Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DonkpretzAvatar border
TS
Donkpretz
[Edhi Sunarso] Pematung Tugu Pancoran & Selamat Datang kini Tergolek Lemah
[Edhi Sunarso] Pematung Tugu Pancoran & Selamat Datang kini Tergolek Lemah
Edhi Sunarso dan Bung Karno yang memperagakan patung Selamat Datang. ©Repro:Meniti Jalan Pembebasan


Merdeka.com -Kaki tua Edhi Sunarso sudah tidak lagi mampu menopang tubuhnya. Gerakan tangannya yang dulu luwes dan kokoh memahat patung pun sudah tak lagi lincah. Sudah satu tahun lamanya, pematung kawakan Indonesia yang membuat Tugu Selamat Datang dan Pancoran di Jakarta ini terkulai lemas akibat penyakit stroke.

Dengan dipapah perawatnya, Edi menemui reporter merdeka.com yang berkunjung ke rumahnya di Jalan Kaliurang, Yogyakarta beberapa waktu lalu. Di dalam rumahnya sejumlah patung-patung hasil karyanya dipajang di setiap sudut ruangan dan di atas rak-rak.

Tampak juga tergantung di dinding fotonya bersama dengan Presiden Soekarno saat presiden pertama Indonesia itu meninjau pengerjaan patung Selamat Datang. Dengan susah payah Edi mencoba membuka mulutnya untuk berbincang. Sudah satu tahun sejak ibu meninggal, saya kena stroke, kata Edhi pada merdeka.com dengan suara yang tidak jelas.

Sayangnya perbincangan tersebut tidak berlangsung lama. Edhi harus kembali beristirahat karena kondisi tubuhnya yang sudah tidak memungkinkan untuk berbincang-bincang lebih lama. Namun sebelum mengakhiri perbincangan, Edhi sempat bercerita tentang pembangunan museum dan galerinya di daerah Mlati, Sleman.

Edhi Sunarso merupakan salah satu pematung legendaris Indonesia yang merupakan generasi terakhir dari sanggar pelukis rakyat yang masih hidup. Namanya mulai dikenal ketika ia dipercaya Soekarno untuk membuat patung Selamat Datang dan Tugu Pancoran.
Karya-karya besar Edhi Sunarso menghiasai Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia. Selain Tugu Pancoran dan Tugu Selamat Datang, karya lain Edhi Sunarso antara lain Tugu Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng dan Tugu Muda Semarang. Belum lagi karya diorama seperti yang bertebaran di berbagai museum seperti Monumen Nasional di Jakarta, Museum Lubang Buaya, Museum Pancasila Sakti Lubang Buaya, atau Museum Jogja kembali di Yogyakarta.

Edhi Sunarso

Edhi Sunarso, salah satu pematung terbaik yang pernah dilahirkan republik.. emoticon-Berduka (S)

Quote:
Diubah oleh Donkpretz 17-11-2013 20:03
0
4.3K
36
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.