BillyBoenAvatar border
TS
MOD
BillyBoen
Mau Sukses? Berani Bilang "NO!"
*** Hi Agan-Aganwati, kalau kamu merasa tulisan-tulisan saya bermanfaat, mohon VOTE saya di Kaskus Awards 2013 sebagai "Kontributor Paling OK" dong. Thank you ya ***

Ketika masih SD, ayah saya pernah bilang satu hal yang saya masih ingat betul hingga detik ini, “Bill, kalau kamu mau jadi orang sukses, kamu harus berani bilang NO.” Dan, karena memang saya (dulu) anak yang bandel, emoticon-Ngakak maka setelah dengar ayah saya bilang gitu, saya langsung bilang ke dia, “No No No No No!” he he he

Sejalannya dengan waktu, saya akhirnya ngerti apa yang ayah saya maksud.

Di dalam hidup ini, kita harus bisa menset skala prioritas kita secara tepat. Kita semua hanya punya waktu 24 jam dalam sehari. Saya tahu persis, bahwa banyak banget anak-anak muda yang punya perasaan ‘ngga enakan’. Apalagi kalau ada teman yang minta tolong, dengan muka sangat memelas. Benar ngga? Jadi, seringkali, malah kita yang mengorbankan diri kita sendiri. Seringkali malah kerjaan kita yang berantakan, karena kita ‘harus’ menolong teman kita itu. Padahal, kalau Agan berani menolak dan memberikan alasan yang tepat (masuk akal), saya yakin teman Agan pun akan mengerti. Kalau pun dia ngga bisa mengerti, ya mau diapain lagi? Saya ngga ngajarin Agan untuk egois, tapi untuk bisa menset skala prioritas secara tepat.

Jadi, kalau memang Agan lagi punya kerjaan tapi ngga penting-penting banget, sementara ada teman yang minta tolong, ya jangan mentang-mentang Mas Billy pernah bilang, “Kalau mau sukses harus berani bilang NO”, lantas Agan menolak menolong teman Agan itu loh ya!

Itu soal ‘ngga enakan’. Nah, ada lagi nih.. di hidup ini, kita harus punya pendirian. Orang yang ngga punya pendirian ya biasanya galau terus hidupnya. Kalau yang paling identik dengan kehidupan anak muda, mungkin soal rokok. Kita semua tahu bahwa sebatang rokok itu dimasukin ratusan jenis bahan kimia adiktif (katanya dokter), yang kegunaannya jelas untuk buat perokok itu kecanduan dan ngga bisa lepasin kecanduannya itu. Bisa sih bisa, tapi akan sulit.

Biasanya, anak muda itu mulai ngerokok karena pengaruh dan tekanan teman-temannya. “Ah, elu ngga ngerokok, ngga keren ah! Ngga jantan! Ayo dooong!” Celotehan seperti ini udah ngga aneh untuk terdengar di telinga kita. Tapi, kalau Agan punya pendirian yang kuat, Agan akan mampu untuk menolak ajakan itu. Gampang kok nolaknya, cukup dengan senyum dan bilang, “No, thanks.”

Saya dulu pernah ngerokok. Tapi saya beruntung bisa berhenti total sejak lama. Dan sekarang saya hidup sehat; makan dijaga, olah raga teratur, istirahat 8 jam setiap malam. Siapa bilang mau jadi orang keren dan kreatif harus ngerokok? Banyak teman-teman saya yang keren-keren yang ngga ngerokok tuh; diantaranya: Yoris Sebastian, Rene Suhardono, Ryan Hendry Jauwena, Ricky Setiawan, Mardi Wu, Andy Noya, Airin Priscilla, Ligwina Hananto, Iim Fahima, Prof. Firmanzah, Ben Handradjasa, dan masih banyak lagi. Kalau ngga tau siapa aja mereka, google deh. Mereka CEO, Direktur, GM, dan Staff Khusus Presiden (Prof. Firmanzah)!

Ketika saya ngobrol sama Juara 3 L-Men of The Year 2013, ternyata dia juga ngga ngerokok! Ganteng, six pack, hidup sehat. Tuh kan.. bisa tetep keren tanpa rokok! Saya ketemu dia ketika taping #YOTMetroTv beberapa waktu lalu, dan yang mana saya juga beruntung bisa ngobrol sama co-founder Indonesia Bebas Rokok (yang sekarang juga saya dukung kampanyenya di www.youngontop.com).

By the way, beruntung para L-Men of The Year itu dijagain sama Nutrifood, sebagai pemilik brand L-Men. Karena tau ngga, bahwa mereka itu setelah ikutan ajang ini, langsung dideketin sama produsen rokok (entah langsung atau via agency).. untuk apa? Untuk jadi bintang iklan rokok! Gawat ya? Kebayang ngga kalau mereka ngga sanggup untuk bilang "NO"?

Anyway, kalau bisa sukses tanpa harus ngerokok, kenapa harus ngerokok? Mau sukses? Beranikan dan biasakan diri untuk bisa bilang “NO” ke sesuatu yang tidak menguntungkan diri Agan!

See You ON TOP!

Billy Boen
CEO, PT. YOT Nusantara
Shareholder, Rolling Stone Cafe Jakarta & PT. Jakarta International Management (JIM) & De'HUB Jakarta

@billyboen
facebook.com/billyboenYOT
www.youngontop.com

***Untuk yg mau bertanya ke saya, sign up di youngontop.com, bisa pake facebook / twitter log in. EASY! Dan silahkan kalau mau tanya-tanya ke saya di #YOTForum: https://www.youngontop.com/forum/for...Ask-Billy-Boen

***Ambil Tes Keseimbangan Pribadi (TKP) di sini: www.youngontop.com/balpil sekarang!

***Baca tulisan-tulisan berikut:
- "Mau Kaya (MK)" >>http://www.youngontop.com/buddies/ma...ya-mk-wzi6tksp
- "Berpikir Ala Orang Sukses" >> http://www.kaskus.co.id/thread/520d5...-orang-sukses/
- "Investasi Anak Muda" >> http://www.kaskus.co.id/thread/520d5...asi-anak-muda/
- "Belajar Dari Seekor Siput" >> http://www.kaskus.co.id/thread/520d5...-seekor-siput/

***Tonton #YOTMetroTv setiap hari Sabtu pukul 13.30 WIB. Be inspired!
Diubah oleh yotkc 17-11-2013 13:50
0
90.8K
1.1K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Young on Top KASKUS Community (YOTKC)
Young on Top KASKUS Community (YOTKC)KASKUS Official
1.7KThread850Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.