Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ProthireAvatar border
TS
Prothire
Tragis, Ke Sekolah Siswa SMP di Kolaka Bergelantungan di Jembatan
KBR68H, Kolaka - Para siswa SMP yang tinggal di Dusun Teppoe, Kelurahan Balandete, Kolaka, Sulawesi Tenggara harus bertarung dengan nyawa ketika menempuh jalan ke sekolah mereka.

Dalam empat bulan terakhir, mereka rela bergelantungan di tali besi bekas penyangga jembatan yang ada di dusun itu. Pasalnya jalur itu merupakan jalur satu-satunya yang menghubungkan dusun mereka tinggal dengan daerah luar.

Sejak itu pula tidak ada perhatian khusus dari pemerintah setempat untuk memperbaiki jembatan, meskipun lurah Balandete telah mengusulkan perbaikan jembatan itu.

Amirullah, adalah salah satu dari puluhan siswa SMP yang tiap hari bergelantungan di tali jembatan setinggi 50 meter dari dasar sungai. Dia mengaku, sebenarnya mereka takut untuk melewati tali besi itu, tapi jika tidak melakukan hal demikian mereka tidak akan bisa bersekolah lagi. Terlebih lagi di dalam dusun hanya ada SD, jadi untuk mendapatkan pendidikan SMP sederajat harus bersekolah ke luar kampong.

“Tidak ada jalan lain, kalau naik motor itu jauh dan dilarang juga. Sudah empat bulan dan kalau pergi buka sepatu jadi biasa telat. Agar cepat diperbaiki agar kita bisa pergi ke sekolah dengan cepat dan tenang. Takut jatuh dan kita kan manusia jadi takut mati juga,” tutur Amirullah.

Tragis, Ke Sekolah Siswa SMP di Kolaka Bergelantungan di Jembatan
Foto: Suparman Sultan

Dia juga mengatakan, resiko paling besar ketika mereka melewati tali besi bekas penyangga jembatan itu saat hujan turun atau setelah hujan reda. Pasalnya kondisi tali besi yang licin sewaktu-waktu bisa membuat mereka terjatuh.

Mereka pun berharap adanya perhatian dari pemda. Keluhan yang sama juga datang dari Lurah Balandete, Syarifuddin. Ia meminta siswa SMP yang tiap saat melewati tali besi itu bersabar. Sebab ia sudah sering mengusulkan kepada pemda agar adanya perhatian. Namun hingga saat ini tidak ada tanggapan sama sekali

source

Kebanyakan usul tanpa realisasi, 1 kenyang 1000 kelaparan
warganya lagi pada sibuk cari rizki, jadi ga sempet inisiatif
btw kemarin baru ada PILKADA lho disana hehe emoticon-Big Grin
0
950
5
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.