Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

madi.notoAvatar border
TS
madi.noto
Inilah Sejarah Kenapa Hari Minggu Jadi Hari Libur di Indonesia
Selamat pagi agan/sista, pada pagi yang cerah ini perkenankan ane membagi cerita tentang asal usul liburnya hari minggu. Udah pada tau belum? Belum kan, makanya pantengin terus thread ane emoticon-Ngakak

Spoiler for reff:


Kenapa hari minggu di indonesia jadikan hari libur ? kenapa tidak hari senin, selasa atau hari yang lainnya.



Di Setiap sekolah , pegawai negeri sipil, pegawai kantoran dan pabrik akan libur dari pekerjaannya mereka pada hari minggu karena Negara Indonesia menetapkan hari minggu tersebut sebagai hari libur, dan jika ada sebagian pegawai yang bekerja pada hari minggu maka akan masuk kerja lemburan dan pastinya akan mendapatkan upah lebih besar dari hari kerja normal.

Lalu kenapa Negara Indonesia menetapkan hari minggu sebagai hari libur ? tidak seperti negara Arab yang memberlakukan hari jumat sebagai hari libur karena alasan adanya shalat jumat pada hari tersebut. Lalu apa alasan Negara Indonesia dan Negara-negara lainnya di dunia menetapkan hari minggu sebagai hari libur ?

Sejarah ini berasal dari tradisi orang-orang Romawi kuno di Itali.Orang romawi kuno melakukan ibadah pada hari minggu, oleh karenanya hari minggu dijadikan sebagai hari lbur. Orang romawi juga menandai hari minggu dan hari sejarah lainnya dengan warna merah.

Pada saat itu Romawi kuno banyak menguasai Negara-negara di Eropa, seperti Belanda, Jerman, Perancis, inggris dan Negara lainnya.Disinilah tradisi hari minggu sebagai hari libur diwariskan Bangsa romawi kepada Negara-negara jajahannya termasuk Belanda.Belanda pun menjajah Indonesia dan memariskannya.

Dari sejarah inilah bangsa Indonesia menetapkan hari minggu sebagai hari libur Nasional dan menandai hari sejarah lainnya dengan warna merah hingga sampai sekarang ini , begitu juga Negara-negara lainnya menetapkan hari minggu sebagai hari libur nasional.

Ternyata libur karena meniru kebiasaan romawi toh emoticon-Big Grin
Baru ngeh ane emoticon-Ngakak

Tambahan dari kaskuser:
Quote:


Quote:



Tentang Kalender Gregorian:

Bedah kalender Julian dan Gregorian

Spoiler for reff:


Bedah Kalender “Masehi”

Kalender “Masehi” merupakan almanak paling populer di antero bumi, oleh karena itu semua perhitungan penanggalan sejarah dunia, acuannya adalah tahun “0” Masehi. Apa ini ada hubungannya dengan Gelar yang dimiliki oleh Pribadi Agung Yeshua (Yunani=Iesous, Latin=Iesos, Inggris=Jesus) Padahal asal-muasalnya tidak ada sangkut-paut dengan peristiwa “sejarah hidup” Yeshua Sang Mesias! Bahkan “ketuhanan” yang termuat didalam nama-nama bulannya adalah “theologia” kepercayaan Romawi dan Yunani.

Untuk membedahnya kita bagi dalam 3 Fase sejarah: (I) Kupas Tuntas Kalender Julian dan (II) Masa Transisi serta (III) Kupas Tuntas Kalender Gregorian.

I. Kupas Tuntas Kalender Julian.

Julius Caesar adalah Penguasa Romawi yang sangat fenomenal, hal itu terbukti nama belakangnya indentik dengan kekuasaan yaitu “Caesar”, sehingga nama tersebut menjadi gelar sebutan “Penguasa Romawi”. Maka untuk melihat dengan runut, kita harus kilas balik ke belakang tentang Kekuasaan (Kekaisaran) Roma.

A. Romulus, pendiri kota Roma; adalah saudara kembar Romus (mati di bunuh). Mereka ini adalah anak Mart si Dewa Perang yang kimpoi dengan manusia dan dibesarkan oleh seekor anjing hutan betina. Sebagai Penguasa (Kaisar) Roma lalu membuat Kalender dengan cara menjiplak Almanak Mesir apa adanya, dan hanya mengganti nama bulannya saja:
1. Mart (Nama ayahnya sebagai bulan pertama, 30 hari).
2. Aprilis (29 hari).
3.Meius (Dewi Maya, 30 hari).
4. Junius (Juno=Dewi Bulan, 29 hari).
5. Quintilis (Ratu / Penguasa, 30 hari).
6. Sestilis (Ses=Enam, 29 hari).
7. Septembre (Septo=Tujuh, 30 hari).
8. Oktobre (Oktav=Delapan, 29 hari).
9. Novembre (Nova=Sembilan, 30 hari).
10. Decembre (Deca=Sepuluh, 29 hari).
Maka dalam setahun berjumlah 304 hari.

B. Numa, Kaisar ini mengamati kalender Romulus dirasa kurang cocok berkenaan dengan musim, maka dia menambahkan dua masa sebagai bulan ke 11 dan 12, yaitu:
11. Januarius (Janus=Dewa bermuka dua, mulai datangnya musim salju, 30 hari).
12. Februarius (Febro=Dewa Kematian, 29 hari, puncak musim salju dan tanaman yang bertahan hidup adalah “rumpun” cemara).
Maka dalam setahun berjumlah 355 hari.

C. Julius Caesar (tahun 46 Sebelum “Masehi”?), membuat perombakan frontal, Nama dirinya dimasukkan dalam kelender menggantikan bulan Quintilis (Ratu / Penguasa). Kebesaran Dewa Mart di geser, Dewa Bermuka Dua Si Janus ditaruh pada tempat terhormat, yaitu bulan pertama. Karena dalam setiap lintasan tahun yang memegang kendali adalah Dewa yang bisa melihat masa depan dengan tetap mempertimbangan masa lalu, yaitu Janus. Tahun baru adalah sesuatu yang senantiasa diharap-harap dan dinantikan, sebagai pintu gerbang rahasia nasib, akhirnya dalam urutan bulan menjadi kaca-balau:

1. Januarius ( 31 hari).
2. Februarius (29 / 30 hari).
3. Mart (30 hari).
4. Aprilis (30 hari).
5. Meius (31 hari).
6. Junius (31 hari).
7. Julius (31 hari).
8. Sestilis ( Ses=Enam, 30 hari).
9. Septembre (Septo=Tujuh, 30 hari).
10. Oktobre (Oktav=Delapan, 30 hari).
11. Novembre (Nova=Sembilan, 31 hari).
12. Decembre (Deca=Sepuluh, 30 hari).
Maka dalam setahun menjadi 364 / 365 hari.

D. Agustus (keponakan Julius Caesar), juga melakukan perubahan tapi tidak begitu berarti: hanya nama dirinya dimasukkan, menggantikan nama bulan Sestilis.

Saripati:
Akhirnya Almanak ini terkenal dengan Kalender Julian, Kesakralan Julius terhadap Pribadi Janus Dewa Bermuka Dua sangat diutamakan, seperti halnya “GEREJA” dalam Liturgi Ibadah Tutup & Buka Tahun sangat menjunjung tinggi. Berapapun besarnya uang dipersembahkan, hati-pikiran dan waktu serta tenaga dipertaruhkan, berbagai metode “undian / lotre” disajikan dalam pembagian ayat-ayat berpengharapan dari Kitab Suci. Lalu apa hubungannya antara Julius Caesar dengan Yeshua Sang Mesias? Atau apa kaitannya antara Dewa Janus Yang Bermuka Dua anak Dewa Apolo (Cucu Mahadewa Jupiter / Zeus) dengan “Gereja”? itulah konspirasi satan.

II. Masa Transisi.

Pada saat kekristenan menjadi populer di wilayah kekuasaan Romawi, atas Perintah Justinian Sang Penguasa, Rahib (Pendeta) Dionysius Exiguus disuruh me”nera” kapan Mesias lahir, dan tanggal tersebut akan dinyatakan sebagai tahun “0” sebagai perhitungan awal kalender Sang Mesias. Maka saat itulah dinyatakan sebagai tahun 526 Masehi, karena waktu itu berdasarkan perhitungan Sang Rahib adalah tahun 753 Julian.

Kalender produk Rahib Dionysius terlajur dipublikasikan, ternyata ada kesalahan dalam perhitungan, lalu ada yang menghitung ulang “bahwa pada tahun tersebut dalam kalender Julian adalah tahun 749”. Akhirnya perhitungan yang dipercaya sampai sekarang adalah Yeshua Sang Mesias lahir pada Tahun 4 Sebelum Masehi, bukan tahun “0”.

III. Kupas Tuntas Kalender Gregorius.

Tahun 1582 Masehi, Paus Gregorius membuat “gebragan” yang spekatuler, Format Kalender Julian (Julius Caesar) yang diabadikan oleh Rahib Dionysius, perhitungan jumlah hari dalam setiap bulan diperbaharui berdasarkan “Ilmu Alam.” Bulan Ke 10 yaitu: hari kamis tanggal 4 Oktober lalu besoknya tetap hari jum’at, tapi tanggalnya 15 Oktober. Jadi dalam sejarah tidak pernah ada tanggal 5-14 Oktober 1582. (The Standart Dictionary, cetakan 1907”, Unversal Calendar for every year of the Christian era”.

Sehingga menjadi seperti berikut:
1. Januari (31 hari).
2. Februari (biasa 28 hari / kabisat 29 hari).
3. Mart (31 hari).
4. April (30 hari).
5. Mei (31 hari).
6. Juni (30 hari).
7. Juli (31 hari).
8. Agustus (31 hari).
9. September (30 hari).
10. Oktober (31 hari).
11. November (30 hari).
12. Desember (31 hari).

Kalender inilah yang dipakai sampai sekarang, oleh karena itu biasa disebut Kalender Gregorian karena produk Paus Gregorius, ada yang menyebut kalender Masehi karena produk rohaniwan “gereja” yang identik dengan kristiani atau mesianik, atau mengacu pada arah tanggal kelahirannya Sang Mesias.
Diubah oleh madi.noto 17-11-2013 05:11
0
5.9K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.