Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lompat.kodokAvatar border
TS
lompat.kodok
(Panastak berduka) Rumor Soal 'Utang Politik' Mega ke Prabowo di 2014
Jakarta - Serangan keras elite PDIP yang mengungkap kenangan pahit duet Mega-Prabowo ditangkis keras oleh Gerindra. Anggota Dewan Pembina Gerindra Martin Hutabarat mengungkap adanya pertemuan Batu Tulis yang menentukan arah koalisi Mega-Prabowo kala itu. Benarkah Mega punya utang politik ke Prabowo?

Kesepakatan itu dibuat dalam pertemuan di Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, 15 Mei 2009 antara PDIP dan Gerindra waktu itu menyepakati pasangan Megawati dan Prabowo. Pertemuan tersebut dihadiri semua petinggi PDIP dan Gerindra seperti Mega sendiri, Puan Maharani, Pramono Anung, Prabowo didampingi Fali Zon dan Martin Hutabarat.

"Semua total sekitar 10 orang, kita berunding. Di Batu tulis itu sampai jam 10 malam belum ada kesepakatan. Padahal orang sudah menunggu karena besoknya sudah pendaftaran terakhir kan," kisah Martin, kepada detikcom, Kamis (14/11/2013).

Kabarnya dalam pertemuan itu juga ditandatangani kontrak politik antara Mega dan Prabowo. "Ditandatangani langsung oleh Ibu Mega dan Pak Prabowo. Isinya kurang lebih, saya Megawati Soekarnoputri akan mendukung Prabowo Subianto sebagai capres di 2014," ujar sumber detikcom di internal Gerindra.

Kesepakatan itu dibuat dengan tulisan tangan oleh salah satu petinggi Gerindra. Kemudian Mega membubuhkan tandatangan dengan tegas, sebuah kesepakatan yang harus dibayar Mega lantaran Prabowo sudah mau mengalah menjadi wapres di 2009 lalu.

Namun sampai saat ini elite Gerindra belum membuka dokumen tersebut selengkapnya. Menurut sumber detikcom di internal Gerindra, data tersebut akan dirilis pasca Pileg bulan April 2014 nanti. Lalu apakah kesepakatan tersebut bakal diungkit Gerindra pasca Pileg 2014 mendatang? Jika benar ada, akankah Mega menepati kontrak politik dan membayar utang politiknya ini?

Saat ditanya terkait hal ini, Waketum Gerindra Fadli Zon tak menjawab tegas. "Itu nanti lah," jawabnya diplomatis.

[url]http://news.detik..com/read/2013/11/14/163636/2413267/10/rumor-soal-utang-politik-mega-ke-prabowo-di-2014?n991103605[/url]

UPDATE

.Perjanjian Batu Tulis Gerindra-PDIP Juga Berlaku Untuk 2014?.

Danu Damarjati - detikNews
Jakarta - Perjanjian dengan PDIP di Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat pada 2009 lalu terungkit kembali saat Gerindra menanggapi pernyataan pedas Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning. Beredar rumor, perjanjian itu memuat kontrak politik kedua partai hingga Pilpres 2014.

Pada Pilpres 2009, perundingan di Batu Tulis menetapkan Megawati dan Prabowo Subianto menjadi pasangan Capres dan Cawapres. Namun benarkah di perjanjian itu juga telah ditetapkan jika PDIP dan Gerindra akan mendukung Prabowo sebagai Capres 2014?

"Saya tidak mau berkata menjawab itu, saya menjawab dengan anggukan kepala saja," kata anggota Dewan Pembina Martin Hutabarat sambil tersenyum dan mengangguk di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (15/11/2013).

Martin lebih memilih hati-hati dalam membicarakan kontrak politik itu. Ini lantaran Gerindra ingin hubungan koalisi dengan PDIP tetap harmonis.

Hingga saat ini suara dukungan pencapresan terhadap Joko Widodo kencang terdengar. Jika benar ada kontrak politik mendukung pencapresan Gerindra, lalu bagaimana jika PDIP mencapreskan Jokowi?

"Jokowi ini sahabat saya. Bagi Gerindra sudah diputuskan, Prabowo menjadi capres yang akan datang," kata Martin.

Namun Martin yang juga ikut berunding di Batu Tulis pada 15 Mei 2009 itu percaya, bakal ada titik temu dan jalan terang untuk menjawab soal pencapresan di 2014 nanti.

"Tidak ada yang tidak bisa dibicarakan kalau keduanya berjalan bersama. Bahkan kita menentukan capres-cawapres tahun 2009 pada menit-menit terakhir, jam 22.00 WIB malam di Istana Batu Tulis. Tidak akan ada yang tidak bisa selama semua berjalan seiring," tutur Martin.

Martin menjelaskan penentuan capres dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain faktor popularitas, elektabilitas, dan kapabilitas. "Dan faktor finansial," imbuh Martin.

[url]http://news.detik..com/read/2013/11/15/122930/2414049/10/perjanjian-batu-tulis-gerindra-pdip-juga-berlaku-untuk-2014?n991102605[/url]

Ngurus jakarta aja deh Jokowi
Diubah oleh lompat.kodok 15-11-2013 05:56
0
2.2K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.