hukumonline.comAvatar border
TS
hukumonline.com
8 Peristiwa Diinjak-injaknya Martabat Pengadilan di Indonesia
Hallo agan/aganwati. Baru-baru ini kita dipertontonkan sebuah kejadian yang sangat miris. Ruang sidang Mahkamah Konstitusi (MK) diacak-acak oleh orang yang tak puas dengan putusan hakim konstitusi. Nah, berdasarkan catatan Tim Hukumonline, kejadian contempt of court atau penghinaan terhadap pengadilan ini bukan baru pertama kali terjadi.

Sebelumnya, sudah ada banyak kasus dimana pencari keadilan tak puas dan menginjak-injak martabat pengadilan. Cekidot, gan.
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:

Quote:


Quote:

Quote:



Quote:


Oke gan, itu sharing dari kami tentang peristiwa penghinaan terhadap pengadilan. Pesan kami, kalau agan/aganwati bersidang di pengadilan setidaknya hormatilah putusan hakim. Memang kadang-kadang berat gan, apalagi kalau tingkat kepercayaan terhadap pengadilan di Indonesia enggak terlalu tinggi. Tapi, ya itu tadi, ibarat wasit dalam pertandingan sepakbola, apapun keputusan wasit wajib diterima. Dan untuk putusan pengadilan, kita bisa ajukan upaya hukum banding atau kasasi.

Oiya, sbg informasi, Indonesia saat ini sedang menggodok UU Contempt of Court (Penghinaan terhadap Pengadilan) loh. Tujuannya, agar marwah pengadilan dapat benar-benar dijaga, meski ada beberapa kalangan seperti advokat dari PERADI yang menolak rencana ini. Ya, kita tunggu aja hasilnya.

Dan kalo agan/aganwati punya pengalaman dan pernah melihat tindakan contempt of court, feel free utk share disini. Nanti kita taruh di Pejwan. emoticon-I Love Indonesia (S)

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

Sumber:
http://www.hukumonline.com/berita/ba...mpt-of-court-i
http://www.hukumonline.com/berita/ba...mpt-of-court-i

(Tim Hukumonline)
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
88K
864
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Melek Hukum
Melek Hukum
7.5KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.