Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gusmantiaAvatar border
TS
gusmantia
Bangkitkan Jiwa Nasionalisme Wahai Pemuda

Dengan seiringnya kemajuan jaman yang didukung dengan kemajuan teknologi kita sebagai warga negara indonesia haruslah memiliki jiwa nasoinalisme yang tinggi agar semua perjuangan para pahlawan Indonesia tidaklah sia-sia. Nasionalisme adalah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia.
Ikatan nasionalisme tumbuh di tengah masyarakat saat pola pikirnya mulai merosot. Ikatan ini terjadi saat manusia mulai hidup bersama dalam suatu wilayah tertentu dan tak beranjak dari situ. Saat itu, naluri mempertahankan diri sangat berperan dan mendorong mereka untuk mempertahankan negerinya, tempatnya hidup dan menggantungkan diri.
Dari sinilah cikal bakal tubuhnya ikatan ini, yang notabene lemah dan bermutu rendah. Ikatan inipun tampak pula dalam dunia hewan saat ada ancaman pihak asing yang hendak menyerang atau menaklukkan suatu negeri. Namun, bila suasanya aman dari serangan musuh dan musuh itu terusir dari negeri itu, sirnalah kekuatan ini.
Sebagai warga negara yang baik yang tinggal di Indonesia tercinta ini marilah kita junjung tinnggi jiwa nasionalisme agar kita tidak lagi dijajah oleh bangsa lain. Rasa nasionalisme tumbuh karena kecintaan kita kepada bangsa indonesia, oleh sebab itu kita mesti mengaplikasikan nasionalisme dengan menjaga dan memanfaatkan sumber daya alam misalnya dengan menjaga kebersihan lingkungan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan tidak mengotori sungai dengan membuang sampah di sungai.
Selain itu bisa dengan menanam pohon di sekitar lingkungan kita agar mengurangi pemanasan global, rasa nasionalisme juga bisa di lakukan dengan mencintai kebudayaan indonesia dan melestarikannya, bisa dengan melihat kebudayaan-kebudayaan di museum atau mempelajari langsung dari guru-guru seni ataupun mempelajari lewat media elektronik.
Membakar jiwa nasionalisme sangat di perlukan agar rasa cinta kepada bangsa lebih di kedepankan untuk memajukan bangsa sendiri, dengan kemerdekaan ini maka kita kobarkan semangat nasionalisme yang tinggi dalam sanubari kita agar indonesia menjadi negara yang mandara (aman dan sejahtera).
0
643
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.