buruflyAvatar border
TS
burufly
Mau Merinding di Hari Pahlawan? Coba ke Tempat-Tempat Ini
Walaupun 10 November bukan tanggal merah di Indonesia, Hari Pahlawan yang mengenang Peristiwa 10 November di Surabaya ini masih dirayakan sebagai hari bersejarah penting bagi negeri ini. Ini dia Gan, tempat bersejarah perjuangan di Indonesia yang bisa Agan kunjungi akhir pekan ini untuk mengenang perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Kalau orang Indonesia beneran, niscaya merinding emoticon-I Love Indonesia

Tugu Pahlawan, Surabaya

Spoiler for Tugu Pahlawan Surabaya:

Peristiwa 10 November 1945 terjadi setelah proklamasi kemerdekaan RI oleh Soekarno dan Hatta, tetapi sebelum kebanyakan bangsa di dunia mengakui kedaulatan Indonesia sebagai negara. Dalam perang ini jugalah Indonesia pertama kali tampil sebagai bangsa merdeka melawan penjajah asing. Kini Tugu Pahlawan menjadi tempat bersejarah perjuangan di Indonesia yang mengenang Peristiwa 10 November sebagai simbol resistensi Indonesia terhadap kolonialisme.

Di tengah taman yang terawat indah, Tugu Pahlawan yang berbentuk lingga atau paku terbalik ini sudah menjadi ikon Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Di bawah situs bersejarah ini ada museum yang memamerkan memorabilia of Bung Tomo dan Arek-Arek Suroboyo yang darahnya tertumpah dalam peperangan ini.

Surabaya emang menyimpan banyak sejarah perjuangan bangsa. Cek di siniada apa lagi di Kota Pahlawan ini.


Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Bandung

Spoiler for Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat:

Sementara itu, Jawa Barat pun ramai dengan pertempuran melawan Sekutu antara tahun 1945 dan 1949. Untuk mengenang periode ini, berdirilah Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat yang berbentuk bambu runcing. Tempat bersejarah perjuangan di Indonesia ini terletak di Jl Dipati Ukur, Bandung.

Sejak dibuka pada tahun 1996, Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat merupakan ruang terbuka hijau yang berhiaskan pohon-pohon palem botol, relief yang menggambarkan perang Jawa Barat, dan prasasti yang menceritakannya dalam bahasa Sunda. Di bawah situs bersejarah ini seharusnya terdapat perpustakaan, aula, dan museum yang memamerkan memorabilia perang Jawa Barat, tetapi hingga kini belum pernah dibuka untuk umum.

Monumen Pattimura, Ambon

Spoiler for Monumen Pattimura Ambon:

Sebaliknya, kepulauan rempah Maluku adalah wilayah Nusantara yang sudah dijajah bangsa Eropa sejak 1500-an, lebih awal dari wilayah-wilayah lainnya. Pada 1817, umat Kristen dan Muslim dari pulau Ambon dan Saparua bersatu di bawah kepemimpinan Kapiten Thomas “Pattimura” Matulessy dalam Perang Pattimura. Pertumpahan darah ini merupakan pemberontakan terhadap monopoli perdagangan rempah yang dibangun di atas kerja paksa rakyat Maluku.

Banyak pahlawan Maluku lainnya juga bertempur dalam Perang Pattimura, di antaranya Paulus dan Christina Martha Tiahahu, serta Philip Latumahina. Monumen Pattimura di Lapangan Merdeka, Ambon, dibangun di tempat di mana Belanda menghukum gantung Pattimura. Kini, tempat bersejarah perjuangan di Indonesia ini sering menjadi venue konser musik dan pertandingan olahraga. Di dekatnya juga terdapat Gong Perdamaian Ambon yang terkenal.

Masih ada tempat-tempat bersejarah lainnya, misalnya di bawah ini :



Ada yang bisa menebak ini di mana? Nah, biar nggak penasaran, cekidot
kemari

Selamat Hari Pahlawan! Mari kita mengheningkan cipta sejenak, kemudian lanjutkan perjuangan! emoticon-I Love Indonesia (S)
0
3.1K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.