Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

perdjoenganmudaAvatar border
TS
perdjoenganmuda
PDI-P: Pemilu 2014 Bukan untuk Tokoh Senior
Politisi PDI Perjuangan Tubagus Hasanudin menilai tokoh-tokoh muda memiliki peluang besar dalam Pemilihan Umum Presiden 2014. Ia yakin, calon presiden yang berasal dari tokoh-tokoh muda lebih menarik bagi masyarakat pemilih di tahun depan.

Lebih jauh, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat ini menuturkan, ambisi tokoh-tokoh senior untuk maju sebagai calon presiden tak akan ada gunanya. Bahkan ia menganggap semua usaha akan sia-sia dan membuang-buang waktu, energi, serta biaya.

"Siapa pun yang senior enggak akan terpilih, itu hanya buang uang. Lebih baik tokoh muda saja yang muncul," kata Hasanudin dalam sebuah diskusi bertajuk "Menyoal Rekrutmen Ideal Kepemimpinan Nasional", di Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (18/11/2013).

Secara pribadi, Hasanudin beranggapan bahwa seorang calon pemimpin harus memenuhi tiga syarat utama. Syarat tersebut adalah, pertama, kredibilitas. Ia menjelaskan, kredibilitas merupakan fondasi penting bagi seorang pemimpin yang tak dapat dibangun dalam waktu singkat.

"Ini diperhatikan rakyat dari awal sampai mencalonkan jadi capres atau cawapres. Jujur, visioner, cerdas, tegas, ikhlas, dan tekun," ujarnya.

Kedua, Wakil Ketua Komisi I DPR ini menyatakan bahwa calon pemimpin harus mampu mengendalikan emosinya. Pasalnya, pemimpin akan menemukan banyak masalah yang belum tentu dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Dalam posisi sulit, semua pemimpin idealnya selalu menebar emosi yang positif, bukan memancarkan gelombang emosional.

"Terakhir, pemimpin harus memiliki kompetensi. Mampu menganalisis, mampu merencanakan, dan punya kemampuan intelektual," ujarnya.

PDI-P: Pemilu 2014 Bukan untuk Tokoh Senior
Hasanudin juga memberikan catatan masalah yang harus menjadi prioritas untuk calon pemimpin mendatang, yaitu harus mampu menyelesaikan intoleransi, mampu menegakkan hukum dan memberantas korupsi, menyelesaikan konflik pertanahan, menyelesaikan masalah ketenagakerjaan dan perlindungan TKI, menjamin pertumbuhan ekonomi yang adil dan merata, serta mampu mewujudkan pemerintahan yang bersih. (*http://lipsus.kompas.com/indonesiasatu/read/2013/11/18/1610559/PDI-P.Pemilu.2014.Bukan.untuk.Tokoh.Senior)

Setujukah Agan dengan pernyataan diatas bahwa sekaranglah waktunya bagi orang-orang muda untuk tampil menjadi pemimpin Indonesia?
0
1.1K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.