Minyak Mentah di Dalam Negeri
Spoiler for reff:


JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menginstruksikan PT Pertamina (Persero) untuk mengambil minyak mentah yang dilelang oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Tujuannya agar Pertamina bisa mengolah minyak mentah tersebut menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) di dalam negeri.

"Karena kalau dilelang selama ini, biasanya pemenangnya adalah perusahaan dari luar negeri. Minyak itu diekspor terus Pertamina mengimpor minyak mentah. Jadi kenapa minyak mentah di dalam negeri tidak diolah di dalam negeri saja," ujar Dahlan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/9).

Lebih lanjut Dahlan katakan bahwa memang idealnya bila dilelang di SKK Migas belum tentu Pertamina yang menang. Namun, apabila Pertamina ditunjuk langsung untuk menggarap minyak mentah itu, maka perseroan menyatakan kesiapannya. "Pertamina siap, kalau harga segini kita ikut. Saya tanya Dirut Pertamina dan bisa," tuturnya.

Menurut Dahlan, dengan adanya penyerapan minyak ini dapat menguntungkan Pertamina, karena dapat mengurangi biaya transportasi yang dikeluarkan Pertamina bila mengimpor minyak mentah.

Sejauh ini kata Dahlan, Pertamina sudah mengajukan mengenai hal ini pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Namun, Pertamina masih menunggu kepastian dari Kementerian ESDM. "Tunggu keputusan menteri ESDM. Pertamina sudah mengajukan," tutup mantan Dirut PLN ini. (chi/jpnn)

Arahnya udah mulai bener nih...
Memang seharusnya ya pertamina olah minyak mentah dari dalam, masa yang di dalam di olah asing, eh pertamina olah juga tapi impor minyak mentah dari luar negeri emoticon-Big Grin
Tinggal kementrian ESDM nih yang gmn emoticon-Big Grin
0
2.2K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.