- Beranda
- The Lounge
Serba-Serbi KA Pangrango Relasi Bogor Paledang - Sukabumi
...
TS
wiratama12
Serba-Serbi KA Pangrango Relasi Bogor Paledang - Sukabumi
Quote:
"WELCOME TO MY THREAD"
Spoiler for READ THIS FIRST:
- Thread ini asli pertama, no dopost
- Harap baca baik-baik isi thread ini
- Jangan lupa tinggalkan jejak di thread ini, TS sangat menghargai inisiatif agan menanggapi isi thread ini
- Jangan lupa kasih cendol ke TS, but no BATA
Quote:
Pada tanggal 9 November 2013, KA Pangrango secara resmi memulai perjalanan dari Bogor (Halte Bogor Paledang) ke Sukabumi (Stasiun Sukabumi). KA yang diresmikan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan ini berjalan dengan rangkaian eksekutif dan ekonomi, tersiri atas 2 gerbong eksekutif, kereta makan pembangkit ekonomi dan 4 gerbong ekonomi (Update terakhir pada kemain) dan ditarik dengan lokomotif CC 204 atau CC 206. Sebenarnya banyak hal yang ditemui baik sebelum dan saat KA Pangrango dioperasikan. Berikut Serba Serbi KA Pangrango Relasi Bogor Paledang - Sukabumi.
Quote:
1. Berawal dari Terjebak Kemacetan
Bagi para pembaca yang berasal dari Sukabumi ataupun Bogor, mungkin sering akrab dengan kemacetan di jalan raya Sukabumi-Bogor. Perjalanan yang seharusnya hanya memakan waktu satu jam bisa mencapai lima jam bahkan lebih. Tentu ini sangat mengganggu mobilitas semua orang, khususnya yang berasal dari Sukabumi yang berkerja di Bogor atau Jakarta. Hal yang sama juga dirasakan oleh Dahlan Iskan dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang terjebak kemacetan di jalan tersebut ketika hendak ke Sukabumi. Atasa dasar inilah, Dahlan Iskan meminta restu Presiden dan meminta PT. KAI agar membuka kembali Jalur KA Bogor Sukabumi
Bagi para pembaca yang berasal dari Sukabumi ataupun Bogor, mungkin sering akrab dengan kemacetan di jalan raya Sukabumi-Bogor. Perjalanan yang seharusnya hanya memakan waktu satu jam bisa mencapai lima jam bahkan lebih. Tentu ini sangat mengganggu mobilitas semua orang, khususnya yang berasal dari Sukabumi yang berkerja di Bogor atau Jakarta. Hal yang sama juga dirasakan oleh Dahlan Iskan dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang terjebak kemacetan di jalan tersebut ketika hendak ke Sukabumi. Atasa dasar inilah, Dahlan Iskan meminta restu Presiden dan meminta PT. KAI agar membuka kembali Jalur KA Bogor Sukabumi
Quote:
2. Gerak Cepat PT. KAI, perbaikan Jalur KA Bogor Sukabumi
Permintaan Dahlan Iskan langsung direspon oleh Direktur Utama PT. KAI, Ignasius Jonan. PT. KAI DAOP I Langsung bergerak cepat untuk menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk perjalanan kereta dari Bogor ke Sukabumi. Sebenarnya semua infrastrukutur di jalur tersebut dalam kondisi layak pakai, namun kondisi rel dan bantalan yang masih menggunakan rel tipe R 33 dan bantalan besi membuat kecepatan KA terbatas antara 40-70 km/jam, bergantung kondisi rel dan sekitarnya. Selain itu pula, persinyalan di jalur tersebut juga perlu perbaikan karena banyak komponen penting yang hilang. Stasiun di jalur ini dipermak agar menyesuaikan standar saat ini. Halte Paledang dibangun secara semi permanen, 300 meter sebelah selatan Stasiun Bogor, sebagai tempat start kereta ke Sukabumi. Selain itu jaur tersebut rencanannya akan digunakan sebagai dinas KA Aqua yang akan direaisasikan pada tahun 2014.
Permintaan Dahlan Iskan langsung direspon oleh Direktur Utama PT. KAI, Ignasius Jonan. PT. KAI DAOP I Langsung bergerak cepat untuk menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk perjalanan kereta dari Bogor ke Sukabumi. Sebenarnya semua infrastrukutur di jalur tersebut dalam kondisi layak pakai, namun kondisi rel dan bantalan yang masih menggunakan rel tipe R 33 dan bantalan besi membuat kecepatan KA terbatas antara 40-70 km/jam, bergantung kondisi rel dan sekitarnya. Selain itu pula, persinyalan di jalur tersebut juga perlu perbaikan karena banyak komponen penting yang hilang. Stasiun di jalur ini dipermak agar menyesuaikan standar saat ini. Halte Paledang dibangun secara semi permanen, 300 meter sebelah selatan Stasiun Bogor, sebagai tempat start kereta ke Sukabumi. Selain itu jaur tersebut rencanannya akan digunakan sebagai dinas KA Aqua yang akan direaisasikan pada tahun 2014.
Quote:
3. KA Pangrango -> Reinkarnasi KRD Bumi Geulis
Pada tanggal 9 November, KA Pangrango resmi beopreasi di jalur Bogor-Sukabumi. Sebenarnya KA ini adalah penerus dari KA sebelumnya, KRD Bumi Geulis, yang sudah jalan sejak tahun 2006. Pada Desember 2012 KRD Bumi Geulis terpaksa berhenti beroperasi akibat kerusakan dari rangkaian KRD akibat usia KRD yang uzur. Akibatnya, Jalur KA Sukabumi-Bogor menjadi kosong tanpa KA dan banyak penumpang terpaksa beralih ke transportasi lain yang lebih mahal. Padahal KRD Bumi Geulis ini menjadi favorit warga Sukabumi karena cepat dan murah. Beroperasinya KA Pangrango menjadi pelepas dahaga warga Sukabumi yang menginginkan transportasi cepat ke Bogor atau Jakarta.
Spoiler for KRD Bumi Geulis:
Spoiler for KA Pangrango:
Spoiler for Poster Promosi KA Pangrango:
Spoiler for Jadwal KA Pangrango:
Pada tanggal 9 November, KA Pangrango resmi beopreasi di jalur Bogor-Sukabumi. Sebenarnya KA ini adalah penerus dari KA sebelumnya, KRD Bumi Geulis, yang sudah jalan sejak tahun 2006. Pada Desember 2012 KRD Bumi Geulis terpaksa berhenti beroperasi akibat kerusakan dari rangkaian KRD akibat usia KRD yang uzur. Akibatnya, Jalur KA Sukabumi-Bogor menjadi kosong tanpa KA dan banyak penumpang terpaksa beralih ke transportasi lain yang lebih mahal. Padahal KRD Bumi Geulis ini menjadi favorit warga Sukabumi karena cepat dan murah. Beroperasinya KA Pangrango menjadi pelepas dahaga warga Sukabumi yang menginginkan transportasi cepat ke Bogor atau Jakarta.
Quote:
4. Start dari Halte Bogor Paledang
Mungkin ketika KA Pangrango beroperasi, muncul di benak para penumpang, Kenapa start di Halte Paledang? Kenapa gag sekalian start dari Stasiun Bogor? Hal ini disebabkan karena Stasiun Bogor sudah sangat padat dengan perjalanan KRL Comuter. Jam KA Pangrango memang selalu bertepatan dengan jam padatnya perjalan KRL. Agar tak mengganggu perjalanan KRL, dibangunlah Halte Paledang sebagai tempat memulainya KA Pangrango ke Sukabumi. Sedangkan di Staiun Bogor sebagai tempat membalikkan posisi lokomotif, itupun sering mengalami kesulitan karena harus menunggu jalur aman dari KRL. Hal inilah yang kadang sering mengakibatkan keterlambatan KA Pangrango. Untuk langkah preventif, rencanannya layout Staiun Bogor akan diubah (pengaktifan Spoor Badug Jalur 1) sehingga loko KA Pangrango bisa berpindah dengan leluasa dan kedepannya KA Pangrango bisa start dari Staiun Bogor (Jalur 1). Halte Paledang sendiri hanyalah staiun sementara yag bersifat semi permanen (dilihat dari bangunannya).
Spoiler for Halte Bogor Paledang:
Mungkin ketika KA Pangrango beroperasi, muncul di benak para penumpang, Kenapa start di Halte Paledang? Kenapa gag sekalian start dari Stasiun Bogor? Hal ini disebabkan karena Stasiun Bogor sudah sangat padat dengan perjalanan KRL Comuter. Jam KA Pangrango memang selalu bertepatan dengan jam padatnya perjalan KRL. Agar tak mengganggu perjalanan KRL, dibangunlah Halte Paledang sebagai tempat memulainya KA Pangrango ke Sukabumi. Sedangkan di Staiun Bogor sebagai tempat membalikkan posisi lokomotif, itupun sering mengalami kesulitan karena harus menunggu jalur aman dari KRL. Hal inilah yang kadang sering mengakibatkan keterlambatan KA Pangrango. Untuk langkah preventif, rencanannya layout Staiun Bogor akan diubah (pengaktifan Spoor Badug Jalur 1) sehingga loko KA Pangrango bisa berpindah dengan leluasa dan kedepannya KA Pangrango bisa start dari Staiun Bogor (Jalur 1). Halte Paledang sendiri hanyalah staiun sementara yag bersifat semi permanen (dilihat dari bangunannya).
Quote:
5. Tiket KA Pangrango beda dengan tiket KRL
Pernah ada penumpang yang memiliki permintaan agar penumpang KRL dari Jakarta yang akan ke Sukabumi cukup menggunakan Kartu Multi Trip KRL, tanpa harus membeli tiket KA Konvesional di Halte Paledang. Perlu diketahui karena KA Pangrango dklasifikasikan sebagai "KA Ekspres" (KA Jarak Jauh) dan ada sistem kelas, maka sistem tiket KRL tidak bisa disamakan dengan KA Pangrango. Penumpang harus membeli tiket konvensional KA Pangrango di Halte Paledang. Stasiun Bogor sendiri sudah terlanjur di setting sistem tiketnya khusus untuk KRL.
Pernah ada penumpang yang memiliki permintaan agar penumpang KRL dari Jakarta yang akan ke Sukabumi cukup menggunakan Kartu Multi Trip KRL, tanpa harus membeli tiket KA Konvesional di Halte Paledang. Perlu diketahui karena KA Pangrango dklasifikasikan sebagai "KA Ekspres" (KA Jarak Jauh) dan ada sistem kelas, maka sistem tiket KRL tidak bisa disamakan dengan KA Pangrango. Penumpang harus membeli tiket konvensional KA Pangrango di Halte Paledang. Stasiun Bogor sendiri sudah terlanjur di setting sistem tiketnya khusus untuk KRL.
Quote:
6. KA Pangrango akan diteruskan sampai Bandung
KA Pangrango sejatinya akan diteruskan sampai Bandung pada tahun 2014. Saat ini PT. KAI DAOP II, yang menanungi Jalur Padalarang - Sukabumi, sedang melakukan perbaikan jalur terebut, mengingat jalur ini kondisinya yang paling mengenaskan ketimbang Jalur Bogor-Sukabumi. Terowongan Lampegan yang runtuh pada tahun 2010 (penyebabn terputusnya Jalur Cianjur-Sukabumi) sudah diperbaiki dan siap dilintasi. Jalur Sukabumi Cianjur sedang tahap studi, sedangkan Jalur Cianjur-Padalarang sejatinya siap dilintasi KA, namun karena tidak mampu menahan bebang KA yang berat, Jalur ini akan mengalami perbaikan besar2an. Sedangkan rangkaian KRD Bumi Geulis sendiri sudah diperbaiki dan sudah stand by di Tanah Abang. Kedepannya KA Pangrango hanya akan berhenti di stasiun-stasiun tertentu di Jalur Bogor-Padalarang, sedangkan KRD Bumi Geulis akan diaktifkan lagi dan melayani Jalur Bogor-Sukabumi dengan berhenti di semua stasiun
SEKIAN DAN TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA
Diubah oleh wiratama12 20-11-2013 13:30
0
10.4K
Kutip
80
Balasan
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
923.3KThread•84KAnggota
Urutkan
Terlama
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru