Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Mancanegara
  • (share) pengalaman urus visa schengen di kedutaan Belanda kelar 1 hari aja.

ayiek_5Avatar border
TS
ayiek_5
(share) pengalaman urus visa schengen di kedutaan Belanda kelar 1 hari aja.
Salam kenal,
Ane mau sharing pengalaman urus visa schengen melalui kedutaan Belanda yg Alhamdulillah bisa kelar dalam 1 hari.emoticon-Blue Guy Smile (S)
Critanya ane n bini ane mau ke Belanda sekalian trip ke negara2 schengen dari tanggal 15 Mei 2012 s/d tgl 27 Mei 2012. Ini merupakan perjalan pertama ane n bini ke Negara Europe, sebelumnya cuma ke Negara tetangga, Langsung aja ya
Dokumen yg harus disiapin :
-\tPaspor yg masih valid
-\tFormulir aplikasi pengajuan Visa yg telah diisi ( donlot dari websitenya kedutaan )
-\tFoto Copy Bookingan Tiket Pesawat ( ane kebetulan udah beli dari tahun lalu waktu ada GA Travel Fair he..he )
-\tBookingan hotel-hotel di negara yg mau dikunjungi ( ane pake booking via Agoda.com aja )
-\tAsuransi Perjalanan ( ane pake Axa belinya online, harganya disesuaikan lama berapa hari kita disana )
-\tSurat Keterangan Bekerja ( ane n bini beda ktr jadi minta masing-masing ama kantor, kalo bisa pake Bahasa Inggris )
-\tFoto copy buku tabungan selama 3 bulan terakhir dari halaman awal smp akhir ( saldo tabungan ane n bini ane isinya masing-masing 50 juta )
-\tPas foto ( ane saranin sih moto di kedutaan aja, soalnya banyak yg ditolak karena nggak sesuai dengan format yg mereka minta , biaya foto Cuma 50 ribu dapet 4 lembar yg dipake Cuma 1 )
Dokumen untuk Anak usia dibawah 18 tahun :
-\tFoto Copy Surat Nikah
-\tAkte Kelahiran
Proses pengajuan Visa :
-\tBuka website kedutaan Belanda, lalu pilih tanggal untuk pengajuan Visa. Buat yg belum pernah apply schengen tidak dapat diwakilkan harus datang sendiri, kecuali bagi yg sudah pernah dapat 2 kali visa schengen dan masih valid dalam 2 tahun terakhir ( kalo nggak salah ya ). Bisa diwakili melalui travel agent, begitu pula jika sudah pernah mendapat visa UK, USA, Canada.
-\tmendapatkan balasan e-mail dari kedutaan Tgl dan Jam temu janji.
-\tHadir 30 Menit sebelum Jam temu janji.
-\tSiapkan berkas-berkas dokumen nanti satpam akan memberikan nomor antrian.
-\tSetelah nomor dipanggil segera masuk untuk kembali mendapatkan nomor antrian didalam loket ( halah antri lagi ). Ada banyak kok loketnya, tapi cuma beberapa yg aktif.
-\tSetelah nomor dipanggil, serahkan semua berkas dokumen kepada petugas. Petugas akan periksa kelengkapan semua dokumen ( kayaknya sih orang Indonesia kok, lancar bahasanya )
-\tSiapkan duit pas Rp 700.000 / orang ( duit nggak dibalikkin kalo visa ditolak ya )
Setelah itu tunggu deh dipanggil lagi, nah ini mungkin yang disebut wawancara kali ya,soalnya petugas yg tadi terima dokumen ane, panggil Bossnya ( orang londo cewek cakep kok ), nanya nya sih pake Bahasa Inggris, belakangan baru tau kalo doi lancar juga bahsa Indonesia .emoticon-Cape d... (S)
Sehubungan semua proses dokumen yg ngurus itu bini gue seperti : booking hotel, pesawat, asuransi dll. Jadi yg dipanggil duluan dia, pertanyaanya sih, cuma mau ngapain ke Belanda tru mau ngapain juga ke negara schegen lainnya, nanyain kerjaan kita udah berapa lama kerja, kerjanya ngapain aja ( job des ). Abis bini ane, baru deh ane ditanyain juga,dengan pertanyaannya sama.
Ane n Bini ane applynya visa tourist jadi waktu ditanya bilang aja holiday, Ke belanda mau liat bunga tulip lah etc, ke Paris mau liat Eiffel bla..bla…
Nah waktu kita apply visa tourist jangan lupa pilih yg Multiple Entry ya gan kalo masih mau bolak-balik di negara tsb.
Sama yang paling penting ini nih ( menurut agent perjalan yg ane udah tanyain ) : usahain Negara yang kita apply visanya itu, adalah Negara yang paling lama kita kunjungi, misalnya perjalanan kita 10 hari, kita kasi liat bookingan hotel kita dinegara tersebut yg paling lama di Belanda, sisanya dinegara lain.
Makanya kalo bisa booking hotel yg bisa refundable atau bisa dicancel, jadi begitu visa disetujui, kita bisa rubah2 lagi deh ( bagi-bagi lagi deh negara yg mau didatangi ). Tapi liat-liat sikon juga ya, jangan main asal rubah aja, kita harus tau lama perjalanan transportasi disana.
Kalo semua itu lancar nanti kita sama petugasnya akan diberikan 1 lembar kertas dan pemberitahuan bahwa paspornya/visa bisa diambil kembali pada jam 14:30.
Segitu aja sharing pengalaman ane, mohon maaf kalo ada bahasa / tulisan yang nggak jelas atau ada kekurangan informasi dari ane.
Semoga bermanfaat bagi yang berkenan cendolnya donk he…he.. emoticon-Cendol (S)
Salam
Ayie
0
8.3K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mancanegara
MancanegaraKASKUS Official
5.9KThread2.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.