Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fedryAvatar border
TS
fedry
Cara Unik Menanam Pohon Alpukat, Mulai Dari Biji
Alpukat adalah buah yang nikmat untuk di jadikan jus atau digunakan sebagai bahan masakan. Lain kali ketika kamu hendak mengkonsumsi buah alpukat, jangan buang bijinya. Menanam pohon alpukat adalah hal yang seru dan gampang, dan dapat dilakukan hampir semua orang. Di bawah ini adalah langkah-langkah menanam pohon alpukat dari biji.



  1. Keluarkan biji dari buah alpukat, pastikan biji jangan sampai terpotong. Kemudian cuci bersih biji tersebut sampai tidak ada sisa daging buah, tetapi jangan sampai kulitnya (berwarna coklat) terkelupas. Akan lebih muda jika kita merendam biji di dalam air selama beberapa menit terlebih dahulu.

  2. Semua biji alpukat memiliki bagian atas dan bawah. Bentuk biji tidak bulat sempurna, bagian atas biasanya lebih runcing, dan bagian bawah agak datar. Akar akan muncul dari bagian bawah, dan tunas akan tumbuh dari bagian atas. Yang penting adalah bagian bawah biji harus diletakkan di dalam air, sehingga akar dapat tumbuh.

  3. Sediakan satu buah gelas transparan yang telah diisi penuh dengan air. Disinilah kita akan menempatkan biji alpukat sampai muncul tunas pada bagian atas.

  4. Tancapkan 3 batang tusuk gigi di bagian samping biji alpukat, mengarah sedikit ke bawah dan dalam posisi yang seimbang. Pastikan tusuk gigi tertancap kuat karena tusuk gigi-tusuk gigi ini berfungsi sebagai penahan biji pada bibir gelas sehingga bagian bawah biji dapat berada di dalam air dan bagian atas tetap kering.

  5. Letakkan gelas yang telah diletakkan biji alpukat di tempat yang terkena cahaya matahari. Alasan kita menggunakan gelas transparan adalah agar kita dapat mengetahui apakah akar telah tumbuh. Dan juga ketika muncul lumut, bakteri atau jamur, kita bisa segera mengganti air dalam gelas. Air dalam gelas boleh diganti sehari sekali, tetapi rekomendasi para ahli adalah mengganti air 5-7 hari sekali.

  6. Tunas akan tumbuh dalam waktu 2-8 minggu, jadi kita harus sabar menunggu. Ketika kulit berwarna coklat mulai mengering dan terkelupas, akan terbentuk retakan dari bagian atas sampai ke bawah biji, dan kemudian muncullah akar tunggang. Akar ini akan tumbuh semakin tinggi dan besar, sampai akhirnya setangkai tunas akan muncul di bagian atas biji. Kita harus terus memperhatikan kesuburan akar tunggang ini, jika tidak tunas akan mati.

  7. Ketika batang telah tumbuh mencapai 15-18 cm, potong pucuk batang sekitar 7,5 cm, ini akan mempercepat pertumbuhannya. Ketika batang tumbuh lagi mencapai 15-18 cm, potong lagi dan kali ini biji dipindahkan ke pot berdiameter 20-25 cm yang telah diisi dengan tanah humus. Pastikan setengah dari biji tersebut tidak terkubur tanah, lalu pindahkan pot ke tempat yang terkena cahaya matahari.

  8. Tanah harus tetap dalam kondisi lembab. Jika kita melihat daun mulai berwarna kuning, ini menandakan air terlalu banyak. Tetapi jangan takut, biarkan saja tanaman menyerap air sampai tanah kering, dan kita boleh menyiramnya lagi.

  9. Agar tanaman dapat tumbuh lebih besar, pisahkan daun yang ada pada pucuk. Lakukan cara ini ketika batang telah mencapai panjang 30 cm. Lakukan juga cara ini pada cabang-cabang yang sudah tumbuh mencapai 15 cm.

  10. Pastikan agar tanaman selalu bebas dari serangan kutu. Caranya adalah dengan menyiram tanaman dengan air jika ada serangan kutu. Ketika sudah tidak ada kutu, semprotkan campuran air dengan beberapa tetes sabun cuci piring dan satu sendok teh minyak neem. Periksa kembali setelah 4-5 hari untuk memastikan tanaman tetap bersih. Jika ternyata masih ada kutu, lakukan lagi cara ini hingga bersih.


Setelah beberapa tahun, pohon akan mulai berbuah. Terkadang perlu 15 tahun, atau bahkan tidak akan pernah berbuah sama sekali. Hal lainnya yang patut diketahui adalah, pohon yang tumbuh dari biji dari alpukat paling nikmat di dunia belum tentu menghasilkan kualitas buah yang sama. Pohon alpukat yang tumbuh secara alami memang memiliki kualitas berbeda. Sebaiknya kita menanam beberapa pohon sekaligus untuk membantu penyerbukan dan menghasilkan buah yang lebih baik.

Sumber
Kunjungi website bacabaca.co.id buat nambah ilmu ya!
Juga Like Facebook pagenya di Baca-baca Facebook Page emoticon-thumbsup
Spoiler for Silahkan dibuka untuk melihat thread keren lainnya:
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
14.8K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.