Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hammad18Avatar border
TS
hammad18
Alasan buka puasa dengan makanan manis
kabar24..com, JAKARTA— Ini alasan mengapa berbuka puasa dengan makanan yang manis.

Menurut ahli gizi klinis Inge Permadhi, Koordinator Pelayanan Masyarakat Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, hampir 14 jam lamanya tubuh tidak mendapat asupan cairan dan sari makanan selama berpuasa. Ini menyebabkan kadar gula dalam darah menurun. Ketika kadar gula darah menurun, maka tubuh pun kekurangan sumber energi yang menyebabkan kondisi lemas pada beberapa jam menjelang berbuka puasa.

Sumber energi pada tubuh manusia diperoleh dari karbohidrat yang mengandung gula, lalu tubuh memproduksi insulin yang mengubah gula tersebut menjadi energi. Oleh sebab itu, berbuka dengan makanan atau minuman yang manis sangat dianjurkan untuk mengembalikan kadar insulin pada kondisi normal.

"Namun harus diingat bahwa tetap ada batasan untuk konsumsi makanan dan minuman yang manis, yaitu lima persen dari total jumlah asupan kalori,” kata Inge

Selain itu, sangat tidak dianjurkan untuk berbuka puasa secara 'kalap' atau langsung minum atau makan dalam jumlah yang banyak, karena dapat membuat jantung dan hati bekerja lebih berat. Baiknya adalah minum atau makan kudapan manis secukupnya, baru kemudian satu atau dua jam setelahnya mengonsumsi makanan berat.

Walaupun makan dan manis dianjurkan dikonsumsi selama menjalankan ibadah puasa, namun tidak berlaku saat sahur. Alasannya adalah ketika mengonsumsi minum dan makanan yang manis, maka kadar gula dalam darah segera naik dan insulin pun terkeluarkan dalam jumlah banyak yang akibatnya justru membuat cepat lelah. (Kabar24)


Maaf ya gan kalo berantakan. Maklum lagi newbie emoticon-Shakehand2
0
858
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.