Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

SetoJrAvatar border
TS
SetoJr
masih ingat dengan kata kata ini
Spoiler for ini:


Spoiler for atau ini:


Spoiler for apa yg ini:


Fenomena tersebut belum lama kita jumpai bukan
Penak Jamanku To...? dari Truk, Kaus hingga Pendukung Manchaster United

Jakarta - Piye kabare Bro...? Isih penak jamanku to...?. Kalimat itu kini banyak tertulis di bagian belakang truk, lengkap dengan gambar mendiang Presiden Soeharto sambil mengangkat tangan. Penguasa Orde Baru itu seolah ingin kembali menyapa rakyat Indonesia. Fenomena itu muncul sejak setahun terakhir.

Pada musim mudik lebaran lalu misalnya, di jalur pantai utara Jawa tak sulit menemukan truk bergambar Soeharto dengan tulisan 'Penak Jamanku To?. Selain truk, ada juga mobil Isuzu Elf maupun mobil bak terbuka.

Tak hanya di truk, kini kalimat, 'Isih penak jamanku to...? muncul dalam berbagai bentuk media. Seperti repro foto, stiker, poster, T-Shirt, hingga gantungan kunci. Banyak pedagang kaki lima di Blok M Square yang menjajakan kaus, dan stiker 'Isih penak jamanku to?.

Selain di Jakarta, aneka rupa stiker dan kaus 'Isih penak jamanku to...?' juga mulai marak di jalan Padjajaran Bogor, Jawa Barat. Budayawan Sujiwo Tejo menduga pencetus ide awal kalimat Soeharto itu tak menduga gagasannya bakal menjadi tren di masyarakat.
Ada desain, yang kebanyakan justru terjadi di luar desain. Itu ada yang mendesain tapi hasilnya di luar dugaan yang membuat,” kata Sujiwo kepada detikcom Senin (11/11) kemarin.

Meski terkesan nyeleneh dan hanya sebagai bahan guyonan, sambutan masyarakat atas atribut yang menyanjung Soeharto itu kian marak. Fenomena ini menurut Sujiwo mirip dengan saat baju kotak-kotak Jokowi, -kini Gubernur DKI Jakarta-, populer di masyarakat Jakarta


Spoiler for Beliau lah yg punya tagline nya:




sekian dari ane semoga bermanfaat
kalo kurang berkenan mohon jangan emoticon-Blue Guy Bata (L)kalo bisa mah lemparin ane emoticon-Blue Guy Cendol (L) punya ane masih abu abu gan emoticon-Malu

SUMBER
Diubah oleh SetoJr 12-11-2013 06:49
0
2.7K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.