Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AlasanAvatar border
TS
Alasan
Dept Store pertama yg bisa Grosir di Indonesia
Welcome to my thread & Story.



Spoiler for UPDATE STOCKWELL:



Spoiler for ID StockWell di FJB Kaskus:


Beberapa waktu lalu ane sempat jalan-jalan ke Surabaya dan mampir ke sebuah tempat yang menurut ane sangat unik.
Nama tempat nya adalah StockWell yang mengklaim dirinya sebagai factory store pertama (FO) yang bisa grosir. Lokasinya ada di ITC Mega Grosir lt. 2. Bloknya ane ga tau Gan tp tanya aja, tokonya gede kok.
Tapi buat ane, StockWell lebih tepat disebut sebagai department store pertama yang bisa grosir Gan. Betapa tidak? Gedenya aja sampai 3000m2, dah gitu barang-barangnya juga lengkap dari anak-anak, remaja, dewasa co-ce bahkan sampai aksesoris macam sepatu, sabuk, dan topi juga ada.

Spoiler for StockWell:


Jadi wajar dunk Gan kalo ane sebut StockWell ini sebagai Dept. Store pertama yang bisa Grosir? karena gedenya itu loh...
emoticon-Ngakak

Nah dari tadi ane bilang bisa grosir mulu, penasaran khan?
cekidot Gan, biar foto aja yang berbicara

Spoiler for Harga Grosir:


Karena udah ganti konsep maka harga grosirnya diganti dengan diskon 50% Gan alias bayar saja 1/2 harga.

Spoiler for Kemeja Branded Harga Merakyat:


Spoiler for Kemeja EDC:


Nah dari tadi ane kasih foto-foto produk yang ane beli, berasa gak keunikan berikutnya dari StockWell ini?

Yup Agan/Sis bener banget bahwa di StockWell pengunjung dibebaskan untuk mengambil foto produk ataupun foto narsis emoticon-Ngakakbaik jadi maupun tidak jadi beli. Jadi pastinya hal ini cocok banget buat pedagang online karena tidak perlu nimbun stok banyak-banyak.
Bahkan menurut yang jaga, kalau sudah jadi langganan Agan/Sis bisa minta disimpankan produk tertentu untuk jangka waktu tertentu. Kemarin diceritain bahwa ada pelanggan yang sampe minta disimpenin 200 pcs t-shirt esprit berbagai macam ukuran utk waktu 3 hari. Ane sih percaya ga percaya Gan, tapi kalo liat tokonya yang gede banget dan stoknya berlimpah ane sih manggut-manggut aja.

Walau toko ini emang asik buat belanja tapi Agan/wati kudu jeli n ati-ati kalau milih baju yang ditawarkan. Kalau jeli Agan/wati bakalan dapat barang yang murahnya ga ketulungan dengan kualitas premium dari brand ternama. Tapi kalau kurang ati-ati bakal terkecoh dengan produk lokal yang sok asing dengan harga dan kualitas standar. Kenapa ane bilang kualitas dan harga standar? Karena Indonesia sudah terkenal sebagai salah satu produsen tekstil terbaik di dunia. Jadi kalau dibanding Vietnam, Thailand, Kamboja, dll dll … kualitas produk Indonesia masih diakui lebih bagus. Jadi kalaupun Agan/wati beli produk lokal yang sok asing di StockWell sebenarnya ga rugi-rugi amat sih. Harganya cukup fair menurut Ane. Cuma kita khan kudu pinter-pinter memanfaatkan duit dikala semua sedang sulit khan?
hehehe

Soalnya ane sebelum ke StockWell sudah liat di Matahari dan Ramayana sudah liat harga kemeja n eng-ing-eng …. walaupun diskon 70% harga awalnya 300-an ribu untuk produk lokal. Jatuhnya harganya tetep aja seratus ribuan. Kalau di StockWell ane dapat kemeja ekspor dengan harga Cuma 52.000 masih diskon 2600 lagi karena beli 2 pcs.

Dari tadi Ane muji mulu, pasti ntar dikirain karyawan StockWell atau malah ownernya nih.

Jadi untuk perimbangan Ane akan ceritakan juga sisi minus dari StockWell ini. Selain kudu jeli, Agan/wati juga kudu pastiin bahwa barang yang dibeli benar adanya. Maksud ane, pastiin ukurannya, ada cacatnya atau tidak dsb-dsb. Karena nih, menurut yang jaga disana, tukar barang cuma boleh untuk barcode yang sama alias paling banter tukar ukuran. Walau kita mau nambah sekalipun, peraturan disana ga memperbolehkan Agan/wati buat tuker produk beda barcode. Well … kurang fleksible aja sih nurut Ane. Jadi sekali lagi pastiin bahwa baju atau apapun itu yang Agan/wati beli emang udah cucok n pas baru bayar.

Nah minus yang berikut adalah lagi-lagi Agan/wati kudu jeli. Kali ini Agan/wati kudu jeli liat struk kasir yang di print karena system di sana a little bit weird alias aneh. Ini merupakan pengalaman pribadi karena pas itu ane ngeborong satu keranjang penuh (kalap abis gajian hehehehe). Ceritanya ane pas dikasir suasana emang rame banget n petugas kasirnya dengan kecepatan tinggi main scan belanjaan ane. Nah pas udah bayar n liat struk baru ketauan kalau kemeja Mustang yang ane beli 2 pcs ga dapet diskon padahal seperti dijelasin di atas harusnya ane dapat diskon +/-5% alias diskon 2600 perak perbaju.

Spoiler for Kekalapan Ane:

Tapi masalah cepat selesai karena kasirnya mau mengakui kesalahan dan belanjaan ane di transaksi ulang deh. Setelah dijelasin, ternyata program disana kalau discan satu-satu akan dianggap satuan, sedangkan kalau mau dapat diskon harus scan sekali trus kaliin 2 dikibor. Ane sih Cuma manggut-manggut aja toh yang jelasin juga lumayan manis heheheh. Tapi nurut ane sih programnya cukup aneh hehehe. Jadi pls cek n ricek struk kasir Agan/wati ya biar kejadian yang menimpa ane ga terulang.

Spoiler for kiyut:



Next minus berikut, adalah ukurannya ga semua tersedia. Karena banyak yang sisa ekspor jadinya banyak ukuran yang bolong-bolong. Ada yg ukuran kecilnya ga ada, tp ada juga yg ukurannya ga ada yg gede
emoticon-Ngakak

Nah berikut tips dan trik untuk belanja di StockWell :
1. Jeli dan ati-ati beli produk branded, karena ada juga yang aspal dengan kualitas dan harga yang standar.
2. Tokonya gede banget Gan, jadi Agan kudu telaten berburu. Karena kalau Agan telaten, bisa jadi dapat harta karun berupa produk Branded dengan harga yang super duper murah sekaleeeeee. Clue nya adalah kadang diantara tumpukan baju-baju yang keliatannya sama semua kalau ada yang beda sendiri coba deh Agan tarik, karena kadang-kadang ada produk branded dengan harga murah ngumpet disana.
3. Mau tahu bedanya produk sisa ekspor dan produk lokal sok asing? Kenali ciri-cirinya sebagai berikut Gan :
a. Produk branded biasanya royal dengan detail-detail kecil yang membuat produk mereka lebih hidup. Logikanya mereka pesan dengan harga lumayan mahal, jadi detail-detail kecil walau menambah harga dan lama pastinya ga masalah buat mereka. Produk lokal sok asing biasanya lempeng-lempeng saja karena biasanya kejar-kejaran cost dan waktu.
Spoiler for Detail kecil yg jadi trade mark:


b. Jahitannya pasti halus dan biasanya kerapatannya sangat rapat. Kadang ada juga yang sampai dobel lajur, sedangkan kebanyakan merk lokal sok asing biasanya cuma 1 lajur dengan kerapatan medium ke renggang.
Spoiler for Jahitan Halus dan rantai:

c. Made in Indonesia, Produk sisa ekspor pasti ada tulisan atau label yang bertuliskan made in Indonesia karena merupakan syarat wajib produk tersebut masuk ke satu Negara.

Spoiler for Made In Indonesia:


d. Nah, ciri yang ke 4 ini yang paling sahih bahwa setiap produk sisa ekspor pasti ada nomor registrasi nya yang konon menurut sesepuh, nomor tersebut bertujuan untuk memudahkan fungsi tracking mengenai asal-usul dan legalitas produk.
Spoiler for Nomor Registrasi:

e. Semoga bisa membantu Agan/wati semua dalam berburu produk sisa ekspor di StockWell maupun konter FO lainnya.
Nah selamat berbelanja Gan, dan sampai ketemu lagi di thread berikutnya.


Spoiler for tambahan tips dari Agan gawegawe:

Spoiler for Pesan TS:
Diubah oleh Alasan 31-10-2013 03:54
0
61.7K
569
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.