chocoolAvatar border
TS
chocool
Arti dalam simbol "Fu"


Huruf karakter mandarin “fu” mempunyai arti keberuntungan dan kebahagiaan, dan pada saat tahun baru china setiap keluarga akan memasang pajangan kata “fu” ini secara terbalik pada pintu mereka, dengan harapan kata ini akan membawa berkah untuk keluarga mereka. Ada tiga penjelasan mengapa “fu” harus dipasang secara terbalik.

squline, belajar mandarin Online

Penjelasan pertama, ada beberapa kegiatan menyisipkan “fu” selama festival musim semi di Jiang Ziya dari Dinasti Zhou. Ketika Jiang Ziya sedang membuat Dewa, Istrinya Menuntut diri nya untuk diubah menjadi seorang Dewi. "Setelah Kita menikah, aku akan selalu berada dalam kemiskinan selama masa hidupku” Petinggi Jiang berkata “ terlihat kamu sudah ditakdirkan untuk menjadi miskin, maka biarkan aku membuat kamu menjadi Dewi Kemiskinan.”

Tidak mengetahui apa yang harus diperbuat ketika menjadi Dewi Kemiskinan, tetapi istrinya tetap senang menjadi seorang dewi. Dengan sangat gembira, ia bertanya, "Sekarang aku Dewi Kemiskinan, di mana tempat yang harus aku tempati?" Jiang menjawab, "Engkau adalah terlarang, di mana pun ada keberuntungan" Ketika warga mendapat kabar atau instruksi dari Jiang, mereka menulis karakter "fu" di atas kertas dan ditempelkan di pintu dan jendela rumah mereka untuk membuat Dewi Kemiskinan pergi. Jadi tempelan "fu" selama Festival Musim Semi menjadi tradisi Cina.

squline, belajar mandarin Online

Penjelasan keduaMenggambarkan kegiatan dari Zhu YuanZhang, Penasihat dari Kekaisaran Dinasti Ming. Tahun pertama pada tanggal 15 dari calendar Cina, Zhu pergi untuk melakukan inspeksi ke berbagai tempat. Ketika sampai di suatu kota, Zhu melihat orang orang berkumpul bersama dan melihat lukisan yang mengolok-olok wanita dari bagian barat AnHui yang menampilkan wanita telanjang kaki memegang semangka besar dalam pelukannya.

Namun Lukisan tersebut disalah artikan oleh Kaisar, Kaisar berpikir orang orang tersebut mengolok-ngolok istrinya, yang benar-benar berasal dari bagian barat Anhui. Sekembalinya ke kerajaan, dia mengirim beberapa prajurit untuk melihat permasalahan tersebut. Kaisar sebenarnya ingin mengetahui kebenaran dari gambar tersebut dan siapa pelukisnya.

squline, belajar mandarin Online

Ternyata gambar tersebut adalah gambar sebuah keberuntungan dan kebahagiaan bagi orang orang yang memasangnya di pintu, Kaisar juga menyuruh para prajurit nya untuk menempalkan “fu” pada pintu rumah mereka masing-masing. 2 hari setelah pengumuman tersebut, para prajurit kembali ke kota tersebut dan menangkap beberapa orang yang pintu rumah mereka tidak di pasang gambar “fu” sebagai tindakan mengolok-olok ratu dari kekaisaran. Ketika saat itu maka semua orang menempelkan simbol “fu” di depan pintu rumah mereka



Penjelasan ketiga merupakan kegiatan dari Fu Jin, Pangeran Gong dari Dinasti Qing. Pada saat tahun baru Cina, Kepala pelayan rumah dari Pangeran Gong ingin membanggakan tuannya.

squline, belajar mandarin Online

Dia mengikuti budaya dahulu dan mempunyai beberapa simbol “fu” dan menempelkannya pada gerbang depan dari Kerajaan dan juga tempat Tuannya tinggal. Kemudian satu dari orang suruhan pangeran tersebut membuat simbol “fu” di pasang terbalik di depan gerbang. Setelah melihat simbol nya terbalik, Pangeran tersebut memanggil Pelayannya dan menghukum pelayannya tersebut.

Pelayan yang tertuduh itu segera menemui pangeran tersebut dan berlutut dihadapannya dan memohon: “ Pelayan Tuan yang bodoh ini sering mendengar banyak orang berkata tentang kekuasaan, Kesejahteraan dan Keberuntungan Pangeran. Maka Keberuntungan itu akan datang hari ini.” Pangeran menyimpulkan “ karena inilah banyak orang mengatakan keberuntungan telah datang di Kerajaan saya.”

Setelah Percakapan tersebut banyak keuntungan yang didapat oleh pangeran sekitar 10.00 tael emas dan perak, kemudian dia memberikan kepada Pelayan tersebut 50 tael emas karena mereka telah memasang simbol “fu” dalam posisi terbalik selama festival musim semi. Pemasangan “fu” terbalik itu juga telah menjadi tradisi yang diikuti secara turun temurun.

squline, belajar mandarin Online

Teman-teman bagaimana menurut kalian?apakah kalian baru mengetahuinya?
Tunggu artikel selanjutnya dari squline ya,dan jangan lupa kunjungi website kami di
www.squline.com
Diubah oleh chocool 29-10-2013 10:43
0
16.4K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.